Laptop kerja cepat panas sering menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh karyawan. Selain itu, laptop yang panas akan memberikan pengaruh terhadap performa dari laptop secara keseluruhan dan biasanya kinerja laptop akan melambat.

Permasalahan lain yang sering menyertai masalah laptop cepat panas adalah suara bising atau kencang dari komponen kipas (fan) laptop. Hal ini biasanya dikarenakan kipas laptop bekerja secara keras untuk berusaha mendinginkan laptop yang digunakan.

Beberapa masalah tersebut seringkali menghambat kerja karyawan dan berujung pada kinerja yang tidak produktif. Lalu, kenapa laptop cepat?  Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kenapa Laptop Cepat Panas?

Perawatan serta penggunaan laptop menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan laptop. Kondisi laptop cepat panas menjadi salah satu kendala saat beraktivitas menggunakan laptop, terutama saat bekerja di kantor.

Selain mempengaruhi performa, jika dibiarkan secara terus menerus bisa menyebabkan usia pakai laptop yang menjadi lebih pendek dan cepat rusak. Akibatnya perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk mengganti unit laptop.  Ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop cepat panas dan berikut penjelasan selengkapnya :

1. Jarang Dibersihkan

Laptop yang jarang dibersihkan ini menjadi salah satu penyebab utama kenapa laptop cepat panas. Hal ini dikarenakan debu – debu akan menempel dan menumpuk, bahkan tidak jarang akan menutupi bagian lubang ventilasi laptop, sehingga hawa panas tidak bisa keluar.

Salah satu kendala yang sering terjadi di kantor dan perusahaan adalah kurangnya perawatan secara rutin yang dilakukan terhadap unit kerja milik karyawan. Hal ini sering membuat keluhan laptop cepat panas seringkali terjadi.

2. Kipas Laptop Tidak Berfungsi

Kipas laptop yang tidak berfungsi juga bisa menyebabkan laptop menjadi panas. Hal ini dikarenakan kipas tidak bisa bekerja optimal untuk mendinginkan laptop.

Salah satu contoh permasalahan yang sering dialami adalah terlalu banyak debu atau kotoran yang menempel pada bagian baling – baling kipas, sehingga proses pendinginan tidak optimal. Dengan hal tersebut, maka kipas laptop tidak bisa berfungsi dan salah satunya disebabkan masalah atau kerusakan seperti putusnya kabel kipas.

3. Thermal Paste Kering

Thermal paste adalah pasta atau gel yang biasanya dioleskan pada bagian permukaan processor atau heatsink yang berfungsi supaya panas pada laptop bisa tersebar dengan lebih baik. Hal ini bisa membantu di dalam menjaga agar laptop tetap dingin dan berfungsi optimal.

Thermal paste di laptop yang sudah lama digunakan ini bisa mengalami kering. Sehingga, Sobat maxcloud harus mengoles thermal paste yang baru.

4. Posisi Peletakan Laptop yang Salah

Posisi laptop yang salah saat bekerja juga bisa menjadi penyebab kenapa laptop cepat panas.  Umumnya hal ini terjadi apabila bagian lubang pembuangan atau ventilasi hawa panas pada laptop tertutup, sehingga aliran udara panas pada laptop akan terhambat dan tidak bisa keluar.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari kenapa laptop cepat panas, Sobat maxcloud harus paham dengan cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara mengatasi laptop cepat panas yang harus dilakukan :

1. Menggunakan Kipas Eksternal

Salah satu cara mengatasi laptop panas yang paling sering digunakan adalah menggunakan kipas eksternal atau sering disebut dengan cooling pad. Cooling pad ini akan membantu di dalam mendinginkan mesin dari luar laptop.

2. Membersihkan Ventilasi Secara Teratur

Sesuai dengan penjelasan di atas, salah satu penyebab dari laptop panas adalah ventilasi kotor atau tersumbat. Apabila laptop yang Sobat maxcloud gunakan mengalami hal ini, maka harus rajin membersihkan ventilasi laptop.

3. Meletakkan Laptop di Tempat yang Benar

Jangan membiasakan meletakkan laptop di tempat yang terbuat dari kain atau tempat empuk lainnya, seperti bantal hingga kasur. Ini akan membuat sirkulasi udara di laptop terhambat dan membuatnya cepat panas. Sebaliknya, gunakan meja maupun permukaan datar lainnya ketika menggunakan laptop.

4. Menggunakan Penyangga Laptop

Menggunakan penyangga laptop sangat efektif untuk mencegah laptop Sobat maxcloud yang mudah panas. Penyangga laptop juga akan membantu postur duduk Sobat maxcloud ketika menggunakan laptop menjadi lebih baik, sehingga tidak mudah pegal.

5. Memperhatikan Aplikasi dan Software dengan Baik

Seperti halnya dengan handphone, Sobat maxcloud tentu menyimpan dan menginstal beberapa software maupun aplikasi di laptop. Perhatikan juga kondisi di setiap software tersebut.

Pastikan untuk menonaktifkan mode buka otomatis di setiap aplikasi untuk mencegah loading aplikasi. Apabila terjadi pembukaan banyak aplikasi secara bersamaan, maka hal ini akan membuat laptop bekerja secara ekstra.

Melakukan update secara rutin pada software juga akan membantu laptop mendapatkan kinerja yang lebih maksimal. Untuk bugs di versi software sebelumnya bisa diperbaiki, maka bisa digunakan lebih ringan lagi.

6. Menjaga Durasi Penggunaan Laptop

Jangan gunakan laptop selama seharian penuh tanpa istirahat sebagai salah satu cara untuk mendinginkan laptop yang panas. Ketika sudah tidak digunakan, pastikan laptop di-shutdown, sehingga bisa mengistirahatkan setiap mesin secara maksimal.

7. Mengganti Thermal Paste

Ketika laptop yang Sobat maxcloud gunakan mudah panas dan memang sudah berusia cukup lama, maka bisa mengecek di bagian pasta thermalnya. Apabila memang sudah kering, Sobat maxcloud harus segera melakukan pergantian agar kinerja laptop bisa kembali lebih baik lagi.

8. Mengatur Daya Laptop

Penggunaan aplikasi secara berlebihan bisa membuat prosesor laptop bekerja lebih ekstra. Alhasil, suhu yang dikeluarkan oleh laptop tersebut menjadi lebih panas.

Guna mengatasinya, tutup beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan. Selain itu, aturlah pencahayaan LCD menjadi minim supaya laptop yang Sobat maxcloud gunakan tidak cepat overheat.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai penyebab kenapa laptop cepat panas dan cara mengatasinya. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat dan membantu, ya.