Saat ini, internet terus mengalami perkembangan yang semakin pesat. Tidak hanya menghubungkan sobat maxcloud dengan dunia luar saja, tapi internet juga dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan data dari cloud storage. Ada banyak sekali manfaat yang bisa sobat maxcloud dapatkan dengan menggunakan cloud storage untuk menyimpan beberapa data penting.

Penyimpanan cloud adalah salah satu produk dari teknologi cloud computing di dalam dunia penyimpanan data. Memahami kelebihan dan cara kerjanya bisa membantu sobat maxcloud di dalam mengoptimalkan bisnis.

Lalu, apa itu penyimpanan cloud? Yuk, langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Apa Itu Penyimpanan Cloud ?

Penyimpanan cloud adalah media penyimpanan online yang terhubung dengan jaringan internet. Untuk mengakses data data di dalam penyimpanan cloud, sobat maxcloud harus terhubung dengan jaringan internet.

Ada banyak kelebihan yang didapatkan pada saat menggunakan penyimpanan berbasis awan satu ini. Tentunya, untuk sistem penyimpanan cloud menjadi tempat penyimpanan data yang lebih efektif dan aman daripada lainnya.

Semua data yang ada di dalam penyimpanan cloud ini akan tersimpan di suatu server dan dikelola oleh pihak penyedia layanan. Sobat maxcloud tidak perlu merasa khawatir akan adanya gangguan virus maupun kerusakan data.

Penyimpanan cloud di dalam server ini akan terjamin keamananya dan tidak bisa dicuri oleh siapapun. Selain itu, data ini dapat sobat maxcloud akses kapan dan dimana saja selama masih terhubung dengan jaringan internet.

Secara umum, layanan penyimpanan cloud ini bisa didapatkan secara gratis dengan kapasitas terbatas. Namun, ketika ingin ruang penyimpanan yang lebih besar sobat maxcloud harus berlangganan atau berbayar. Dengan begitu, sobat maxcloud akan mendapatkan ruang penyimpanan dengan kapasitas sesuai kebutuhan.

Manfaat Penggunaan Cloud Storage Pada Bisnis

Setelah paham mengenai pengertian apa itu penyimpanan cloud, maka dilanjutkan pada pembahasan manfaatnya. Ada beberapa manfaat di saat menggunakan penyimpanan cloud :

1. Waktunya Lebih Efektif

Manfaat penggunaan penyimpanan cloud pertama, yaitu membuat waktu bekerja lebih efektif. Penyimpanan secara offline ini sangat rentang terjadinya kerusakan pada media penyimpananya.

Jika terjadi kerusakan, waktu sobat maxcloud akan habis untuk melakukan perbaikan maupun menyelamatkan data terlebih dahulu. Namun dengan menggunakan penyimpanan cloud, untuk hal tersebut tidak akan terjadi.

Membuka data bisa dilakukan dari mana dan kapan saja. Sehingga, waktu yang tadinya digunakan untuk mengatasi masalah ini bisa digunakan untuk fokus mengerjakan beberapa hal penting lainnya.

2. Mempermudah Pengarsipan Data

Berikutnya, penyimpanan cloud ini dinilai lebih efektif di dalam proses arsip data karena bisa mencegah terjadinya kerusakan maupun kehilangan. Hal ini berbeda dari perangkat penyimpanan secara offline, seperti flashdisk maupun harddisk yang harus dibawa kemana-mana supaya bisa mengakses data.

Alhasil, untuk resiko disk hilang atau jatuh pun juga sangat tinggi. Jika sampai hal tersebut terjadi, maka data sobat maxcloud juga bisa saja hilang dan beresiko jatuh kepada orang yang salah.

Dengan cloud storage, proses arsip data bisa lebih mudah dan efisien. Semua akan tersimpan dengan aman di dalam cloud dan untuk mengaksesnya, sobat maxcloud cukup membutuhkan jaringan internet yang memadai. Resiko kehilangan data pun juga akan sangat minim.

3. Menghemat Biaya Perusahaan

Dengan menggunakan penyimpanan cloud, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk keperluan hardware penyimpanan data. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu memberikan gaji kepada seseorang untuk bisa melakukan perawatan dan menjaga data tersebut. Jadi, perusahaan bisa lebih berhemat.

4. Mempermudah Dalam Bekerja Sama

Penyimpanan data di dalam cloud ini akan lebih mudah digunakan sobat maxcloud, untuk membagikannya kepada rekan kerja. Sobat maxcloud juga bisa melakukannya kapan dan dimana saja. Sehingga, waktu untuk bekerja bisa lebih efisien dan kerja sama rekan bisnis bisa lebih mudah.

5. Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Dengan semua keunggulan yang mendukung di dalam efektivitas dan efisiensi, maka penyimpanan cloud ini bisa meningkatkan performa pada suatu perusahaan. Karena, untuk urusan penyimpanan data sudah diserahkan kepada penyimpanan cloud. Hal ini bisa membuat semua karyawan bisa bekerja lebih produktif. Sehingga, akan berdampak pada hasil kerja secara keseluruhan.

Apa Saja Jenis Penyimpanan Awan yang Bisa Digunakan?

Setelah paham mengenai pengertian apa itu penyimpanan cloud, maka ada hal penting lain yang harus diketahui yaitu macam-macam jenisnya. Ada beberapa macam jenis penyimpanan cloud yang harus sobat maxcloud ketahui, yaitu :

1. Private Cloud Storage

Bentuk penyimpanan, ketika perusahaan dan penyedia layanan cloud terintegrasi di dalam satu pusat data perusahaan.

2. Personal Cloud Storage

Bentuk dari cloud storage yang bisa digunakan untuk menyimpan data individu. Selain itu, penyedia layanan ini akan memberikan akses data dimanapun.

3. Public Cloud Storage

Bentuk cloud dari penyedia layanan penyimpanan yang diatur keseluruhan data dari perusahaan di dalam cloud.

4. Hybrid Cloud Storage

Bentuk cloud storage yang merupakan perpaduan dari public dan private cloud. Data penting ini akan disimpan pada sistem penyimpanan internet perusahaan. Sedangkan, data lain akan disimpan di dalam public storage dan hanya bisa diakses oleh pihak penyedia layanan cloud saja

Pada intinya, untuk jawaban dari pertanyaan apa itu penyimpanan cloud adalah suatu layanan penyimpanan data yang dilakukan secara online. Artinya, untuk sobat maxcloud yang ingin menggunakan penyimpanan cloud harus terhubung dengan jaringan internet terlebih dahulu.

Nah, itulah penjelasan secara lengkap mengenai jawaban dari pertanyaan apa itu penyimpanan cloud. Semoga dengan adanya penjelasan diatas tidak muncul lagi pertanyaan mengenai perihal apa itu penyimpanan cloud.