Sekarang bukan zamannya lagi mengandalkan hardisk dan flashdisk sebagai media penyimpanan sebuah data. Semenjak perkembangan internet yang semakin pesat seperti sekarang, untuk media penyimpanan kini memberikan pilihan alternatif baru yaitu cloud storage.

Media penyimpanan cloud storage ini mempunyai kaitan erat dengan mengandalkan jaringan internet. Sebagai media penyimpanan secara online, untuk cloud storage ini memberikan kelebihan yang sangat menguntungkan bagi para penggunanya.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai apa itu cloud storage. Sedangkan, bagi Sobat maxcloud yang masih awam dengan pertanyaan apa itu cloud storage bisa simak dibawah ini.

Apa Itu Cloud Storage?

Apa itu cloud storage? Cloud storage merupakan media penyimpanan file berbasis online atau digital yang sudah mengandalkan internet guna mengakses data.

Selain itu, cloud storage ini menjadi terobosan terbaru di dalam dunia storage atau penyimpanan data yang mempunyai banyak kelebihan. Apabila dibandingkan dengan hardisk maupun flashdisk ini mempunyai perbedaan yang sangat jauh.

Jadi, untuk data yang disimpan pada cloud storage ini akan disimpan di dalam server dan dikelola oleh pihak penyedia layanan atau sering disebut dengan hosting. Menyimpan file menggunakan cloud storage lebih banyak diminati, karena berbagai macam alasan.

Sobat maxcloud juga tidak perlu merasa khawatir dengan serangan virus  atau di saat terjadi kerusakan, seperti yang bisa terjadi di saat Sobat maxcloud menyimpan file dengan hardisk dan lainnya. Selain itu, karena semua data tersimpan di dalam satu server.

Maka dari itu, untuk tingkat keamanannya lebih terjamin dan tidak akan hilang. Data yang sudah disimpan di dalam cloud storage ini bisa diakses sewaktu-waktu.

Tambah lagi data tersebut juga bisa diakses menggunakan perangkat gadget apa saja, asalkan sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Layanan penyimpanan menggunakan cloud storage ini bisa didapatkan secara gratis dengan kapasitas sudah ditentukan.

Apabila ingin ruang penyimpanan yang lebih besar, maka Sobat maxcloud bisa menggunakan layanan cloud storage berbayar sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan cloud storage ini terus berkembang semakin pesat. Ada beberapa contoh media cloud storage yang saat ini sedang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu Google Drive, iCloud, Onedrive dan Dropbox.

Apa Saja Syarat Penyimpanan Cloud Storage yang Harus Dipertimbangkan?

Memastikan, bahwa data  penting perusahaan aman dan tersedia di saat dibutuhkan menjadi satu hal sangat amat penting. Ada beberapa syarat dasar di saat mempertimbangkan menggunakan penyimpanan cloud storage, sebagai berikut :

1. Ketahanan dan Ketersediaan

Penyimpanan cloud storage ini berfungsi untuk menyederhanakan dan meningkatkan praktik pusat data menuju ke ketersediaan. Dengan menyimpan di dalam cloud storage, maka data akan tersimpan secara redundan di beberapa perangkat atau pusat data.

2. Keamanan

Dengan menyimpan di dalam cloud storage, maka Sobat maxcloud bisa melakukan kontrol lokasi penyimpanan data. Artinya, untuk semua orang bisa mengakses data di saat tertentu.

Idealnya, untuk semua data sudah dienkripsi baik di saat diam maupun bergerak. Izin dan kontrol akses ini juga mempunyai fungsi dengan baik di dalam cloud computing, seperti halnya untuk menyimpan data secara on-premise.

Cara Kerja Cloud Storage

Setelah mendapatkan jawaban dari pertanyaan apa itu cloud storage, maka masih ada informasi lain yang juga harus Sobat maxcloud pahami yaitu cara kerja. Proses penyimpanan data ke media penyimpanan cloud storage ini bisa diartikan dengan mengirimkan salinan ke penyedia layanan hosting dari jaringan internet.

Selanjutnya, untuk server ini akan memberikan akses untuk download atau melakukan perubahan di saat ingin membuka beberapa data tersebut. Biasanya, layanan cloud storage ini tidak hanya mengandalkan satu server saja.

Sebagian besar aplikasi di dalam cloud storage ini tidak perlu melakukan instalasi lagi, karena sudah terpasang di dalam media internet dan salah satunya adalah Google Drive. Pada saat ingin menggunakan Google Drive, Sobat maxcloud hanya cukup menyediakan koneksi internet dan membuat akun agar bisa terhubung.

Seperti yang diketahui, bahwa Google Drive ini menjadi salah satu bawaan dari perusahaan Google Inc. Maka dari itu, yang bertindak sebagai server adalah pihak Google sendiri.

Keuntungan Menggunakan Cloud Storage

Nah, setelah mempelajari mengenai apa itu cloud storage sekarang tiba saatnya mengetahui keuntungan di saat menggunakan layanan tersebut. Dengan menggunakan cloud storage, maka untuk tingkat kerusakan atau hilang data sangat amat kecil.

Sebab, untuk semua data ini sudah tersimpan di dalam hosting dan server. Penggunaan cloud storage ini juga tidak membutuhkan perangkat keras, karena hanya mengandalkan jaringan internet di saat akan mengaksesnya.

Saat ini banyak sekali media penyimpanan online yang tidak dipungut biaya sama sekali atau gratis. Maka dari itu, secara finansial sangat membantu Sobat maxcloud di dalam menghemat budget.

Cloud Storage adalah media penyimpanan yang sangat ramah lingkungan. Hal tersebut dikarenakan, tidak membutuhkan perangkat sehingga tidak akan meninggalkan limbah.

Meski sudah banyak yang menggunakan cloud storage, akan tetapi ada beberapa kalangan masyarakat ragu perihal tingkat keamanan. Untuk tingkat keamanan di saat Sobat maxcloud menggunakan penyimpanan cloud storage ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Demikian sekilas informasi mengenai apa itu cloud storage dan beberapa hal penting lainnya. Media berbasis online adalah pilihan yang paling tepat untuk digunakan, karena mudah, gratis dan memberikan banyak keuntungan lainnya. Akan tetapi, bagi Sobat maxcloud yang ingin mendapatkan layanan cloud storage dengan jumlah kapasitas besar ini harus menyiapkan dana lebih.

Leave a Reply