Masa depan tidak ada yang tahu, begitu pula dalam dunia IT. Tidak satupun yang bisa menjamin data yang tersimpan didalamnya bisa aman dari serangan cyber, bencana, hingga kehilangan baik itu disengaja maupun tidak. Untuk itu, Anda memerlukan yang namanya cloud backup sebagai solusi mengamabnmakn data bisnis agar terhindar dari segala macam ancaman.

Siapa yang ingin kehilangan data pentingnya? apalagi butuh waktu yang lama untuk mebangun kembali segala informasi serta data enting perushaan. Oleh sebab itu, layanan cloud backup hadir untuk menjadi solusi terbaik ari segala bentuk kekhawtairankehilangn data. 

Berikut ini beberapa informasi penting terkait cloud backup yang wajib Anda ketahui sebagai pemilik bisnis.

Pengertian Cloud Backup

Cloud backup merupakan layanan yang bertugas melindungi berbagai data, aplikasi, sehingga sistem komputer ataupun website Anda. hampir semua perusahaan maupun instansi menggunakan layanan cloud backup sebagai solusi pengamanan data mereka. Sebab, resiko kehilangan, peretasan, hingga bencana alam bisa terjadi kapan saja dan dimanapun.

Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi perangkat keras maupun perangkat lunak untuk menyimpan data. selama ada koneksi internet, Anda bisa melihat, mengedit data atau dokumen secara lebih mudah dan real-time.

Adapun cara kerja layanan ini sudah terorganisir satu sama lain, dimana aplikasi pencadangan akan melakukan duplikasi data dan dokumen untuk memudahkan pemulihan jika terjadi kehilangan data.

Cara kerjanya sedikit bisa dengan berbagai cara, diantaranya:

  • pencadangan langsung ke public cloud

Cara kerja yang pertama yakni dengan cara menyimpan workloads semua data perusahaan yang bersumber langsung di public cloud. Biasanya ditangani oleh IT professional yang paham seluk beluk pencadangan data secara digital ini.

  • pencadangan ke service provider

Selanjutnya melalui skenario layanan backup pada pusat data yang terkelola. Artinya, data yang tersimpan tersebut dicadang akb ke layanan yang memang mendukung pencadangan dan tersedia secara komersial. 

  • pencadangan data ke layanan online backup

meliputi pencadangan dengan batuan software backup yang bisa mengamankan data serta memudahkan pemulihan dan menghemat biaya transmisi lainnya. 

Jenis-jenis Cloud backup

Ada berbagai metode cloud backup yang dikategorikan berdasarkan jenis serta fungsinya. Apa saja? berikut ini informasi lebih lengkapnya:

1. Fully backup

Jenis yang pertama adalah fully backup, yang bertugas menyalin secara keseluruhan data saat pencadangan dimulai. Layanan ini tentu saja memberikan perlindungan dan keamanan yang lebih tinggi. Dengan kapasitas penyimpanan data yang tentu saja lebih besar.

2. Incremental Backup

Selanjutnya adalah incremental backup, yang bertuga mencadangkan ketika data selesia diperbaharui pad pencadangan terakhir. Dibandingkan full backup, incremental ini lebih hemat kapasitas dan waktu yang diperlukan untuk pencadangan pun relatif singkat.

3. Differential Backup

Merupakan jenis cloud backup yang di dalamnya hanya memuat data atau dokumen yang sudah diubah sebelumnya. Layanan ini hadir untuk memudahan kan pemulihan dan melakukan pencadangan tambahan demi keamanan data yang lebih baik.

Apa Kelebihan Cloud Backup?

Karena sudah banyak perusahaan serta instansi yang beralih ke cloud backup, berikut ini beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan layanan satu ini. Diantaranya:

  • Lebih cepat dan aman, karena pemulihan data menggunakan cloud backup tidak memakan waktu yang lama namun keimanannya tetap terjaga. Apalagi Sudah dilengkapi teknologi high availability serta diamintance oleh tenaga ahli
  • harga lebih terjangkau, sebab Anda tidak perlu lagi memperagakan storage atau penyimpanan konvensional lainnya. Selain makan tempat, maintance nya pun ,memerlukan anggaran yang tidak sedikit.

Fitur-Fitur Pada Cloud Backup

Beberapa fitur yang ada di layanan cloud backup biasanya meliputi:

  • replikasi lebih rela-time
  • lebih mudah melakukan instalasi
  • terdapat end-to-end encryption
  • memiliki layanan support 24/7
  • pemantauan pencadangan setiap hari
  • License tool berbayar setiap bulan

Manfaat Cloud Backup untuk Bisnis

Setelah memahami fitur dan kegunaan cloud backup, beberapa manfaat layanan untuk bisnis ini bisa Anda simul berikut ini:

1. Melakukan pemulihan data lebih cepat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, data hilang tidak ada yang tahu, Pencadangan awan ini setidaknya membantu Anda Melakukan pemulihan lebih cepat sehingga meminimalisir kehilangan data bisnis secara permanen yang bisa merugikan Anda.

 2. Lebih terjangkau untuk para UKM

Kenapa layanan cloud backup ini sangat ramah untuk para pebisnis kecil? karena nad bisa melakukan pengelolaan secara mandiri, apalagi skala perusahaan yang masih kecil. Anda bisa menyimpan segala jenis file di lokasi berbeda dan tidak terjangkau pihak lain sehingga menghindarkan data dari serangan malware atau lainnya.

Semua konfigurasi layanan cloud backup bisa dilakukan sendiri dengan antarmuka antara penggunanya dengan browser web, seperti mislanya gog drive, dropbox dan lain sebagainya.

 3. Maintenance yang lebih mudah

Dibandingkan penyimpan manual dengan storage fisik, cloud backup tentu saja lebih flexibel dan bisa dipantai di mana saja dan kapan saja asal terhubung dengan internet. Anda pun tak memerlukan tambahan perangkat keras lainnya untuk mendukung pencadangan data perusahaan. 

Apakah skala layanan cloud backup bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mau itu UMKM sehingga perusahaan berskala internasional pun banyak yang menggunakan dan sudah pasti disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Nah, demikianlah beberapa informasi penting terkait Layanan cloud backup serta manfaatnya untuk bisnis Anda. Saatnya beralih ke pencadangan online dengan anggaran yang lebih hemat.