Dropshipper merupakan orang yang menghubungkan di penjual dan pembeli dalam bisnis jual beli produk, alias dropship. Bisnis dropship ini banyak diminati oleh mereka yang ingin memulai bisnis online dengan modal kecil. 

Kenapa bisa begitu, ya? Apakah Sobat maxcloud penasaran dan ingin menjadi seorang dropshipper yang sukses juga? Tenang, di artikel kali ini akan mengenai cara memulai bisnis dropshipping dengan mudah. Jadi, simak terus sampai dengan akhir, ya. 

Apa Itu Dropshipper? 

Dropshipper adalah orang yang menghubungkan pembeli dengan pemasok atau supplier. Nah, dropshipping merupakan kegiatan bisnis berjualan produk tanpa harus mempunyai produk apapun. Maksudnya gimana,ya? 

Jadi, Dropshipper adalah orang yang sudah bekerja sama dengan supplier untuk menjual beberapa produk mereka kepada konsumen. Supaya lebih paham, coba simak beberapa cara memulai bisnis dropship berikut ini: 

  • Dropshipper bisa membangun toko online dan memajang produk yang dijual.
  • Pembeli tertarik untuk membeli barang tersebut dan melakukan pembayaran ke Dropshipper (misalnya Rp 50.000,00).
  • Dropshipper meneruskan pesanan pembeli ke supplier beserta informasi alamat konsumen dan melakukan pembayaran (Rp 45.000,00).
  • Supplier akan mengirimkan pesanan ke alamat pembeli atas nama Dropshipper nya.

Jadi begitu ya, alasan kenapa Dropshipper tidak perlu beli produk yang akan dijual karena memang bertugas sebagai penghubung. Dengan hal tersebut, maka  bisnis ini diminati oleh banyak orang dan bisa jadi bisnis sampingan yang oke juga kalau Sobat maxcloud punya pekerjaan utama. 

Cara Kerja Dropshipping 

Pada bisnis dropshipping, Sobat maxcloud hanya perlu mendaftar ke pihak supplier dan membayar biaya administrasi. Selebihnya, Sobat maxcloud cukup mengeluarkan dana untuk melakukan pemasaran produk melalui website atau platform e commerce lainnya. Jika diurutkan, cara kerja dropship adalah : 

  • Sobat maxcloud bisa memasang beberapa produk dari supplier yang siap dijual.
  • Calon konsumen yang tertarik, maka akan bertransaksi untuk membeli produk
  • Setiap kali ada pembayaran dari pembeli, Sobat maxcloud bisa langsung menghubungi pemasok barang yang bekerjasama dengan Sobat maxcloud
  • Supplier akan menyiapkan produk, mengemas dan mengirimkan pesanan ke pembeli tersebut. 

Cara Memulai Bisnis Dropshipping 

Ada 5 cara memulai bisnis dropshipping, yaitu : 

1. Menentukan Jenis Produk yang Ingin Dijual 

Pertama, Sobat maxcloud harus memikirkan produk apa yang ingin di jual? Untuk menentukan ini, Sobat maxcloud bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan mencari tahu informasi berikut : 

  • Produk apa yang banyak dibutuhkan orang atau sedang ngetrend
  • Melakukan riset keyword terkait niche jualan untuk mengetahui produk apa yang banyak dicari di niche tersebut.
  • Mencari tahu apakah produk yang Sobat maxcloud jual bisa mendatangkan keuntungan yang sesuai atau tidak.
  • Menemukan produk dengan ongkos kirim yang rendah. Memang bukan urusan Sobat maxcloud, tapi produk dengan ongkos kirim yang mahal bisa membuat konsumen berpikir untuk membelinya. 

2. Analisis Kompetitor 

Orang yang menjalankan bisnis dropship tentu bukan Sobat maxcloud sendiri, ada banyak kompetitor di luar sana dengan niche yang sama. Maka dari itu, gunakan prinsip bisnis amati, tiru dan modifikasi di saat menganalisa kompetitor. 

Amati bagaimana kompetitor memasarkan produk mereka, konten apa saja yang mereka gunakan, bagaimana cara mereka menjangkau target pasar, seperti apa website jualan mereka, dan hal lainnya. Setelah itu, tiru beberapa hal baik yang bisa Sobat maxcloud ikuti tapi jangan ditiru plek-ketiplek, ya. Sobat maxcloud juga bisa menambahkan sedikit atau banyak modifikasi dari hasil pengamatan tersebut. 

3. Memilih Supplier yang Tepat dan Terpercaya 

Salah satu faktor penting di dalam menjalankan bisnis dropship adalah memilih supplier yang tepat dan terpercaya. Ada beberapa hal yang bisa Sobat maxcloud cek dari supplier adalah: 

  • Sudah berapa supplier tersebut lama beroperasi
  • Harga barang, sistem pembayaran, sistem refund dan pengiriman
  • Berapa banyak produk yang berhasil terjual.
  • Berapa banyak pengikutnya
  • Memperhatikan review konsumen
  • Bandingkan foto produk di toko dengan yang diterima konsumen

Sekarang, Sobat maxcloud juga sudah banyak perusahaan atau bisnis yang menjembatani para Dropshipper dan supplier. Jadi di dalam sebuah website, Sobat maxcloud bisa mendaftar sebagai Dropshipper dan memilih supplier yang sudah bekerja sama dengan bisnis tersebut. Biasanya mereka juga menyediakan website, aplikasi atau toko online gratis yang bisa Sobat maxcloud gunakan. 

4. Membuat Toko Online Sendiri 

Setelah tahu mau jualan apa dan mendapatkan supplier, berikutnya adalah membangun toko online. Toko ini nantinya akan berisi beberapa foto produk yang Sobat maxcloud jual. Sama seperti toko penjual pada umumnya. 

Sobat maxcloud juga bisa membuat website jualan yang mudah dinavigasi oleh konsumen. Jangan lupa untuk menambahkan produk beserta deskripsi lengkapnya seperti ukuran, harga, bahan, warna dan lainnya. Apabila Sobat maxcloud tidak nggak bisa membangun website sendiri, maka bisa menggunakan jasa orang lain untuk membuatkan website yang sesuai kebutuhan jualan. 

5. Mengatur Sistem Pembayaran 

Selanjutnya adalah mengatur sistem pembayaran yang aman dan mudah bagi para pengguna. Sobat maxcloud bisa menerapkan payment gateway di toko online dan bisa juga bisa membuka toko online di beberapa e-commerce yang sudah mempunyai metode pembayaran yang sudah teruji aman dan bisa digunakan oleh banyak orang. Tapi, biasanya membangun toko di e-commerce akan dikenakan biaya admin. 

6. Mempromosikan Produk Jualan 

Setelah semuanya siap, maka langkah berikutnya adalah mempromosikan produk jualan Sobat maxcloud supaya bisa mendapatkan pembeli. Bahkan, Sobat maxcloud juga bisa mempromosikan produk melalui berbagai platform yang relevan dengan target audiens seperti Instagram, TikTok, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya. Sobat maxcloud juga bisa memasang iklan di berbagai media sosial.

Itulah dia penjelasan lengkap dan jelas mengenai cara memulai bisnis dropshipping. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat, ya.