Windows sampai dengan sekarang masih menjadi salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan. Sejak pertama kali pada tahun 1983, Windows terus mendapatkan berbagai pembaruan sistem guna meningkatkan performa, fitur dan sistem keamanannya. Maka dari itu, ada baiknya Sobat maxcloud melakukan update Windows secara berkala agar meningkatkan performa device dan mengurangi risiko keamanan yang bisa saja terjadi. 

Namun sayangnya, masih banyak para pengguna yang turut mengabaikan berbagai risiko keamanan yang bisa terjadi terhadap device gadget dengan tidak update Windows. Padahal, ada sekali banyak manfaat yang bisa dirasakan jika kamu melakukan update Windows secara rutin. 

Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai pertanyaan apakah laptop harus di update atau tidak dan beberapa hal penting lainnya. Daripada membuat Sobat maxcloud penasaran, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Windows Update ? 

Pengertian dari Windows Update adalah salah satu layanan yang diberikan oleh Microsoft terhadap sistem operasi Windows kepada para penggunanya untuk  memutakhirkan sistem Windows itu sendiri. Dengan kata lain, Windows Update ini akan meningkatkan kinerja sistem operasi Windows dengan melakukan update, menambahkan atau memperbaiki bugs yang terjadi. Artinya, Windows Update ini akan membantu para pengguna di dalam mengatasi bug yang terdapat pada Windows. 

Apakah Laptop Harus di Update?

Pertanyaan mengenai apakah laptop harus di-update ini sering muncul, khususnya bagi pemula. Sedangkan, untuk jawaban dari pertanyaan apakah laptop harus di-update adalah iya. 

Disaat Sobat maxcloud tidak melakukan update Windows, maka device tidak akan mempunyai kemampuan untuk mengatasi risiko serangan virus atau malware terbaru. Apalagi serangan virus atau malware biasanya akan menginfeksi berbagai aspek device yang terbilang sangat penting, seperti data privasi yang tersimpan di dalamnya. 

Sobat maxcloud harus memahami bahwa sebagian besar jenis virus yang tercipta ini memang ditujukan untuk para pengguna sistem operasi Windows. Maka dari itu, jangan sampai terlewatkan untuk melakukan pembaruan versi Windows terkini secara berkala. 

Fungsi Melakukan Update Windows 

Microsoft adalah salah satu perusahaan ternama di dalam dunia teknologi. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari beberapa layanan yang diberikan kepada para penggunanya. 

Layanan atau fitur Windows update ini hadir untuk memudahkan dan membantu para pengguna di dalam mengoperasikan sistem operasi Windows. Berikut adalah beberapa hall penting mengenai fungsi dari melakukan update Windows : 

1. Memeriksa Ketersediaan Pembaruan 

Layanan update Windows ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa atau mengecek terlebih dahulu perih ketersediaan pembaruan tersebut.  Selain itu, Sobat maxcloud juga harus melakukan pemutakhiran terhadap sistem operasi Windows. 

2. Mengatasi Kesalahan 

Pada prinsipnya, sebuah sistem tidak terlepas dari yang namanya bug maupun error. Sehingga, dibutuhkan fitur Windows Update ini untuk mengatasi beberapa hal tersebut.

Selain  itu, Windows Update ini berfungsi untuk memutakhirkan berbagai jenis update yang bisa meningkatkan fungsionalitas atau kinerja Windows. Dengan adanya fitur Windows Update, maka sistem operasi Windows akan diperbarui secara up to date dan otomatis bila fitur ini diaktifkan. Sehingga di saat terjadi kesalahan yang terjadi masih bisa diatasi dan kemudian berjalan secara efisien. 

3. Meningkatkan Keamanan 

Fitur Windows Update ini akan mendownload database terkait keamanan, sehingga untuk sistem keamanannya lebih up to date terhadap rentannya virus yang terus berkembang. Layanan atau fitur Windows Update ini akan memperbarui berbagai jenis update yang bisa meningkatkan keamanan sistem. 

Perihal ini disebabkan oleh teknologi yang semakin canggih, di mana sehebat apa pun keamanan sebuah sistem maka tetap saja terdapat celah  yang bisa ditembus. Sehubungan dengan hal tersebut, maka sangat disarankan untuk tetap mengaktifkan Windows Update dan melakukan update secara up to date secara berkala untuk mencegah kerentanan terhadap berbagai hal. Dengan demikian, maka Windows Update akan membuat perangkat Windows akan mendapatkan perlindungan atau keamanan. 

4. Memperbarui dan Menambah Sistem 

Sistem yang diperbarui atau terdapat penambahan sistem yang penting bisa mengatasi error atau bug. Hal yang paling penting adalah perangkat tetap selalu up to date terhadap pembaruan atau pemutakhiran terhadap berbagai jenis sistem yang sudah tersedia. 

5. Membantu Perangkat Beroperasi Secara Efisien 

Artinya, fitur ini sangat berguna untuk memperbarui beberapa sistem ter-up to date yang akan membantu perangkat berjalan sesuai dengan fungsinya, yaitu tetap berjalan secara efisien. Dengan begitu, maka kesalahan atau bug akan berkurang dan sistem Windows akan tetap beroperasi dengan tepat guna.

Kelebihan dan Kekurangan Windows Update 

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Windows Update, yaitu : 

1. Kelebihan 

  • Membantu mengatasi bug maupun error yang terjadi pada perangkat sistem operasi Windows.
  • Memberikan perlindungan keamanan dengan update database mengenai secure atau keamanan.
  • Perangkat akan lebih fresh atau segar dengan sistem terbaru yang sudah tersedia. 

2. Kekurangan 

  • Apabila fitur ini tidak diaktifkan secara otomatis dan kemudian dilakukan Windows Update, maka akan terjadi penumpukan update yang mengakibatkan banyaknya file yang harus di-download.
  • Di saat fitur diaktifkan secara otomatis, maka mau tidak mau Windows Update akan berjalan di belakang layar dam  terhubung dengan internet tentunya.
  • Fitur Windows Update ini akan mengharuskan perangkat terhubung dengan koneksi internet guna mendownload dan menginstall pembaruan yang sudah tersedia.
  • Semakin banyak update yang menumpuk, maka semakin lama waktu proses Windows Update. Hal ini juga tidak terlepas dari kecepatan koneksi internet. 

Itulah dia penjelasan mengenai  jawaban dari pertanyaan apakah laptop harus di-update dan beberapa hal penting lainnya. Semoga penjelasan di atas bisa membantu dan bermanfaat, ya.