Intel adalah salah satu brand processor yang paling laris dan banyak digunakan pada komputer maupun laptop saat ini. Apabila biasanya menemukan series Intel Core, Sobat maxcloud mungkin harus mengetahui mengenai series lain yaitu Intel Xeon. Terkenal mempunyai daya tahan lama dan cocok untuk perusahaan, yuk ketahui lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Intel Xeon untuk server. 

Intel Xeon untuk server merupakan salah satu processor Intel yang dirilis pada pertengahan tahun 2001. Series ini juga menjadi transformasi dari processor pendahulunya, yaitu Pentium. Dibandingkan dengan series Core, Intel Xeon memang kurang populer dan jarang diminati untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Bagi Sobat maxcloud yang membutuhkan kinerja server untuk perusahaan, mungkin harus mengetahui lebih lanjut mengenai Intel Xeon untuk server yang bisa membantu Sobat maxcloud di dalam menentukan processor yang tepat untuk kerja profesional. Simak ulasannya sampai dengan selesai, ya.

Apa Itu Intel Xeon untuk Server?

Intel Xeon untuk server adalah prosesor besutan Intel yang ditujukan untuk pasar workstation dengan server kelas menengah atas. Alasan Intel Xeon ditujukan untuk server kelas menengah atas adalah prosesor Intel jenis ini mempunyai server lainnya yang bernama Intel Itanium.

Prosesor jenis ini sebenarnya dibangun di atas wafer yang sama dengan prosesor dalam desktop yang setara dengannya. Beberapa desain prosesor Xeon juga bisa digunakan dalam prosesor desktop, contohnya adalah prosesor Intel Pentium Extreme Edition.

Pertama kali jenis Intel ini diproduksi pada tahun 1998 dan sampai saat ini dengan kecepatan prosesor 400 MHz – 3,8 GHz dan kecepatan FSB sebesar 100 MHz – 6,4 GT/s. Jenis Intel Xeon untuk server terdiri dari Intel Xeon DP dan Intel Xeon MP.

Intel Xeon DP adalah prosesor yang bisa dikonfigurasikan supaya bisa berjalan pada modus dua prosesor. Sedangkan untuk Intel Xeon MP merupakan prosesor yang bisa dikonfigurasikan supaya bisa berjalan pada modus banyak prosesor (empat prosesor atau lebih).

Kelebihan Intel Xeon untuk Server

Sebagai berikut adalah deretan kelebihan Intel Xeon untuk server yang harus diketahui:

1. Menjalankan Aplikasi Berat di Waktu Lama

Sebuah perusahaan biasanya membutuhkan kinerja komputer selama 24 jam nonstop atau server yang kuat untuk mendukung kinerja. Nah, processor Intel Xeon menjadi salah satu andalan untuk komputer perusahaan. Yuk simak beberapa kelebihan processor Intel Xeon untuk server lainnya yang mungkin cocok untuk memenuhi kebutuhan Sobat maxcloud.

2. Otomatis Memperbaiki Kerusakan Sistem

Tidak hanya L3 Cache, Intel seri Xeon untuk server juga sudah didukung dengan adanya Error Checking and Correction (ECC) RAM. Komponen ini memungkinkan processor Intel Xeon untuk menstabilkan sistem komputer dan memperbaiki kerusakan.

Bahkan, ECC RAM mampu mendeteksi kerusakan dan memperbaiki sebelum benar-benar terjadi. Hal ini tentunya sangat membantu Sobat maxcloud di dalam meminimalisir terjadinya crash dan data corrupt.

3. Mendukung Quad Channel

Kenapa Intel Xeon untuk server  bisa bekerja lebih cepat? Salah satunya karena Intel Xeon didukung oleh quad channels yang membuat performanya jauh lebih cepat dibandingkan dengan series lainnya. Quad channels sendiri akan mengoptimalkan kinerja processor untuk bisa menciptakan performa komputer yang stabil dan cepat.

4. Daya Tahan yang Lama

Performa stabil dan cepat, tapi mudah rusak dan gonta-ganti? Tentang, processor Intel Xeon untuk server dikenal sebagai salah satu processor yang mempunyai daya tahan lama. Cocok digunakan untuk komputer server, Intel Xeon bisa bertahan selama bertahun-tahun meski harus menjalankan beberapa aplikasi berat dengan waktu yang lama

5. Hyper Hyper Threading dengan Harga yang Lebih Terjangkau

Segala keunggulan yang dimiliki oleh Xeon harus ditebus dengan harga yang relatif tinggi dibandingkan dengan Core i7 atau i5. Namun, hal ini tidak berlaku untuk fitur Hyper Threading-nya.

Semua seri Intel Xeon sudah dilengkapi dengan fitur Hyper Threading, sedangkan untuk processor i5 tidak. Apabila Sobat maxcloud menggunakan aplikasi yang membutuhkan spesifikasi seperti itu, maka Xeon bisa menjadi lebih ekonomis.

Kekurangan Intel Xeon untuk Server

Tidak hanya mempunyai kelebihan, Intel Xeon untuk server juga masih ada kekurangannya. Berikut adalah daftar kekurangan Intel Xeon :

1.  Harga Mahal

Target pasar dari processor Intel Xeon merupakan kalangan midrange dan high end yang membutuhkan kebutuhan performa komputer tinggi. Hal ini yang membuat harga Intel Xeon untuk server lebih mahal dibandingkan dengan series processor Intel lainnya. Meskipun, harga yang dibayar memang sebanding dengan performa yang ditawarkan.

2. Pembelian GPU Secara Terpisah

Salah satu kekurangan yang cukup mengganggu adalah processor Intel Xeon untuk server tidak terintegrasi langsung dengan GPU. Apabila ingin menggunakan Intel Xeon, maka Sobat maxcloud harus mengeluarkan budget lebih lagi untuk membeli GPU. Bisa dikatakan bahwa penggunaan Intel Xeon ini tidak sepraktis series Intel lainnya, dimana biasanya sudah menyatu dengan GPU.

3. Unlock Multiplier

Intel Xeon adalah prosesor yang seluruh komponennya bersifat secara unlock multiplier. Apabila Sobat maxcloud ingin melakukan overclock untuk memaksimalkan kinerja komputer, maka Intel Xeon untuk server membutuhkan BECIK. Sehingga lagi-lagi, penggunaan Intel Xeon membutuhkan beberapa tambahan komponen atau konfigurasi yang cukup rumit.

Itulah dia informasi mengenai kelebihan dan kekurangan processor Intel Xeon untuk server yang harus Sobat maxcloud ketahui. Jika Sobat maxcloud membutuhkan processor untuk keperluan server atau komputer perusahaan yang bekerja 24 jam nonstop, maka Intel Xeon akan sangat cocok untuk digunakan.

Namun apabila hanya membutuhkan untuk aktivitas ringan sehari-hari, maka Intel Core sudah lebih dari cukup. Sebelum memutuskan untuk menggunakan processor Intel Xeon maupun Intel Core, pastikan Sobat maxcloud sudah mengetahui kebutuhan dan budget terlebih dahulu.