Banyak contoh bisnis anak muda sukses yang menguntungkan jika bisa direalisasikan. Melihat kondisi saat ini, semakin banyak anak muda yang berminat untuk membuka sebuah bisnis dibandingkan harus bekerja di satu perusahaan seumur hidup. 

Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi digital yang memudahkan para pengusaha baru untuk memperkenalkan produk mereka, sehingga kesempatan untuk sukses terbuka lebih lebar.  Kira-kira apa saja contoh bisnis anak muda sukses yang cocok dipilih? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Contoh Bisnis Anak Muda Sukses 

Berikut adalah contoh bisnis anak muda sukses yang mungkin cocok dijadikan bahan referensi : 

1. Dropshipper 

Dropshipper merupakan salah satu contoh bisnis anak muda yang sedang trend saat ini berkat maraknya jual beli online. Sobat maxcloud hanya bertugas untuk melakukan promosi serta menjualkan barang saja. Sedangkan, untuk stok dan pengiriman menjadi tanggung jawab dari pihak supplier. 

Biasanya, harga untuk dropship ini akan lebih murah dibandingkan dengan harga yang dikhususkan untuk pembeli biasa. Menjadi dropshipper sangat mudah, karena hampir tidak membutuhkan modal barang atau alat. Namun supaya bisa lebih sukses, Sobat maxcloud harus mengerti sistem dan belajar strategi dropship yang tepat. 

2. Jasa Perawatan dan Penitipan Hewan Peliharaan 

Mempunyai hewan peliharaan seperti kucing atau anjing ini menjadi salah satu self healing yang efektif di kalangan anak muda. Pemilik juga tidak akan ragu untuk mengeluarkan biaya yang besar untuk makanan dan perawatan si hewan peliharaan.

Selain perawatan, Sobat maxcloud juga bisa sekaligus membuka jasa penitipan. Dimana para pemilik bisa menitipkan hewan peliharaannya untuk sementara waktu. Bisnis ini cukup menjanjikan untuk dicoba, karena Sobat maxcloud bisa memulainya dengan modal yang kecil dari rumah sendiri. 

3. Coffee Shop 

Jika Sobat maxcloud mempunyai modal besar, maka membuka sebuah coffee shop kekinian yang dijadikan sebagai tempat nongkrong ini bisa dicoba. Coffee shop belakangan ini menjadi bisnis yang populer berkat meningkatnya budaya minum kopi di kalangan anak muda. 

Namun ada hal yang harus dipertimbangkan dari bisnis coffee shop, yaitu jenis bisnis yang sudah menjamur. Sehingga, untuk persaingannya juga sangat ketat. Sobat maxcloud harus mempertimbangkan perihal lokasi dan target konsumen supaya kesempatan sukses lebih besar. 

4. Influencer 

Influencer merupakan profesi yang lahir seiring dengan berkembang pesatnya penggunaan sosial media di tengah masyarakat. Belakangan ada banyak anak muda yang menjadi influencer sebagai sebuah profesi yang mereka diimpikan di saat beranjak dewasa. 

Hanya saja, untuk menjadi seorang influencer Sobat maxcloud harus mempunyai banyak follower di salah satu atau berbagai platform sosial media. Profesi ini bisa jadi sangat menguntungkan di saat Sobat maxcloud mulai dilirik oleh pihak lain untuk mempromosikan sebuah produk miliknya. 

5. Content Creator 

Contoh bisnis anak muda sukses Ide berikutnya adalah menjadi seorang pembuat konten atau content creator. Peluang bisnis kali ini berkembang pesat dengan masifnya penggunaan sosial media di tengah kalangan masyarakat belakangan ini.

Bisnis content creator saat ini terbilang sangat menjanjikan. Jasa mereka dibutuhkan oleh berbagai perusahaan untuk promosi produk miliknya, sehingga Sobat maxcloud tidak perlu khawatir akan sepi job. 

6. Jasa Fotografi 

Smartphone memang mempermudah di dalam mengambil foto, tapi tidak semua orang bisa mengambil foto yang mempunyai nilai estetika. Maka dari itu, jasa fotografi merupakan pilihan ide bisnis yang bagus dan sampai sekarang masih terus dibutuhkan. 

Jasa fotografi biasanya dibutuhkan untuk mengabadikan beberapa momen spesial seperti wisuda, prewedding dan pernikahan. Selain itu, jasa seorang fotografer profesional juga dibutuhkan oleh berbagai perusahaan untuk materi promosi. 

7. Laundry 

Laundry menjadi salah satu bisnis yang layak diperhitungkan dan menjanjikan dari segi pendapatannya. Terutama, di saat Sobat maxcloud tinggal di kota besar dan di mana banyak mahasiswa maupun karyawan yang cenderung jarang mencuci pakaian sendiri. 

Untuk memulai usaha ini, Sobat maxcloud membutuhkan modal yang cukup besar di dalam menggunakan peralatan seperti mesin cuci, timbangan dan lain sebagainya. Akan tetapi, Sobat maxcloud juga bisa mulai dengan modal yang kecil yaitu dengan menawarkan jasa laundry untuk tetangga sekitar. 

8. Bisnis Kuliner yang Unik 

Memilih bisnis kuliner memang tidak ada matinya, tapi akan sulit bersaing di saat Sobat maxcloud menjual produk yang biasa-biasa saja. Maka dari itu, Sobat maxcloud harus menciptakan produk makanan yang unik supaya bisa bersaing di pasaran. 

Selain membuat kuliner yang enak-enak, Sobat maxcloud bisa menjual produk kuliner yang menyasar segmen pasar tertentu. Misalnya, Sobat maxcloud bisa saja menjual makanan sehat khusus untuk diet atau khusus vegan yang mempunyai segmen pasarnya tersendiri. 

9. Menjual Produk DIY 

Produk Do It Yourself (DIY) adalah produk kerajinan tangan yang bisa Sobat maxcloud buat sendiri di rumah. Ada banyak sekali jenis produk DIY yang bisa Sobat maxcloud jual, mulai dari barang – barang hasil rajutan tangan hingga lukisan. 

Sobat maxcloud juga bisa menawarkan produk DIY dan diunggah ke berbagai platform media sosial manapun. Bahkan, Sobat maxcloud juga bisa memilih untuk menjual produk DIY yang sudah dibuat dengan sistem pre-order atau batch. 

10. Bergabung dalam Program Afiliasi 

Tahukah Sobat maxcloud bahwa saat ini banyak e-commerce yang membuka program afiliasi? Pada dasarnya Sobat maxcloud akan menjualkan beberapa produk marketplace dengan cara memberikan rekomendasi di sosial media dan membagikan tautan tersebut untuk pembelian. 

Menariknya, menjadi afiliasi tidak mempunyai syarat seperti jumlah follower seperti influencer. Dengan kata lain, Sobat maxcloud bisa membuat rekomendasi produk sendiri dengan memanfaatkan media sosial dan jaringan yang dimiliki. 

Itulah dia 10 contoh bisnis anak muda sukses. Semoga informasi di atas bisa membantu dan bermanfaat.