Apakah sobat maxcloud sedang mencari web hosting gratis selamanya untuk untuk website? Hosting gratis bisa menjadi solusi terbaik, ketika sobat maxcloud sedang mempunyai anggaran terbatas untuk biaya berlangganan hosting di dalam membangun website. 

Namun sebelum sobat maxcloud memilih web  hosting gratis selamanya, sobat maxcloud harus tahu kelebihan dan kekurangan serta perbandingannya dengan hosting berbayar. Yuk, simak dibawah ini mengenai rekomendasi web hosting gratis selamanya hosting gratisnya! 

Rekomendasi Web Hosting Gratis Selamanya 

Blogspot adalah salah satu rekomendasi web hosting gratis selamanya yang bisa sobat maxcloud. pertimbangkan. Blogspot merupakan platform blogging gratis yang disediakan oleh Google. 

Blogspot menawarkan beberapa kemudahan di dalam membuat dan mengelola blog sobat maxcloud sendiri, tanpa harus membayar biaya langganan bulanan atau tahunan seperti hosting dengan  berbayar. Sebagai salah satu bagian Google, Blogspot mempunyai beberapa kelebihan dari segi infrastruktur yang handal dan canggih.

Dengan begitu, hosting yang sobat maxcloud gunakan mempunyai loading lebih bagus dan uptime karena server tinggi. Selain itu, Blogspot juga mempunyai kebijakan keamanan yang ketat dan secara rutin melakukan update guna memberikan melindungi pengguna dari ancaman keamanan.Jika melanggar, website yang sobat maxcloud gunakan akan dihapus secara permanen oleh Google. 

Kelebihan Menggunakan Web Hosting Gratis Selamanya

Web hosting gratis selamanya mempunyai beberapa kelebihan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut kelebihan web hosting gratis selamanya hosting gratis yang perlu sobat maxcloud ketahui : 

1. Gratis dan Mudah Digunakan 

Blogspot menawarkan hosting gratis selamanya tanpa biaya langganan bulanan. Sobat maxcloud bisa membuat blog dengan mudah dan mengelola website tanpa harus memiliki pengetahuan teknis tentang hosting. 

2. Infrastruktur Handal 

Blogspot sudah menggunakan infrastruktur dari Google yang menjadi salah satu perusahaan teknolog paling besar di dunia. 

3. Keamanan 

Blogspot menyediakan keamanan yang baik, seperti perlindungan terhadap serangan dari DDoS, malware dan kebijakan keamanan yang ketat. 

4. Integrasi Layanan Google 

Blogspot sudah terintegrasi dengan berbagai layanan Google, seperti Google AdSense, Google Analytics, Google Search Console, Gmail, Youtube dan lain-lain. 

5. Tema dan Kustomisasi 

Blogspot menawarkan tema yang dapat sobat maxcloud pilih untuk mengatur tampilan blog tanpa harus bisa pemrograman. Selain itu, sobat maxcloud juga bisa melakukan kustomisasi tambahan dengan cara menggunakan HTML dan CSS di dalam mendesain tampilan blog secara custom. 

6. Dukungan Komunitas 

Blogspot mempunyai komunitas pengguna yang besar dan forum diskusi yang aktif. Sobat maxcloud  bisa memanfaatkan komunitas untuk mendapatkan bantuan, sarana dan sharing pengetahuan dengan pengguna Blogspot lainnya.

Kekurangan Menggunakan Web Hosting Gratis Selamanya 

Meski Blogspot menjadi salah satu platform milik Google, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Sebagai berikut beberapa kekurangan web hosting gratis selamanya Blogspot: 

1. Domain tidak profesional 

Pada saat sobat maxcloud menggunakan web hosting gratis selamanya dari Blogspot, maka untuk alamat websitenya akan mempuyai  format domain seperti “namablog.blogspot.com“. 

Selain itu, website akan terlihat kurang profesional dan sulit diingat oleh pengunjung website. Apabila ingin ingin menggunakan domain kustom, sobat maxcloud harus membeli domain secara terpisah dan menghubungkan secara manual dengan Blogspot. 

2. Desain terbatas 

Meski Blogspot menyediakan beberapa template, tapi pilihan desainnya masih terbatas. Sobat maxcloud tidak bisa mendesain maupun menambahkan beberapa elemen desain yang rumit di dalam Blogspot. Sehingga blog akan terlihat mirip dengan beberapa blog lain yang menggunakan template sama. 

3. Ketergantungan pada Platform Pihak Ketiga 

Blogspot adalah platform web hosting pihak ketiga yang dimiliki oleh Google. Apabila ada pelanggaran terhadap kebijakan, Google bisa saja langsung menangguhkan dan menutup blog sobat maxcloud tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Sobat maxcloud tidak mempunyai kendali penuh atas hosting dari web hosting gratis selamanya tersebut. 

4. Fungsionalitas terbatas

Blogspot mungkin tidak akan menawarkan semua fitur yang sobat maxcloud butuhkan untuk keperluan mengelola blog. Contohnya, seperti ada keterbatasan di plugin, fitur e-commerce, integrasi media sosial, dan fungsionalitas lainnya. 

Tips Menggunakan Web Hosting Gratis Selamanya 

Mungkin bagi pemula masih bingung di saat akan menggunakan web hosting gratis selamanya. Akan tetapi perihal tersebut sekarang bukan lagi sesuatu masalah yang menyulitkan. Ada beberapa tips yang bisa sobat maxcloud gunakan sebagai berikut : 

1. Menggunakan Custom Domain 

Custom domain akan membuat blog sobat maxcloud terlihat lebih profesional. Sobat maxcloud bisa membeli nama domain kustom dari penyedia domain yang tersedia saat ini. 

2. Menggunakan Template yang Menarik. 

Template yang menarik akan membuat blog sobat maxcloud lebih menarik untuk dibaca dan profesional. Sobat maxcloud bisa memilih menggunakan template pihak ketiga dari versi berbayar yang mempunyai dukungan developer selalu update. 

3. Mempromosikan Blog 

Mempromosikan blog sobat maxcloud melalui media sosial, forum, atau email. Tips kali ini jangan sampai sobat maxcloud tinggalkan, karena bisa berakibat fatal. 

4. Optimasi SEO 

Optimasi SEO bisa membantu blog sobat maxcloud lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Sobat maxcloud

bisa memulainya dari belajar optimasi SEO untuk kebutuhan website dan pastikan tidak menggunakan cara yang dilarang. 

5. Manfaatkan fitur yang tersedia

Blogspot mempunyai beberapa fitur dasar dan salah satunya adalah statistik. Diharapkan sobat maxcloud bisa memanfaatkan fitur yang satu ini untuk membaca data demografi dari para pelanggan. 

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai pengertian, kelebihan, kekurangan dan tips menggunakan web hosting gratis selamanya Blogspot. Semoga informasi diatas bisa membantu sobat maxcloud, ya.