Virtual Private Server (VPS) merupakan layanan hosting yang digunakan untuk membagi sumber daya server fisik menjadi beberapa bagian server virtual. Layanan ini memungkinkan sobat maxcloud lebih leluasa di dalam melakukan konfigurasi menggunakan parameter dan control panel hosting. Jenis-jenis VPS ini akan mendukung di dalam proses konfigurasi pada resource yang sudah ada tersedia, seperti operating system, software dan plugin.

VPS adalah layanan dengan resource khusus yang hadir untuk memenuhi kebutuhan aplikasi atau website sumber daya besar. Selain itu, VPS dinilai berada di satu tingkat atas shared hosting karena mempunyai banyak keunggulan. Selain kecepatan dan keamanan, stabilitas server virtual juga jauh lebih baik dibandingkan layanan dari shared hosting.

Lantas, apa saja jenis-jenis VPS terbaik untuk membantu website? Di dalam kesempatan kali ini sudah merangkum beberapa jenis-jenis VPS yang bisa dijadikan sebagai referensi. Yuk, simak daftarnya dibawah ini.

7 Jenis-Jenis VPS Terbaik

Sebagai berikut jenis-jenis VPS terbaik untuk website yang bisa sobat maxcloud pilih dan gunakan :

1. Openvz

Openvz merupakan jenis VPS yang menggunakan operating system (OS) berbasis container di Linus. Layanan jenis ini bisa dijalankan di berbagai tipe CPU dengan basis operating system Linux saja. Jika sobat maxcloud pengguna OS Windows, sobat maxcloud dipastikan tidak bisa menggunakan Openvz dan harus memilih jenis lainnya.

Selain itu, layanan ini adalah modifikasi dari kernel Linux yang mampu menjalankan beberapa virtual OS di dalam satu server fisik. Karena, hanya ada satu kernel yang berjalan dan Openvz mempunyai performa yang stabil dan lebih ramah.

2. Windows VPS

Sesuai dengan namanya, Windows VPS merupakan jenis layanan khusus untuk OS berbasis Windows. Selain memberikan penawaran performa dan kecepatan tinggi, layanan ini juga mempunyai tampilan antarmuka yang lebih menarik. Berbeda dengan VPS Linux, Windows VPS ini menggunakan OS berbayar sehingga sobat maxcloud harus mengeluarkan biaya jika ingin menggunakannya.

3. KVM VPS

Untuk jenis VPS berikutnya, yaitu kener based virtual machine atau lebih dikenal dengan singkatan KVM. Pada jenis VPS satu ini sudah dibekali dengan teknologi yang memungkinkan proses komunikasi bisa dilakukan langsung menuju ke hardware tanpa membutuhkan sistem operasi. Jika sobat maxcloud menginginkan server dengan sistem virtualisasi penuh, maka KVM VPS ini menjadi pilihan paling tepat.

4. Hyper V VPS

Berbeda dengan jenis sebelumnya, Hyper  adalah VPS Microsoft yang semua tampilan visualnya sudah menggunakan gambar. Layanan ini sangat cocok digunakan oleh sobat maxcloud yang tidak ingin direpotkan menggunakan command editor, seperti di OS Linux pada umumnya. Dengan graphic user interface, Hyper V Vps bisa dioperasikan secara mudah dan praktis.

5. VPS Xen HVM

Hardware Virtual Machine atau HVM merupakan jenis-jenis VPS lainnya yang bisa sobat maxcloud gunakan di dalam sistem operasi Windows. Sama halnya dengan KVM, Xen HVM juga sudah menggunakan teknologi virtualisasi tingkat kernel. Layanan ini sangat cocok digunakan untuk website yang membutuhkan kemampuan server tinggi Misalnya, toko online, marketplace, sosial media dan lain-lain.

6. Managed VPS

Bagi sobat maxcloud yang barusan saja migrasi dari shared hosting ke VPS hosting, maka disarankan untuk menggunakan managed VPS. Layanan pada jenis ini mempunyai keunggulan, dimana hal teknis seperti pengelolaan server akan ditangani oleh pihak provider. Dengan begitu, sobat maxcloud bisa lebih fokus di dalam mengelola dan mengembangkan website tanpa harus khawatir urusan server.

7. Unmanaged VPS

Unmanaged VPS merupakan kebalikan dari managed VPS. Dimana, operating system dan aplikasi pendukung lainnya masih kosong. Dengan kata lain, sobat maxcloud harus melakukan setting server secara mandiri mulai dari sistem operasi sampai website bisa live kembali. Karena terlalu advanced, Unmanaged VPS ini hanya disarankan di dalam bidang manajemen server saja.

Kapan Sobat Maxcloud Harus Menggunakan VPS?

Seperti yang diketahui, bahwa VPS mempunyai kelebihan di dalam segi performa dibandingkan shared hosting. Apabila sobat maxcloud ingin merasakan kemampuan server yang lebih tinggi daripada shared hosting, maka sangat disarankan untuk berpindah ke layanan virtual private server.

Selain itu, dari segi kemampuan shared hosting juga mempunyai batasan-batasan tertentu. Di saat sudah mampu menampung beban, biasanya pihak provider hosting akan memberikan suspend kepada website yang bermasalh. Sebagai berikut beberapa indikasi yang menunjukkan kepada sobat maxcloud harus segera menggunakan VPS :

●  Membutuhkan software secara custome.

VPS mempunyai kelebihan di dalam pemasangan software secara bebas. Apabila sobat maxcloud ingin menambahkan software tertentu yang tidak ada shared hosting, VPS bisa melakukannya. Contohnya, seperti plugin GZIP Compression dan beberapa aplikasi lainnya.

●  Menyimpan data pribadi.

VPS mempunyai kelebihan di dalam menyimpan data lebih private. Sehingga, lebih aman jika dibandingkan dengan shared hosting yang digunakan oleh banyak akun. Lagi pula, sobat maxcloud bisa meningkatkan standar keamanan VPS menjadi lebih ketat untuk menghindari terjadinya kebocoran data.

●  Traffic website yang tinggi.

Apabila kunjungan di dalam website sobat maxcloud semakin tinggi, sebaiknya segera pindah menggunakan VPS untuk menghindari overload. Biasanya, di setiap web hosting akan memberikan keterangan bahwa hosting bisa menampung sebanyak 125.000 per bulan (misalnya).

Tips Memilih VPS Terbaik

Selanjutnya, sobat maxcloud juga harus paham mengenai tips memilih VPS terbaik. Di Indonesia sensiir juga ada banyak penyedia VPS dengan kelebihan dan keunggulan masing-masing. Supaya tidak salah memilih, sobat maxcloud bisa mengikuti beberapa tips sebagai berikut :

●      Menentukan tujuan penggunaan VPS.

●      Menyesuaikan dengan kebutuhan para pengunjung.

●      Menyesuaikan dengan operating sistem yang digunakan.

●      Memperhitungkan kapasitas bandwidth, CPU, RAM dan penyimpanan.

●  Pastikan untuk keamanan data tidak tercampur dengan server milik pengguna lainnya.

●  Pertimbangkan resource dan teknologi yang digunakan.

Itulah jenis-jenis VPS terbaik yang bisa sobat maxcloud pilih untuk membangun website. Perlu diketahui, bahwa penggunaan virtual private server ini bisa mendongkrak performa website menjadi lebih baik. Jadi, sobat maxcloud ingin menggunakan VPS yang mana?