Inovasi cloud computing saat ini semakin berkembang untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari bisnis hingga hiburan. Contohnya seperti gaming dan nonton tayangan hiburan favorit. 

Khusus untuk para gamer, teknologi cloud computing seperti cloud gaming Indonesia hadir untuk memberikan pengalaman bermain game dengan sensasi baru. Selain itu,  kelebihan cloud gaming Indonesia dianggap bisa menandingi perangkat game konvensional seperti PC dan konsol. 

Lantas, apa sih teknologi cloud gaming Indonesia itu dan bagaimana cara kerjanya? Yuk, langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. 

Apa Itu Cloud Gaming Indonesia?

Cloud gaming Indonesia adalah cara bermain game secara streaming melalui server jarak jauh di pusat data. Sobat maxcloud juga tidak perlu menginstal dan mengunduh game di konsol maupun PC lagi. 

Artinya cukup menggunakan koneksi internet andal, sobat maxcloud bisa memainkan game melalui aplikasi atau browser yang sudah terpasang di perangkat penerima. Selain itu, untuk komputasi grafis game akan diolah oleh server lalu ditampilkan ke para pemain secara streaming. 

Dengan kemudahan tersebut, maka bisa menjadi salah satu alasan kenapa kelebihan cloud gaming Indonesia bisa menandingi platform game konvensional. Seiring berjalannya waktu, teknologi cloud gaming Indonesia semakin populer. 

Terbukti dengan hadirnya layanan cloud gaming Indonesia terkemuka seperti Amazon Luna, GeForce Now yang dihadirkan oleh Nvidia dan Stadia dari Google. Dengan hal ini menjadi bukti, bahwa kelebihan cloud gaming Indonesia membuat para gamer tertarik untuk bermain game dengan cara non-konvensional.

Kelebihan Menggunakan Cloud Gaming Indonesia 

Layanan cloud gaming Indonesia dipercaya mempunyai berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh teknologi game konvensional lain seperti PC dan konsol. Sebagai berikut adalah beberapa kelebihan dari cloud gaming Indonesia :

1. Tidak Memerlukan Perangkat Keras Khusus

Dibandingkan dengan game konvensional, cloud gaming Indonesia tidak membutuhkan perangkat keras. Sebab, untuk layanan ini bisa diakses oleh berbagai perangkat dengan modal koneksi internet dan server saja. 

Bahkan, untuk proses pengolahan game dilakukan melalui server. Sehingga, sobat maxcloud tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi lagi. Kelebihan dari cloud gaming Indonesia juga memungkinkan sobat maxcloud untuk menikmati berbagai macam jenis permain tanpa harus merasa khawatir dengan kapasitas perangkat yang dimiliki. 

2. Hemat Penyimpanan

Karena tidak perlu instalasi untuk bermain game, ruang penyimpanan di perangkat sobat maxcloud tidak akan tersita sama sekali. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cloud gaming Indonesia mengandalkan server dan koneksi internet.

Sehingga, sobat maxcloud tidak akan memberatkan memori penyimpanan di perangkat yang sedang digunakan. Tidak masalah seberapa banyak game yang akan dimainkan, tapi perangkat sobat maxcloud akan terasa tetap ringan.Bagi sobat maxcloud yang mempunyai kapasitas memori perangkat terbatas tapi mau seru-seruan main game, maka kelebihan cloud gaming Indonesia  ini bisa jadi solusinya. 

3. Bisa Digunakan di Berbagai Perangkat

Kelebihan cloud gaming Indonesia kali ini memungkinkan sobat maxcloud untuk mengakses banyak game dari berbagai perangkat, mulai dari PC, smartphone, laptop, dan smart TV. Meski beberapa layanan cloud gaming mengharuskan sobat maxcloud untuk install aplikasi tertentu, tapi ukurannya tidak akan memakan banyak memori.

Ada juga layanan cloud gaming Indonesia yang bisa diakses cukup melalui browser saja. Namun, sobat maxcloud masih tetap bisa digunakan di berbagai jenis perangkat. 

4. Aman

Karena pengolahan game berada di dalam server yang terpisah dari perangkat pemain, sobat maxcloud akan terhindar dari berbagai error, kerusakan dan masalah lainnya. Sehingga, dengan hal tersebut bisa mempengaruhi perangkat game itu sendiri.

Kelebihan cloud gaming Indonesia ini juga tidak membutuhkan lapisan keamanan ekstra seperti disaat sobat maxcloud bermain game secara online. Pihak penyedia layanan cloud gaming Indonesia sudah berjalan secara otomatis  dan memberikan perlindungan ekstra pada beberapa  platform. Jadi, sobat maxcloud tidak perlu lagi khawatir soal keamanannya.

5. Tidak Perlu Upgrade Hardware Terbaru

Supaya bisa bermain di beberapa game tertentu, biasanya perangkat game konvensional diminta melakukan upgrade hardware terbaru. Bahkan, untuk permintaan upgrade ini juga memungkinkan sobat maxcloud untuk mengakses fitur yang lebih canggih dan gameplay lebih menarik.

Hal ini sering dialami oleh para pemain game dengan spesifikasi berat. Kelebihan cloud gaming Indonesia adalah tidak mengharuskan sobat maxcloud upgrade secara berlebihan sesuai dengan spesifikasi game.

Selain itu, penggunaan streaming server pada cloud gaming Indonesia ini tidak akan memberatkan sistem di perangkat yang sedang digunakan. Jadi, tidak masalah jika platform yang sobat maxcloud tidak melakukan upgrade hardware terbaru.

Jenis Cloud Gaming Indonesia Terbaik 

Untuk sebagian orang orang yang mempunyai koneksi internet bagus dan konsisten ini bisa memainkan banyak game menjadi opsi yang sangat bagus. Berikut adalah beberapa cloud gaming Indonesia terbaik yang wajib sobat maxcloud coba : 

1. PlayStation Now (PS4, PC) 

Sony mempunyai beberapa game terbaik di dalam konsolnya. Akan tetapi, disaat sobat maxcloud ingin memainkannya harus mempunyai konsol PlayStation 4. 

2. GEFORCE NOW (PC, MAC, NVIDIA SHIELD)

Apabila sobat maxcloud ingin bermain game terbaik tapi hanya mempunyai Mac, Nvidia Shield atau PC dengan spesifikasi rendah, maka salah satu pilihan terbaik yang bisa dipilih adalah menggunakan Geforce Now. Sobat maxcloud juga bisa memainkan beberapa game terbaru tanpa harus memikirkan spesifikasi perangkat.

3. Jump (PC)

Jump adalah layanan cloud gaming Indonesia terbaik yang paling unik. Salah satu alasannya, karena di jenis kali ini hanya berfokus pada beberapa game independent dan bukan game AAA.

Jump juga mempunyai beberapa koleksi game indie yang jumlahnya sangat banyak dan bisa dimainkan di dalam perangkat Windows, Linux dan Mac. Tidak hanya itu,  Jump juga sudah bisa dimainkan untuk perangkat VR menggunakan Oculus Rift dan HTC Vive. 

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cloud gaming Indonesia. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa bermanfaat dan menambah informasi.