Teknologi Intel Optane merupakan akselerator penggunaan data yang tersimpan di dalam hardisk. Jika Sobat maxcloud menggunakan storage type HDD, maka menambah Intel Optane bisa membuat perangkat komputer secepat SSD yang harganya tinggi itu.

Selain itu, Intel Optane juga mempunyai kemampuan membaca file hingga 1350 mb/s, sementara Harddisk dan hanya sanggup sampai kecepatan 250 mb/s. Itulah kenapa teknologi Intel Optane sangat membantu saat Sobat maxcloud bekerja dengan beberapa file berukuran besar .

Teknologi Intel Optane 

Optane akan menggabungkan teknologi 3D Xpoint yang lebih canggih, sehingga menawarkan kapasitas dan keluaran data lebih besar dibandingkan dengan arsitektur flash NAND tradisional. Selain itu, Optane juga menawarkan solusi percepatan yang lebih lebih fleksibel untuk mendukung para pengguna untuk meningkatkan kapasitas harddisk sambil mempertahankan kecepatan keseluruhan. Misalnya membuat file format tiff ukuran 1,3 GB, Sobat maxcloud hanya membutuhkan waktu 4 detik jika menggunakan Intel Optane, sementara tanpanya butuh waktu sampai dengan 33 detik. 

Kecepatan Baca Tulis Teknologi Intel Optane 

  • Kecepatan membaca: Kinerja Optane+HDD jauh sampai melampaui SSD
  • Kecepatan Menulis: Intel Optane akan membantu sedikit lebih di dalam meningkatkan kinerja kecepatan membaca dan sedikit masuk akal dalam aspek ini

Harga SSD jauh lebih mahal dibandingkan dengan Optane+HDD, Sobat maxcloud perlu menyiapkan beberapa kali anggaran Optane+HDD untuk membeli SSD. Intel Optane juga  memungkinkan untuk meningkatkan kinerja hard drive dengan harga terendah.

Sebagai sebuah perbandingan, jelas ini merupakan pilihan yang baik untuk memilih Intel Optane ketika pengguna harus menghemat anggaran. Namun memori optane saat ini hanya bisa digunakan untuk mempercepat satu disk seperti disk sistem. Maka dari itu, banyak pengguna yang masih berpikir untuk menggunakan SSD di dalam mempercepat sistemnya.

Haruskan Menggunakan Teknologi Intel Optane?

Di dalam hal ini, Sobat maxcloud harus lihat dulu siapa saja yang sebenarnya membutuhkan Intel Optane? Dan apakah Sobat maxcloud termasuk?

1. Pengguna Bisnis 

Memori optane hanya untuk menolong para  pengguna bisnis. Penyimpanan massal sangat penting bagi para pengguna bisnis, tapi biaya SSD-nya terlalu tinggi. 

Menggunakan memori Optane bisa mempercepat hard drive mekanis asli untuk efek SSD. Namun harus mempertimbangkan beberapa efek akhir seperti biaya dan keandalan.  Optane memory merupakan pilihan terbaik.

2. Desainer dan Gamer 

Kedua kelompok orang ini mempunyai kecenderungan yang lebih tinggi untuk kapasitas dan kecepatan hard drive, terutama di dalam hal kapasitas. Tapi juga membutuhkan terlalu banyak uang untuk membeli SSD berkapasitas besar dibandingkan dengan harus membeli HDD dan memori Optane. Karena kombinasi Optane + HDD bisa sangat meningkatkan kelancaran sistem dan kecepatan pemuatan perangkat lunak, maka mereka merupakan pendukung dari penggunaan memori Optane. 

3. Pengguna Rumahan 

Meski pengguna rumahan tidak begitu sensitif terhadap kapasitas, harga jual adalah pertimbangan yang sangat penting di dalam pembelian produk rumah tangga. Saat ini, harga SSD tinggi dan meningkatkan kinerja disk dengan menginstal SSD terlalu mahal. Sebaliknya, mereka bisa menghabiskan sedikit untuk mendapatkan memori Optane untuk meningkatkan kinerja disk yang lebih cocok.

Syarat Menggunakan Teknologi Intel Optane 

Apabila salah satu dari ketiga poin ini tidak bisa  dipenuhi, maka tidak mungkin bisa menggunakan teknologi Intel Optane. Berikut adalah beberapa syarat yang harus Sobat maxcloud perhatikan : 

  • Motherboard harus berupa Intel 200 Series atau 300 Series, seperti B250, Z270, Z370 dan lain-lain.
  • Motherboard harus mempunyai slot M.2. Harap dicatat bahwa meski Optane merupakan sejenis memori, tapi itu tidak bisa digunakan untuk mengganti RAM yang sudah ada. Artinya, pengguna harus menambahkan memori Optane tambahan ini dengan hard drive asli dan memori komputer tetap utuh.
  • Prosesor harus sudah generasi ke-7 atau ke-8 dari Core i3, i5, i7. Tidak kompatibel untuk processor intel¬† Pentium, Celeron dan platform prosesor lainnya.¬†

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Intel Optane 

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari teknologi Intel Optane yang harus Sobat maxcloud ketahui : 

1. Kelebihan 

  • Harganya lebih murah dibandingkan dengan SSD.
  • Kecepatan membaca data bisa bersaing dengan SSD.
  • Lebih praktis, karena bersifat Plug and Play.
  • Tidak perlu mengganti harddisk yang sudah tersedia sebelumnya.
  • Tidak menghilangkan data di dalam hard disk, sehingga tidak harus melakukan backup

Dari sekian banyak kelebihan, bukan berarti teknologi Intel Optane ini sempurna. Benda kecil ini masih mempunyai beberapa kekurangan yang harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli. 

2. Kekurangan 

  • Tidak seperti SSD, Intel Optane hanya mempercepat proses membaca (read) data saja. Sedangkan untuk proses menulis (write) data, kecepatannya masih sama seperti HDD yang digunakan.
  • Intel Optane menggunakan slot M.2. Sehingga, di komponen motherboard hanya mempunyai satu slot M.2 dan Sobat maxcloud tidak bisa menggabungkannya dengan SSD M.2.
  • Hanya bisa digunakan pada sistem dengan prosesor Intel Core generasi 7 ke atas.

Intel optane bukan menjadi media storage, melainkan device ini merupakan jenis memory akselerator penggunaan data yang tersimpan di dalam hardisk. Jadi Intel optane merupakan memory akselerator sebagai solusi untuk mempercepat sistem komputer yang masih menggunakan komponen hardisk.

Intel Optane tidak bisa dipasangkan dengan SSD atau SSHD, melainkan hanya dengan hardisk. Harap diperhatikan Teknologi Intel Optane mempunyai persyaratan khusus untuk hardware, sistem operasi dan drivernya.

Sekian penjelasan lengkap dan jelas mengenai teknologi Intel Optane. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat, ya.