Aplikasi pemindaian malware tetap menjadi salah satu jenis aplikasi paling populer di perangkat Android. Ini digunakan di banyak smartphone di mana pengguna membutuhkan alat keselamatan agar semua data tetap aman. 

Dibawah ini ada beberapa rekomendasi aplikasi pemindaian malware yang bisa dipilih dan digunakan. Bagi Sobat maxcloud yang ingin menggunakan aplikasi tersebut, yuk simak penjelasan ini sampai dengan selesai. 

Apa Itu Malware? 

Malicious Software atau yang biasa disebut dengan malware merupakan jenis software atau aplikasi yang dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada aplikasi, komputer dan jaringan. Malware bisa mengubah file sistem atau membuat file baru yang bisa  mengakibatkan hal-hal berikut: 

  • Website iain lambat dan tidak responsif karena menggunakan resource paket hosting berlebihan.
  • Malware mengarahkan website (atau halaman website) ke website ilegal.
  • Menampilkan error pada website lainnya.
  • Mencuri informasi pribadi atau sensitif dari website. Contoh: password pengunjung. 

Rekomendasi Aplikasi Pemindaian Malware 

Ada 8 aplikasi pemindaian malware yang bisa Sobat maxcloud pilih dan gunakan, yaitu : 

1. McAfee Security

McAfee sudah mempunyai nama yang sangat bagus sebagai software antivirus di komputer. Saat ini, mereka juga tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android.

Untuk aplikasi ini memang cukup berat, yaitu berukuran 46 MB saat diunduh. Namun, layanan tambahan yang diberikan sangat lengkap, mulai dari anti pencurian dan isa melacak posisi HP, hingga menyediakan VPN. Selain itu, McAfee juga bisa mengunci dan menghapus data HP Sobat maxcloud dari jarak jauh untuk berjaga-jaga di saat  Sobat maxcloud kehilangan HP.

2. Avast Antivirus & Security

Avast Antivirus & Security merupakan salah satu perusahaan besar di dalam dunia teknologi yang berfokus pada sistem antivirus. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di Google Play Store.

Avast Antivirus & Security dikenal sebagai aplikasi pemindaian malware yang cukup enteng dan tidak banyak memakan daya baterai. Selain bisa mencegah virus, Avast juga mempunyai banyak fitur unggulan seperti anti pencurian, anti spyware atau adware, dan hide photos yang bisa menyembunyikan dokumentasi pribadi Sobat maxcloud.

3. Kaspersky

Kaspersky adalah nama besar lainnya dalam industri teknologi, khususnya antivirus.  Sama seperti pada aplikasi lainnya, Kaspersky juga mempunyai fitur anti pencurian.

Selain itu, aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 100 juta ini bisa  mengunci aplikasi lainnya dengan password. Sehingga, untuk privasi Sobat maxcloud akan lebih terjamin lagi.

4. Malwarebytes Mobile Security

Nama Malwarebytes Mobile Security ini memang tidak sebesar 3 aplikasi antivirus di atas.  Meski begitu, aplikasi ini juga menjadi salah satu pilihan favorit pengguna Android yang bisa dibuktikan dengan telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

UI dari aplikasi ini dikenal sangat simple dan mudah dimengerti, sehingga pemula bisa menggunakannya dengan mudah.  Keunggulan lainnya ada pada performanya yang dikabarkan bisa mendeteksi dan menghalau 4 juta ancaman yang ada di Android. Scan virus yang dilakukan oleh Malwarebytes Mobile Security ini  dikenal sangat cepat dan tetap akurat.

5. Norton 360 Antivirus & Security

Norton 360 mempunyai ukuran sebesar 48MB dan sudah diunduh sebanyak lebih dari 50 juta kali. Norton 360 dikenal sebagai aplikasi pemindaian malware yang bisa mendeteksi malware dengan sangat baik.

Selain itu, ada juga Fitur pencegahan sms phishing yang menjadi salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini.  Sobat maxcloud juga bisa melihat apakah aplikasi Sobat maxcloud yang lainnya cukup aman untuk digunakan melalui Norton 360. HP Android Sobat maxcloud juga bisa mendeteksi dan menghindari jaringan Wifi yang tidak aman di saat menggunakan aplikasi ini.

6. AVG AntiVirus & Security

Menghubungkan HP ke sembarang Wifi terkadang bisa membawa virus yang berbahaya bagi perangkat Sobat maxcloud. AVG AntiVirus & Security ini mempunyai keunggulan pada fitur pendeteksi virus di Wifi yang bisa membantu Sobat maxcloud untuk menghindari virus dari wifi tersebut.

Antivirus ini juga terus memantau aktivitas HP, terutama di saat pemindahan file dan menginstal aplikasi lainnya.  Jadi, AVG AntiVirus & Security bisa memberikan notifikasi peringatan ketika tiba-tiba ada kegiatan yang mencurigakan.

AVG AntiVirus & Security juga mempunyai fitur Turbo Scan yang dapat menghemat waktu Sobat maxcloud dalam memindai virus atau malware di HP Sobat maxcloud. Fitur ini bisa mempercepat pemindaian dengan mengabaikan beberapa file yang sudah dipindai dan tidak memiliki perubahan sama sekali

7. Bitdefender Mobile Security

Bitdefender Mobile Security sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dan mempunyai penilaian 4.8 dari 5 bintang. Bitdefender Mobile Security ini tidak memberikan banyak fitur seperti aplikasi antivirus lainnya.

Tapi, kinerja aplikasi ini dikenal sangat teliti dan cepat.  Bahkan, aplikasi ini langsung memantau aktifitas HP Sobat maxcloud sejak awal diunduh. Pengawasan ini bertujuan supaya bisa  dapat menghindari malware atau penyerang lainnya yang ingin memindahkan apapun tanpa persetujuan pemilik HP.

Selain itu, Bitdefender mempunyai satu lagi fitur unggulan yang disebut SafePay.  Fitur tersebut dapat mengenkripsi koneksi Sobat maxcloud di saat sedang melakukan transaksi secara online yang berisi data sensitif seperti kartu dan bank.

8. Avira 

Avira juga mempunyai nama besar di ‘dunia’ antivirus dan malware. Ini tumbuh dengan sangat cepat di beberapa waktu terakhir ini 

Aplikasi Avira sudah dilengkapi dengan banyak fitur  dasar seperti proteksi real-time , pemindaian kartu SD dan masih banyak yang lainnya lagi. Untuk fitur yang lebih dari dasar, Avira juga mempunyai dukungan anti-pencurian , pemindaian privasi dan daftar hitam . 

Kelebihan dari aplikasi ini adalah Ini jauh lebih ringan daripada beberapa aplikasi pemindaian malware sebelumnya. Avira juga mempunyai alat khusus bernama Advisor Stagefright yang sangat direkomendasikan untuk Sobat maxcloud gunakan. 

Itulah dia 8 rekomendasi pemindaian malware. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat, ya.