Di dalam era digital seperti sekarang, komputer menjadi salah satu perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Saat memilih komputer, salah satu pertimbangan penting yang harus sobat maxcloud pikirkan adalah jenis prosesor yang digunakan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pertanyaan bagus Intel Celeron atau Core i3. Bagi yang penasaran dengan jawaban tersebut, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Intel Celeron vs Intel Core i3

Meski Intel Core i3 dan Intel Celeron merupakan kelas low end, tapi kedua processor ini mempunyai keunggulan tersendiri. Berikut adalah keunggulan Intel Celeron dan Intel Core i3 yang harus sobat maxcloud ketahui :

1. Keunggulan Intel Celeron

Intel Celeron hadir dengan harga jual yang lebih terjangkau dibandingkan Intel Core i3. Processor Intel Celeron sangat cocok dibeli untuk orang yang mempunyai budget minim.

Baik desktop atau laptop pada intel processor ini sama-sama mempunyai varian Celeron yang dengan harga lebih terjangkau. Pada laptop, sobat maxcloud bisa mendapatkan performa celeron yang lebih hemat daya karena menggunakan tdp rendah.

Panas yang dihasilkan processor Intel Celeron juga cenderung lebih rendah. Ukuran Heatsink atau cooler untuk processor Intel Celeron juga tidak perlu yang besar, karena tidak terlalu panas.

Keunggulan juga terlihat pada efisiensi daya terutama baterai laptop yang bisa bertahan lebih lama. Begitu juga dengan PC desktop, dimana jika ingin merakit PC dengan budget minim maka Intel Celeron bisa menjadi pilihan menarik.

Sebagai contoh untuk LGA 1700 yang merupakan socket untuk CPU Intel Alder lake generasi 12 hingga saat ini masih terbilang sangat mahal. Apabila ingin merakit PC, maka sobat maxcloud bisa membeli motherboard lga 1700 dan menggunakan Intel Celeron terlebih dahulu jika budget terbatas.

Barulah jika ada budget lagi, maka bisa melakukan upgrade hanya di bagian CPU saja. Contoh Intel Celeron sudah kompatibel dengan socket lga 1700 alder lake.

Intel Celeron mempunyai 2 cores dan 2 threads yang pastinya sanggup menjalankan beberapa aplikasi ringan kebutuhan sehari-hari. Contoh chrome, firefox, MS office dan pekerjaan rutin harian lainnya yang sanggup berjalan baik dengan Intel Celeron.

2. Keunggulan Intel Core i3

Intel Core i3 hadir menawarkan kinerja processor yang lebih cepat dibandingkan Intel Celeron. Meski masih sama-sama di kelas low end, tapi Intel Core i3 lebih mampu menjalankan secara multitasking dan software berat.

Processor Intel Core i3 seperti gen 12 dan gen 13 ini sangat cocok untuk dijadikan PC gaming dengan budget minim. Contoh Intel core i3 yang sudah mempunyai kemampuan kinerja lebih kencang dari core i7 sandy bridge generasi 2.

Prosesor i3 12100f mempunyai 4 core 8 thread yang mampu berjalan pada clock speed 4,1 Ghz dalam mode turbo. Hal ini tentu berbeda dengan Intel Celeron yang hanya mempunyai 2 core 2 thread.

Jadi soal kebutuhan multitasking sudah pasti Intel Core i3 series jauh lebih unggul dari Intel Celeron. Meski demikian perlu diperhatikan juga, bahwa tdp Int Core i3 terutama yang generasi baru membutuhkan daya yang lebih tinggi.

Bagusan Intel Celeron atau Core i3 ?

Untuk memenuhi kebutuhan gaming memang membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi. Terutama untuk bermain game modern dengan visual grafis yang realistik pasti akan sangat menguras sumber daya hardware PC secara keseluruhan.

Ada beberapa game seperti hogwart legacy atau cyberpunk 2077 yang membutuhkan kinerja dari CPU dan GPU dengan kinerja bagus. Processor atau CPU mempunyai peran penting yang bisa mempengaruhi hasil FPS pada sebuah game sedang dimainkan.

Apabila CPU mempunyai performa yang lambat meski sudah menggunakan GPU yang kencang, maka bisa mempengaruhi hasil FPS pada sebuah game. Jumlah thread yang lebih banyak ini pada umumnya diperlukan untuk menjalankan beberapa game berat.

Processor Intel Celeron pada umumnya hanya mempunyai 2 core 2 thread. Sedangkan, untuk Intel  Core i3 mempunyai jumlah core lebih banyak dibandingkan Intel Celeron.

Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk memilih Intel Core i3 series terutama gen baru ketika ingin digunakan untuk bermain game. Sedangkan Int Celeron lebih cocok untuk penggunaan aplikasi ringan seperti MS office, web browser chrome atau mozilla firefox dan software lainnya.

Ada banyak pilihan game saat ini yang setiap game membutuhkan syarat spesifikasi hardware berbeda-beda. Jika game seperti plant vs zombies atau game ringan lainnya, maka Intel Celeron saja masih sanggup untuk menjalankan aplikasi tersebut dengan lancar.

Intel Core i3 Series

Penamaan pada processor Intel Core i3 series ini memang sering kali membuat bingung terutama untuk pengguna awam. Pada umumnya prosesor Intel saat ini menggunakan penamaan core i3, i5, i7 dan i9.

Intel core i9 dan core i7 hadir sebagai processor flagship yang mempunyai performa terbaik pada masanya. Sedangkan, untuk processor Intel Core i5 lebih ditujukan untuk segmen pasar kelas menengah.

Lalu, ada juga Intel Core i3 yang lebih fokus untuk kelas low end. Meski demikian  belum tentu intel Core i7 mempunyai performa yang lebih cepat dari Intel Core i3.

Masih ada juga yang namanya generasi dari masing-masing CPU. Jadi sangat mungkin terjadi Intel Core i3 dengan generasi yang lebih baru mempunyai kinerja yang lebih cepat dari Intel Core i7 atau Intel Core i9 yang masih generasi lama.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai jawaban dari pertanyaan bagusan Intel Celeron atau Core i3. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, ya.