Pemanfaatan media sosial saat ini tidak hanya sebatas untuk media komunikasi. Banyak bisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai ajang untuk mempromosikan atau memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas. Mereka berlomba di dalam menyusun strategi pemasaran media sosial yang tepat untuk membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan.
Setelah brand awareness terbangun, maka akan tercipta kepercayaan pasar terhadap brand yang Sobat maxcloud tawarkan. Hal ini juga akan meningkatkan konversi promosi ke penjualan.
Lalu strategi pemasaran media sosial seperti apa yang cocok diterapkan untuk bisnis Sobat maxcloud? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.
Apa Itu Strategi Pemasaran Media Sosial
Strategi pemasaran media sosial merupakan kumpulan rencana yang berisikan target KPI marketing ingin Sobat maxcloud capai di media sosial. Strategi ini akan menjadi panduan atas semua aktivitas pemasaran yang akan Sobat maxcloud lakukan, termasuk untuk mengukur apakah marketing Sobat maxcloud sudah berhasil atau belum.
Semakin spesifik strategi pemasaran media sosial yang dibuat, maka semakin efektif juga eksekusi yang bisa Sobat maxcloud lakukan. Misalnya meliputi platform media sosial (Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya) apa saja yang Sobat maxcloud gunakan untuk aktivitas promosi.
Sertakan juga beberapa konten yang akan Sobat maxcloud gunakan misalnya dalam bentuk gambar, infografik atau video. Pastikan juga konten yang dipasarkan melalui media sosial ini berhubungan dengan produk yang akan dijual.
Strategi Pemasaran Media Sosial
Strategi pemasaran media sosial sangat penting bagi Sobat maxcloud yang ingin menjalankan digital marketing. Tanpa strategi media sosial, maka aktivitas digital marketing Sobat maxcloud tidak akan mendapatkan hasil optimal. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai strategi pemasaran media sosial yang bisa diterapkan pada bisnis Sobat maxcloud :
1. Melakukan Riset Sederhana
Sebelum serius menyusun strategi pemasaran sosial media, penting bagi Sobat maxcloud untuk mengenal beberapa macam platform media. Apabila Sobat maxcloud sudah menggunakan sosial media untuk melakukan pemasaran produk, maka lakukan analisis sederhana.
Misalnya analisis karakteristik demografis audiens, lokasi, jenis konten apa yang sudah berfungsi dan lain sebagainya. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan kompetitor di media sosial. Dengan hal ini, maka Sobat maxcloud dipermudah dalam menyusun strategi media sosial yang efektif.
2. Menentukan Target KPI yang Jelas
Strategi pemasaran media sosial harus mempunyai target yang ingin dicapai. Apakah untuk membangun brand awareness, mendatangkan prospek, support service atau meningkatkan penjualan?
Untuk mempermudah di dalam mengukur pencapaian target, Sobat maxcloud bisa memberikan angka dan kerangka waktu untuk setiap matriks atau (Key Performance Indicator). Coba untuk mengadopsi filosofi SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) untuk menentukan tujuan dan metrik Sobat maxcloud.
3. Fokus dan Target
Luasnya jangkauan pasar digital marketing melalui sosial media ini tidak sepenuhnya memberikan Sobat maxcloud kebebasan. Tetap fokus untuk menarik target pasar dan pelajari persona mereka melalui beberapa aktivitasnya di media sosial atau dari preferensi konten, demografis, karakteristik psikografis dan lainnya. Hal ini akan mempermudah Sobat maxcloud untuk membuat konten digital marketing yang tepat untuk mereka.
4. Membuat Konten Marketing
Sosial media berperan penting untuk mendistribusikan konten marketing yang Sobat maxcloud buat ke hadapan penggunanya. Untuk menarik prospek, Sobat maxcloud harus membuat konten yang bisa menghibur, mengedukasi, melibatkan dan membujuk target pasar Sobat maxcloud.
Pahami juga Algoritma sosial media yang Sobat maxcloud gunakan untuk memperluas jangkauan. Misalnya konten video mempunyai jangkauan lebih baik di Instagram dibandingkan dengan teks, tautan atau posting gambar.
Selain itu, Sobat maxcloud juga bisa mengirimkan konten marketing dengan WhatsApp blast untuk menjangkau pelanggan potensial Sobat maxcloud secara mudah dengan hanya satu klik saja. Sangat mudah, kan?
5. Menjalin Komunikasi Secara Personal
Menjalin komunikasi ini sangat penting untuk kesuksesan sebuah strategi pemasaran. Coba kirimkan direct message, tweet atau wall post secara personal ke prospek agar mereka lebih mengenal produk Sobat maxcloud. Cara ini sangat efektif untuk membuat prospek dihargai dan sebagian dari mereka akan membagikannya kepada kolega lainnya.
6. Memanfaatkan Iklan Berbayar
Sebagian platform media sosial seperti Instagram ini menyediakan iklan secara berbayar. Tujuannya adalah untuk memperluas jangkauan dan secara langsung bisa menghasilkan penjualan melalui berbagai jenis iklan. Hal yang harus Sobat maxcloud lakukan adalah menentukan anggaran, target pasar yang dituju, sasaran kampanye, format iklan dan strategi penawaran.
7. Menggabungkan Banyak Platform Media Sosial
Melakukan pemasaran hanya di satu platform sosial media ini tidak akan optimal. Namun kebanyakan platform sosial media uga akan membuat Sobat maxcloud kerepotan. Maka dari itu, Sobat maxcloud harus menggabungkan sosial media yang digunakan dalam satu platform.
8. Memantau dan Evaluasi
Terakhir bagian terpenting di strategi pemasaran sosial media adalah memantau apakah marketing yang Sobat maxcloud terapkan berjalan sesuai dengan rencana. Hal ini bisa Sobat maxcloud ukur dari pencapain apa saja yang sudah bisnis Sobat maxcloud raih di dalam periode tertentu. Setelah itu, analisis dan evaluasi poin mana saja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan.
Contoh Strategi Pemasaran Media Sosial
Salah satu contoh sukses dari strategi pemasaran media sosial adalah kampanye “Share a Coke” oleh Coca-Cola. Dengan mencetak nama – nama pelanggan di produk, maka mereka mendorong interaksi dan berbagi pengalaman di media sosial. Kampanye ini tidak hanya sekedar bisa meningkatkan kesadaran merek, tapi juga mendorong keterlibatan pelanggan.
Sekian penjelasan mengenai strategi pemasaran media sosial. Semoga informasi di atas bisa membantu dan bermanfaat, ya.