Website bisa menjadi salah satu sarana serbaguna untuk berbagai keperluan sobat maxcloud, mulai dari personal branding, proyek kreatif atau bisnis. Namun, paham dengan langkah membuat website saja belum cukup. 

Sobat maxcloud juga harus mengerti mengenai cara upload file ke web hosting supaya bisa dapat mengelola dengan lebih optimal. Di dalam kesempatan kali ini akan memandu sobat maxcloud mengenai cara upload file ke web hosting hanya dalam 5 langkah sederhana. 

Sobat maxcloud juga aku belajar  untuk memilih layanan hosting yang terpercaya, mempersiapkan file untuk diunggah, mengupload file website ke server hosting dan memastikan website sudah dapat diakses secara online. Apakah sobat maxcloud sudah siap go online dengan website? Yuk langsung saja ikuti tutorial selengkapnya di bawah ini. 

Cara Upload File ke Web Hosting 

Berikut adalah cara upload file ke web hosting yang harus sobar maxcloud pahami : 

1. Memilih Web Hosting yang Berkualitas 

Sebelum melakukan upload file website ke hosting, maka untuk langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih layanan hosting web yang tepat. Pertimbangkan juga perihal kriteria hosting berikut guna memastikan performa website Anda selalu optimal: 

  • Fitur yang Lengkap : Pastikan hosting menyediakan fitur yang sesuai dengan kebutuhan sobat maxcloud, seperti manajemen multi-domain dan email dengan nama domain sendiri.
  • Dukungan Teknologi Terbaik : Memilih layanan dengan server premium dan uptime 99.99% untuk website cepat dan stabil. Pastikan juga ada fitur keamanan yang berlapis.
  • Bantuan Pelanggan 24/7 : Memilih hosting yang mempunyai bantuan pelanggan sepanjang waktu dan membantu di saat mengalami masalah yang mungkin timbul pada website sobat maxcloud.
  • Gratis Domain dan SSL : Menggunakan hosting yang menyediakan domain dan SSL secara gratis untuk menghemat biaya sobat maxcloud. 

2. Mempersiapkan File Website Sebelum Upload 

Setelah berlangganan hosting, maka tahap berikutnya sebelum upload file website ke hosting adalah mengumpulkan semua file yang akan sobat maxcloud diunggah. Di dalam tahap persiapan ini sangat penting supaya proses upload bisa berjalan lancar dan situs web sobat maxcloud tetap bisa diakses tanpa error. Sebagai berikut adalah langkah-langkah dalam mempersiapkan file website: 

  • Pastikan struktur folder maupun file website sudah tersusun dengan rapi dan terorganisir dengan baik. Jangan sampai ada satu file yang terlewat atau folder yang kosong.
  • Setelah itu, sobat maxcloud bisa mengarsipkan semua file website dalam format .zip atau .tar.gz.
  • Apabila website sobat maxcloud juga menggunakan database, eksport database tersebut ke penyimpanan lokal. Simpan file database dengan ekstensi .sql atau sesuai dengan sistem pengelolaan database yang sobat maxcloud gunakan. 

3. Menentukan Cara Upload 

Langkah berikutnya di dalam cara membuat online website adalah menentukan metode upload file website ke hosting sesuai dengan preferensi dan kebutuhan sobat maxcloud. Dibawah ini adalah 2 opsi yang dapat sobat maxcloud pilih: 

  • File Manager File : Apabila baru berlangganan di salah satu layanan hosting, maka sobat maxcloud akan mendapatkan akses ke File Manager hPanel, panel pengelolaan hosting dan website yang mudah sekali untuk digunakan. Dengan hal tersebut, sobat maxcloud juga bisa melakukan upload file website ke hosting tanpa ribet. Namun jika file sobat maxcloud berukuran lebih dari 256 MB, mungkin opsi ini kurang cocok bagi sobat maxcloud. Kami sarankan untuk menggunakan metode yang kedua, yaitu FTP.
  • File Transfer Protocol (FTP) : FTP merupakan salah satu metode yang paling populer untuk upload website ke hosting. Sobat maxcloud juga bisa menggunakan aplikasi FTP client seperti FileZilla untuk menghubungkan komputer dengan server hosting. Setelah terhubung, sobat maxcloud juga bisa mengunggah file website semudah melakukan drag and drop file antar folder. Apabila tertarik menggunakan opsi ini, sobat maxcloud bisa mempelajari cara menggunakan FileZilla untuk melakukan upload file ke server. 

4. Upload File Website ke Hosting 

Karena file website berukuran kurang dari 256 MB, maka akan menggunakan metode pertama dalam cara upload file ke web hosting adalah melalui menu File Manager pada hPanel. Untuk cara upload script ke hosting menggunakan hPanel adalah sebagai berikut: 

  • Login ke hPanel yang sobat maxcloud miliki dan klik tombol Kelola pada paket hosting sobat maxcloud.
  • Di dalam halaman berikutnya, pilih menu File Manager.
  • Klik ikon Upload yang ada di bagian kanan atas dan pilih opsi File.
  • Isi nama folder di bagian kolom Pilih nama folder, lalu pilih public_html dan sebagai isikan Pilih folder tujuan. Kemudian, klik BUKA ARSIP.
  • Akses direktori public_html, lalu membuka folder website sobat maxcloud. Setelah itu, tekan tombol Ctrl + A untuk menyeleksi semua file.
  • Klik ikon Pindahkan file dan pilih folder. Apabila sudah, maka untuk sobat maxcloud bisa klik PINDAHKAN. Opsi ini akan memindahkan semua file website sobat maxcloud langsung ke dalam direktori public_html. 

5. Memeriksa Hasil Upload 

Sampai di cara upload file ke web hosting kali ini, sobat maxcloud sudah melakukan upload database dan file website ke hosting. Hal terakhir yang harus sobar maxcloud lakukan adalah memeriksa apakah seluruh halaman website susah bisa diakses dengan lancar di hosting. Untuk mengecek hasil akhir website dalam cara upload file ke web hosting, ikuti beberapa tahap sebagai berikut: 

  • Membuka sebuah tab baru di halaman browser, lalu akses alamat website sobat maxcloud.
  • Apabila tampilan website di hosting serupa dengan di komputer, maka situs web sobat maxcloud sudah diupload dengan benar.
  • Akses semua halaman, dan lakukan pemeriksaan ulang di bagian tombol, menu navigasi, formulir dan elemen yang lainnya untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. 

Nah, itulah dia 5 cara upload file ke web hosting yang harus sobat maxcloud pahami. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.