Menjadi seorang mahasiswa pasti mempunyai banyak kesibukan. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk membuka bisnis kecil-kecilan.

Selain bisa menambah dan mengembangkan keterampilan, membuka bisnis sejak kuliah juga bisa  menambah penghasilan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau membiayai kuliah sendiri. Bisnis yang dilakukan mahasiswa juga tidak perlu dimulai dengan modal besar.

Di era teknologi dan digital seperti sekaran, semakin banyak peluang dan ide usaha kreatif untuk mahasiswa yang bisa dijalankan. Menjalankan bisnis juga bisa dilakukan ketika sudah di semester akhir, karena waktu berkuliah sudah senggang.

Ide Usaha Kreatif untuk Mahasiswa

Berikut adalah beberapa ide usaha kreatif untuk mahasiswa beserta perkiraan modal yang mungkin dikeluarkan :

1. Menjual Produk Handmade

Produk buatan tangan atau yang sering disebut dengan do-it-yourself (DIY) ini mengandalkan kreativitas sendiri dan mempunyai banyak peminat. Misalnya membuat tas, baju, casing handphone handmade atau aksesoris lainnya.

Usaha seperti ini selain bisa mengisi waktu juga bisa menyalurkan kreativitas dan menghasilkan pendapatan tambahan untuk jajan. Untuk memulai usaha ini, modal yang dikeluarkan bisa mulai dengan hanya ratusan ribu rupiah saja.

Jual barang yang unik dan sesuai kebutuhan pasar, ya. Dengan bantuan teknologi, maka barang yang dibuat juga bisa dipasarkan di e-commerce, di media sosial atau platform lainnya.

2. Menjual Aksesoris K-Pop

Tak bisa dipungkiri, bahwa anak muda saat sekarang banyak yang menjadi penggemar artis korea atau K-Pop. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis dengan menjual pernak-pernik khas dari artis idola banyak orang.

Usaha kali ini bisa dimulai dengan modal ratusan ribu rupiah, dengan cara mencetak sendiri dan menjual stiker, gantungan kunci, pin, kaos atau photo card idola. Dan apabila bisa dikembangkan, maka aksesoris yang dijual bisa diganti menjadi aksesoris resmi dengan harga yang lebih bersaing dan semakin besar peluang untuk mendulang cuan.

Untuk usaha kali ini juga bisa dipasarkan di beberapa media sosial. Sehingga, untuk pembelinya tidak hanya dari kalangan teman-teman di kampus tapi juga bisa dari pembeli umum.

3. Bisnis Cemilan atau Makanan Ringan

Usaha camilan selalu menarik perhatian, apalagi jika makanan yang dijual unik atau sedang ngetren. Cemilan mempunyai lebih banyak peminat, karena harganya yang bersahabat dengan kantong mahasiswa dan bisa dimakan di mana dan kapan saja.

Beberapa ide bisnis camilan yang bisa dilakukan adalah menjual kue, roti, keripik pedas, cokelat, puding silky, corn dog dan onigiri. Untuk bisa membuka usaha, Sobat maxcloud juga tidak perlu banyak biaya dan bisa mulai dari Rp200.000,00 – Rp2.000.000,00. Manfaatkan berjualan di kampus dan bisa juga melakukan pemasaran melalui media sosial.

4. Menjadi Penerjemah

Bagi mahasiswa jurusan bahasa atau mempunyai kemampuan bahasa asing yang baik, maka bisa memanfaatkan kemampuannya untuk mendulang cuan dengan menjadi penerjemah bahasa asing. Ide usaha kreatif untuk mahasiswa ini bisa dimulai tanpa modal dan hanya butuh internet, laptop serta printer.

Untuk mahasiswa tingkat akhir bisa menjadi target pasar utama, karena biasanya membutuhkan penerjemah l jurnal atau karya ilmiah dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris atau sebaliknya. Sangat menarik, bukan?

5. Usaha Jasa Desain Grafis

Bagi mahasiswa jurusan desain grafis, bisa membuka bisnis jasa desain grafis untuk membuat brosur, logo, poster atau banner kepada klien yang potensial. Jasa bisa ditawarkan terlebih dahulu kepada teman yang juga ingin membuka bisnis dan membutuhkan logo.

Dengan membangun karya desain, maka bisnis ini juga bisa menjadi ajang untuk mengasah kemampuan desain sehingga lebih baik lagi. Karya-karya yang sudah dibuat juga bisa dijadikan sebagai portofolio untuk mencari peluang kerja atau klien yang lebih besar setelahnya.

Bisnis ini bisa dilakukan nyaris tanpa modal sepeserpun. Namun, Sobat maxcloud juga bisa menggunakan aplikasi berbayar mulai dari puluhan hingga ratusan ribu untuk bisa mengakses peralatan desain yang lebih lengkap.

6. Bisnis Jasa Fotografi dan Videografi

Tak berbeda jauh dengan menjadi desain grafis, fotografer dan videografer juga menjual karya yang telah dimiliki. Bagi mahasiswa yang mempunyai hobi foto dan video, maka bisa memanfaatkan hobi ini menjadi peluang mendapatkan tambahan pundi-pundi rupiah.

Jasa foto dan video bisa ditawarkan kepada mereka yang ingin membuka bisnis makanan atau pakaian untuk katalog foto produk atau ditawarkan kepada yang ingin menggelar acara, bisnis atau yang ingin melakukan foto pre-wedding dengan harga miring.  Bisnis ini bisa dimulai dengan modal ratusan ribu untuk membeli beberapa aplikasi editing, sampai jutaan rupiah untuk upgrade kamera yang digunakan.

7. Berjualan Pulsa atau Paket Data Internet

Usaha berjualan pulsa dan paket data internet ini cukup fleksibel bagi mahasiswa dan bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Selain itu, usaha ini bisa dijalankan nyaris tanpa modal atau hanya membutuhkan modal kecil dengan potensi keuntungan yang lumayan.

Mahasiswa bisa memanfaatkan marketplace atau e-commerce untuk membelikan pulsa atau paket data. Berikutnya, memanfaatkan voucher diskon atau cashback yang ada untuk mendapat keuntungan tambahan.

8. Bisnis Online atau Dropshipper

Belanja online kini diminati oleh siapa saja, karena tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk mencari barang ke pasar, toko dan bisa dibeli di mana saja.  Hal ini bisa menjadi peluang dan dimanfaatkan oleh mahasiswa yang mempunyai waktu luang.

Caranya juga tidak rumit. Bahkan, untuk pemasaran produk bisa dilakukan menggunakan beberapa sosial media dan marketplace.Untuk membuka usaha ini, Sobat maxcloud tidak perlu modal besar karena bisa dimulai dengan hanya menjadi reseller atau dropshipper sehingga tidak perlu gudang untuk stok barang.

Itulah dia 8 ide usaha kreatif untuk mahasiswa. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat, ya.