Prosesor adalah bagian yang penting dan ada dalam sistem operasi perangkat komputer. Sebab, sebuah prosesor bisa disebut sebagai otak dari komputer yang membuat tugasnya sangat krusial. Salah satu prosesor yang terbaik di kelasnya yaitu AMD A8 7410. Karena itulah, banyak orang yang bertanya prosesor AMD A8 7410 setara dengan prosesor apa? Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah dalam memilih prosesor untuk komputer.

Belakangan ini, kemampuan perangkat komputer sudah kian bagus serta bekerja dengan optimal demi mempermudah pekerjaan manusia. Bukan tanpa alasan, komputer tersebut sudah didukung dengan prosesor hebat, misalnya saja seri AMD A8 7410. Bagi Sobat Maxcloud yang belum tahu apa itu seri prosesor AMD A8 7410 dan penasaran dengan prosesor yang setara, bisa simak informasinya sebagai berikut.

AMD A8 7410 Setara Dengan Prosesor Apa?

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan AMD terus saja memperbarui prosesor mereka dan sudah mengeluarkan sejumlah model yang bersaing dengan perusahaan Intel. Salah satunya ada AMD A8 7410 yang menarik perhatian banyak orang. Karena itu, para penggemar prosesor keluaran AMD merasa penasaran akan AMD A8 7410 setara dengan prosesor jenis apa yang ada di pasaran.

Sebagai informasi, sebenarnya AMD A8 7410 setara dengan prosesor Intel Core i5 gen 3. Seri prosesor AMD A8 7410 adalah prosesor model quad core SoC yang umumnya dibuat untuk perangkat komputer dalam entry level atau subnotebook. Perlu Sobat Maxcloud ketahui, prosesor AMD A8 7410 merupakan prosesor yang rilis pada tahun 2015 dan memang termasuk saingan untuk prosesor keluaran Intel.

Prosesor jenis ini umumnya mempunyai harga yang relatif terjangkau. Walaupun begitu, kualitas yang ditawarkan tetaplah terbaik. Memang, prosesor tersebut bukan yang terbaik dan pernah dibuat oleh AMD. Kendati demikian, prosesor AMD A8 7410 tetap bisa diandalkan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bukan itu saja, prosesor tersebut mempunyai susunan CPU quad core yang dapat menangani tugas-tugas tertentu.

Apabila pengguna komputer hanya memerlukan perangkat untuk jenis pekerjaan ringan seperti browsing, game ringan, atau mengoperasikan Microsoft Office, maka prosesor AMD A8 7410 sudah cukup bagus dan dapat Sobat Maxcloud manfaatkan secara optimal. Tidak heran jika prosesor ini menjadi pilihan mengingat AMD A8 7410 setara dengan Intel Core I5 gen 3 yang harganya cukup murah di pasaran.

Spesifikasi AMD A8 7410

Lantaran AMD A8 7410 setara dengan prosesor Intel Core i5 gen 3, tak heran banyak orang yang merasa penasaran terkait spesifikasi prosesor tersebut. Perlu diketahui, spesifikasi prosesor AMD A8 7410 sebenarnya merupakan keluaran terbaru yang mempunyai kecepatan sekitar 3.8 atau 3.1 Ghz. Kalau dibandingkan, maka prosesor seri AMD A8 7410 setara 10 Computer Cores yang terdiri dari 6 GPU dan 4 CPU.

Pada dasarnya, perangkat komputer di pasaran lebih didominasi oleh prosesor keluaran AMD dan Intel. Oleh sebab itu, kedua model prosesor tersebut selalu berupaya mengembangkan spesifikasinya supaya dapat mengungguli satu sama lain. Walaupun keduanya dikenal sama-sama unggul sebagai bagian otak komputer, tetapi setiap jenisnya tentu mempunyai kekurangan serta kelebihannya masing-masing.

Artinya, walaupun AMD A8 7410 setara dengan prosesor Intel Core i5, keduanya tetap mempunyai keunggulan maupun kekurangannya tersendiri. Keunggulan dan kekurangan dari AMD A8 7410 jika dibandingkan dengan prosesor Intel Core i5 gen 3, misalnya saja seperti:

  • Dalam urusan grafis game, prosesor AMD A8 7410 dikenal lebih kuat dan bisa membuat perangkat berjalan lebih lancar
  • Dalam penanganan virus, prosesor AMD mempunyai sistem deteksi yang lebih baik jika dibandingkan dengan Intel
  • Dalam urusan kecepatan prosesor, Intel dianggap sebagai prosesor yang lebih unggul
  • Dalam hal pengaturan suhunya, prosesor Intel tergolong lebih baik

Perbandingan AMD A8 7410 dengan Prosesor Intel Lainnya

Menjadi prosesor yang terbaik dengan harga terjangkau di kelasnya, AMD A8 7410 merupakan prosesor quad core yang dirancang untuk pemakaian laptop dengan daya tahan baterai lama namun harganya terjangkau. Karena itulah, disebut-sebut AMD A8 7410 setara dengan prosesor Intel lain dengan beberapa perbandingan yakni:

1. Performa General

Dalam urusan performa, AMD A8 7410 setara dengan prosesor Intel Pentium atau Celeron. Begitu juga saat disandingkan dengan prosesor Intel Core i3, i5, atau i7 generasi lama seperti Core i3 4005U, Core i7 4500U, dan Core i5 4200U. Tetapi saat dibandingkan dengan seri prosesor generasi baru, maka AMD A8 7410 jelas kalah dalam hal performa lantaran mempunyai arsitektur yang lebih modern.

2. Pemakaian Daya

Walaupun AMD A8 7410 setara dengan prosesor Intel, rupanya AMD A8 7410 tergolong lebih hemat daya jika dibandingkan dengan seri prosesor Intel dalam level entry level. Dengan tingkatan TDP yang rendah sampai 25 Watt, prosesor tersebut cocok untuk perangkat laptop yang dijadikan alat kerja setiap hari.

3. Kinerja

Untuk soal kinerjanya, prosesor AMD A8 7410 hampir setara dengan prosesor Intel seri Core i3. Tetapi kalau dibandingkan dengan seri prosesor Intel Core i5 ataupun i7, maka tentu saja AMD A8 7410 cenderung masih kalah dalam hal kecepatan maupun efisiensi dayanya.

Itulah informasi tentang AMD A8 7410 setara dengan beberapa prosesor Intel Core. Sobat Maxcloud bisa menjadikan informasi di atas sebagai referensi apakah ingin mengeluarkan budget untuk membeli AMD A8 7410 atau prosesor Intel Core langsung.