Di era modern seperti sekarang, banyak perusahaan dan bisnis yang mulai menjalankan aplikasi berbasis cloud. Nah, di kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai beberapa macam aplikasi berbasis cloud yang sering digunakan saat ini. 

Perlu diketahui, bahwa cloud atau komputasi adalah teknologi yang mampu memproses berbagai program dan pekerjaan secara digital. Teknologi ini berasal dari penggabungan sari pengembangan komputer dengan jaringan berbasis internet. 

Daftar Aplikasi Berbasis Cloud 

Berikut ini adalah 8 macam aplikasi berbasis cloud populer yang sering digunakan oleh perusahaan maupun bisnis, yaitu : 

1. Dropbox 

Dropbox adalah aplikasi berbasis cloud yang menyediakan fitur penyimpanan data dan file sharing secara profesional dengan pengguna aktif lebih dari 400 juta orang. Bahkan, untuk 200 ribu diantaranya adalah para pengguna di kalangan bisnis. 

Sobat maxcloud bisa menggunakan layanan ini dengan mengakses alamat dropbox.com. Pada pendaftaran pertama sobat maxcloud akan diberikan penyimpanan secara gratis sebesar 2GB. 

2. Adobe Creative Cloud

Layanan ini adalah aplikasi yang dibuat oleh Adobe.inc. Selain itu, Adobe Creative Cloud ini menyediakan fitur untuk bisa mengakses berbagai program desain grafis, fotografi, pengembangan web, video editing  dan lain-lain. 

3. Office 365 

Office 365 adalah layanan cloud dari Ms Office Suite. Banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi ini untuk edit dan membuat dokumen. Di dalam Office 365 juga ada beberapa software, yaitu Ms word, powerpoint, excel dan lain-lain. 

4. Slack 

Slack adalah aplikasi berbasis cloud  awan yang menyediakan layanan untuk kolaborasi dan komunikasi antar tim. Layanan satu jni pertama kali dibuat oleh Serguei Mourachov, Eric Costello, Stewart Butterfield dan Cal Henderson. Aplikasi Slack bisa sobat maxcloud menggunakan secara gratis atau berbayar sesuai dengan paket langganan yang dipilih. 

5. Box 

Aplikasi yang berbasis cloud berikutnya adalah box. Layanan ini memberikan penawaran fitur berbagi file dan penyimpanan data secara online. Dengan hal tersebut, maka banyak dari kalangan masyarakat yang menyebutkan bahwa aplikasi Box ini sama seperti dengan DropBox. 

6. Github 

GitHub adalah layanan berbasis cloud online yang menjadi sarana di dalam mengatur dan berbagai source code dari berbagai aplikasi. Hingga saat ini, GitHub mempunyai pengguna aktif lebih dari 20 juta akun pribadi dan 110 ribunya adalah akun bisnis. Aplikasi GitHub sendiri sudah sukses menyimpan repository source code lebih dari 70 juta. 

7. Google Suites

Aplikasi berbasis cloud Google Suites merupakan alat produktivitas yang dibuat oleh perusahaan Google. Layanan ini juga termasuk Spreadsheet, Hangouts, Google Dokumen, Google + dan lain-lain. 

Untuk salah satu aplikasi yang populer dari Google Suites adalah Gmail. Gmail adalah layanan email gratis milik Google. Sampai dengan pengguna aktif Gmail sudah mencapai 1 miliar dan akan terus bertambah setiap tahunnya.  

8. Salesforce 

Salesforce adalah aplikasi yang berbasis cloud yang mempunyai fitur Customer Relationship Management (CRM). Layanan ini juga mencakup alat khusus untuk proses  pemasaran, penjualan, jasa, e-commerce dan lain-lain. Hingga saat ini sudah banyak perusahaan di dunia yang menggunakan produk dari Salesforce. 

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Berbasis Cloud 

Berikut adalah 4 manfaat menggunakan aplikasi yang berbasis cloud harua sobat maxcloud ketahui : 

1. Penyimpanan Data yang Aman 

Cloud menggunakan beberapa server guna penyimpanan tersusun rapi di pusat data. Untuk melindungi privasi, cloud sudah menerapkan enkripsi data dengan algoritma yang sangat rumit. Dengan hal ini bisa mengunci data dan membuatnya tidak bisa dibaca oleh siapapun termasuk pihak penyedia cloud. 

Hanya pemilik data yang bisa melakukan otentikasi dan , seperti B menggunakan username dan password untuk mengaksesnya. Dengan cara ini, sobat maxcloud tidak perlu khawatir memata-matai data sensitif tentang bisnis, karyawan, pelanggan dan lain-lain. 

Lalu, apa yang terjadi jika data hilang atau terhapus? Penyedia cloud biasanya menyimpan server di pusat data canggih seperti tingkat Tier IV yang menyediakan keamanan dan komunitas fasilitas layanan. Data venter ini biasanya berada di area dengan resiko bencana paling rendah. Sehingga, server selalu tersedia jika terjadi pemadaman listrik.

2. Skalabilitas Tinggi 

Cloud dirancang untuk menyimpan data besar hingga exabyte. Tapi jangan khawatir, karena cloudnini sangat skqlabel dan bisa menskalakan kebutuhan sobat maxcloud dari bisnis kecil hingga perusahaan besar. 

Jika sobat maxcloud memulai sebagai usaha kecil atau menengah, maka bisa menggunakan kapasitas yang wajar. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan penyimpanan data, cloud bisa menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar tanpa harus memindahkan data. 

Jika sobat maxcloud menyimpan data pada komputer fisik di kantor dengan kapasitas terbatas, maka tidak akan cocok untuk kebutuhan penyimpanan data secara dinamis. Sobat maxcloud membutuhkan banyak hard drive untuk menyimpan data yang terus bertambah dari hari demi hari. 

3. Akses yang Fleksibel 

Karena teknologi internet digunakan untuk pintu gerbang, maka clpud memunykinkam sobat maxclpud bisa bekerja dari mana dan kapan saja. Di dalam bisnis platform digital, fleksibel adalah kata lain dari kemudahan. 

Selain itu, cloud juga menawarkan layanan bisnis yang lebih cepat kepada pelanggan tanpa adanya kendala ruang dan jarak. Contohnya, jika sobat maxcloud menggunakan software HRIS untuk menangani pekerjaan personalia perusahaan. Maka, sobat maxcloud bisa memantau kehadiran kehadiran karyawan meski tidak berada di satu tempat yang sama. 

Demikian pembahasan lengkap mengenai 8 aplikasi berbasis cloud populer yang sering digunakan di perusahaan dan bisnis. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi sobat maxcloud.