Di dalam sepuluh tahun belakangan ini penyimpanan awan atau yang sering disebut dengan cloud storage semakin dibutuhkan oleh para pengguna smartphone. Ini karena semakin kencangnya kecepatan internet dan kebutuhan untuk menyimpan beberapa berkas secara online dengan aman. Memang, media penyimpanan fisik masih tetap menjadi yang utama. Namun layanan cloud storage berbayar terbaik mempunyai punya banyak kelebihan untuk melakukan backup dan restore.

Di Android atau  iOS, terdapat beberapa pilihan layanan cloud storage yang digunakan oleh ratusan juta pengguna. Dan semua mempunyai keunggulannya masing-masing.

Artikel kali ini akan memberikan 6 rekomendasi layanan cloud storage berbayar terbaik untuk mencadangkan berkas seperti gambar, video, dokumen dan masih banyak lagi. Mari kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Cloud Storage?

Cloud Storage atau yang sering disebut sebagai penyimpanan awan merupakan sebuah layanan penyimpanan data secara online. Cloud Storage akan memberikan kemampuan kepada para pengguna untuk menyimpan, mengakses dan berbagi berkas pada berbagai perangkat hanya dengan menggunakan jaringan Internet.

Prinsip dasar dari Cloud Storage adalah data atau berkas tidak disimpan secara lokal di perangkat, melainkan disimpan oleh server jarak jauh yang dikelola oleh pihak penyedia layanan Cloud Storage. Di dalam konteks Cloud Storage, Cloud atau ‘awan’ mengacu pada infrastruktur jaringan Internet yang menghubungkan perangkat Cloud.

Layanan Cloud Storage Berbayar Terbaik

Berikut adalah beberapa layanan cloud storage berbayar terbaik yang bisa dipilih dan digunakan :

1. Google Drive

Google Drive masih menjadi pilihan utama pada layanan cloud storage saat ini. Dengan lebih dari satu miliar pengguna, Google Drive sudah terintegrasi dengan beberapa layanan Google lainnya seperti Docs, Slide dan Spreadsheet.

Untuk layanan kali ini sudah mendukung lebih dari 100 ekstensi berkas berbeda dengan penataan folder yang sangat rapi. Google Drive akan memberikan kapasitas gratis hingga 15 GB dan selebihnya Sobat maxcloud harus membayar langganan paket termurah sebesar Rp26.900,00 per bulan untuk mendapatkan kapasitas 100GB.

2. Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive sangat direkomendasikan untuk Sobat maxcloud yang sudah terbiasa dengan ekosistem Microsoft, seperti sistem operasi Windows, dan Microsoft Office. Kapasitas penyimpanan gratisnya lebih kecil daripada Google Drive, yaitu 5GB.

Untuk bisa upgrade ke 100GB, And harus berlangganan Microsoft 365 Basic dengan harga Rp31.999 per bulan. Dengan berlangganan, Sobat maxcloud bisa menikmati berbagai macam fitur mendasar dari Microsoft 365, termasuk Office versi web.

3. Dropbox

Dropbox sudah dikenal sebagai penyedia layanan cloud storage yang simpel dan mudah digunakan oleh siapa saja. Menariknya, Dropbox bisa mengunggah langsung hasil foto dan video dari kamera smartphone secara otomatis, sehingga Sobat maxcloud bisa menghemat penyimpanan internal di HP.

Dengan Dropbox, Sobat maxcloud bisa berbagi berkas dengan orang lain dengan cepat, meski orang tersebut tidak mempunyai akun Dropbox. Kekurangannya, Dropbox hanya memberikan ruang penyimpanan gratis sebanyak 2GB. Paket termurahnya adalah Dropbox Plus dengan biaya USD9,99 atau sekitar Rp150.000,00 per bulan, yang memberikan ruang penyimpanan tambahan sebesar 2TB.

4. pCloud

Layanan penyimpanan awan pCloud bisa menjadi pilihan alternatif untuk mencadangkan beberapa berkas yang ada di HP. Untuk layanan cloud storage kali ini Sobat maxcloud akan diberi kapasitas penyimpanan gratis sampai dengan  10GB.

Sedangkan untuk harga paket Premium 500GB, Sobat maxcloud harus membayar USD49,99 atau sekitar Rp770.000,00 per tahun. Lalu, ada juga paket Premium Lifetime 500GB dengan biaya Rp3.100.000,00 sekali bayar. Fitur lain yang dimiliki oleh pCloud adalah pemutar musik built-in, akses berkas secara luring, backup otomatis dan masih banyak lainnya lagi.

5. Yandex Disk

Yandex Disk merupakan layanan cloud storage yang memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 5GB. Selain itu, Yandex Disk bisa melakukan backup secara otomatis tanpa harus mengunggah berkas satu per satu secara manual.

Keunggulan dari Yandex Disk adalah fitur pencarian pintar. Fitur ini akan memungkinkan Sobat maxcloud bisa mencari berkas dengan mengetikan kata kunci, lalu akan keluar hasil lebih akurat. Yandex Disk menawarkan paket Premium dengan biaya mulai dari USD4,99 atau sekitar Rp75.000,00 per bulan dengan kapasitas penyimpanan 1TB.

6. TeraBox

TeraBox adalah layanan cloud storage berbayar terbaik yang masih terhitung baru. Di dalam deskripsi layanan TeraBox di Google Play Store, layanan ini memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 1TB secara gratis.

Ini merupakan ruang penyimpanan yang paling besar untuk paket gratis. Untuk fitur, TeraBox juga tidak jauh berbeda dengan beberapa layanan cloud storage lainnya.

Layanan TeraBox akan menawarkan fitur premium dengan memperbesar penyimpanan hingga 2TB dan sejumlah fitur lainnya. Adapun harga paketnya adalah Rp59.000,00 per bulan. Namun, 1TB gratis rasanya sudah cukup jika hanya untuk mencadangkan beberapa berkas di HP.

Keuntungan Menggunakan Layanan Cloud Storage Berbayar

Salah satu keuntungan dari layanan Cloud Storage berbayar adalah kemampuan di dalam mengakses data dari berbagai perangkat dan lokasi. Sobat maxcloud bisa mengambil atau menyimpan berkas dengan mudah, baik itu dokumen, foto atau video, asalkan Sobat maxcloud mempunyai koneksi Internet.

Hal ini sangat berguna  dalam situasi di mana Sobat maxcloud harus mengakses informasi penting ketika bepergian atau berada di tempat lain yang berbeda dari perangkat yang biasa Sobat maxcloud gunakan. Dengan layanan cloud storage, Sobat maxcloud tidak perlu menginvestasikan banyak uang di dalam perangkat penyimpanan fisik yang mahal.

Penyedia layanan cloud storage seringkali memberikan penawaran kapasitas penyimpanan berbayar dengan harga terjangkau. Bahkan, Sobat maxcloud juga bisa  menyesuaikan kebutuhan penyimpanan sesuai dengan kebutuhan sehingga pembayarannya bisa disesuaikan.

Pastikan Sobat maxcloud memilih layanan cloud storage berbayar terbaik untuk kebutuhan sehari-hari karena lebih aman, terpercaya dan mudah digunakan. Untuk kebutuhan personal, sebetulnya paket gratis sudah mencukupi. Bagaimana menurut Sobat maxcloud? Semoga informasi di atas bisa membantu, ya.