Ada dua jenis penyimpanan komputer atau laptop, yaitu SSD dan HDD. Untuk saat ini jenis SSD menjadi standar baru penyimpanan, karena kinerjanya dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penyimpanan HDD. 

Dikutip dari buku Unleash Your Inner Gamer oleh Big Wealth (2023), apabila sobat maxcloud menginginkan peningkatan performa pada perangkat, maka pertimbangkan untuk memperbaharui komponen hardware, seperti GPU, RAM atau SSD. Dengan melakukan upgrade Solid State Drives (SSD), gaming experience sobat maxcloud juga akan meningkat lebih baik. 

Bagi sobat maxcloud  yang masih menggunakan HDD, sebaiknya segera beralih ke penyimpanan SSD. Simak ulasan berikut untuk mengetahui SSD terbaik untuk gaming. 

Rekomendasi SSD Terbaik untuk Gaming 

Ketika memilih SSD, maka pertimbangkan berapa besar kapasitas penyimpanan yang sobat maxcloud butuhkan untuk menyimpan sistem operasi, program dan file-file. Mengutip penjelasan dari laman oneit, kualitas SSD juga menjadi salah satu faktor penting. 

Cek Juga kecepatan baca atau tulis data SSD, sebab semakin tinggi angkanya maka akan semakin cepat juga kinerja SSD tersebut. Menurut penjelasan dari laman Intel, SSD biasanya menggunakan memori berbasis flash untuk menyimpan data.Maka dari itu, tidak mempunyai komponen yang bergerak. 

SSD juga mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan HDD, waktu loading lebih singkat, game lebih lancar, dan biaya penyimpanan per gigabyte yang lebih tinggi. Masih dikutip dari laman Intel, saat ini developer mulai memanfaatkan teknologi alur I/O baru  menggunakan bandwidth dari perangkat NVMe.

Sehingga, menginstal drive NVMe baru di laptop juga akan mempunyai dampak yang signifikan pada performa gaming. Pilihlah SSD terbaik untuk gaming yang sesuai agar bisa berjalan lebih lancar. Berikut adalah beberapa rekomendasi SSD terbaik untuk gaming yang bisa dipilih : 

1. Kingston NV2 1TB M.2 2280 NVMe Internal SSD 

Kingston NV2 adalah SSD NVMe PCIe 4.0 terbaik untuk sobat maxcloud yang sedang mencari SSD bagus tapi harganya masih terjangkau, yaitu dalam range Rp900.000,00. SSD ini memang bukan yang tercepat diantara merek lain, tapi masih bisa memberikan performa baik untuk gaming. 

Bahkan SSD ini mempunyai kualitas setara dengan SSD PCIe 3.0 kelas atas. Dengan kata lain, Kingston SSD NV2 adalah pilihan yang ideal dan ekonomis untuk melakukan upgrade ke NVMe PCIe 4.0. 

2. Samsung 870 EVO 1TB 

Samsung 870 EVO 1 TB SATA III SSD memberikan penawaran performa SSD yang melampaui standar SSD SATA biasa, baik dari segi ketahanan, kecepatan tau harga. SSD ini memang harganya agak mahal, tapi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. 

Bukan cuma itu, SSD Samsung kali ini juga sudah dilengkapi dengan DRAM besar yang bisa meningkatkan stabilitas kerjanya. Sehingga, sangat cocok sekali digunakan untuk bermain gaming. 

3. Adata SSD XPG SX8200 PRO M.2 Pcie Gen 3 Nvme 

Adata SSD XPG mempunyai kecepatan baca dan tulis yang sangat tinggi, yaitu mencapai 3500 MB/s dan 3000 MB/s. Bahkan, ada fitur LDPC ECC di SSD ini yang bisa meminimalisir data error untuk memperpanjang umur SSD. 

Dengan begitu, Adata SSD XPG SX8200 Pro bisa membuat performa laptop atau komputer milik sobat maxcloud lebih lancar dan tidak overheat. Di samping kinerja baiknya, SSD Adata menawarkan harga yang terjangkau karena bisa sobat maxcloud dapatkan dengan budget Rp500.000,00.

4. PNY NVME CS2241 1 TB Gen 4 x 4 

NVME CS2241 1 TB Gen 4 x 4. SSD dibanderol dengan harga Rp800.000,00 dan lebih mudah ditemukan dari SSD lain. SSD PNY NVME CS2241 diperuntukkan bagi sobat maxcloud yang ingin meningkatkan performa perangkat komputer atau laptop untuk membantu kelancaran bermain game. 

Selain itu, produk ini menyajikan kecepatan baca sebesar 5100 MB/s dan juga 3200 MB/s untuk kecepatan tulisnya. SSD PNY NVME CS2241 sangat direkomendasikan untuk sobat maxcloud yang suka bermain game berat, mengedit video maupun bekerja dengan file besar. Dari segi harganya, SSD ini juga masih termasuk murah. 

5. WD BLACK 1TB SN850X NVMe 4.0 Internal Gaming SSD With Heatsink 

WD BLACK 1TB SN850X NVMe 4.0 SSD dengan heatsink merupakan salah satu produk SSD NVMe terbaik di pasaran yang diperuntukan khusus untuk x PC dan PS5. SSD ini dioptimalkan untuk PS5 dengan unit penyimpanan sebesar 1TB dan kecepatan 1800 MB/s yang sudah melebihi standar. 

6. Teamgroup T-Force Z540 M2 PCI-E SSD 1TB 

Teamgroup T-Force Cardea Z540 1TB menjadi pilihan utama sobat maxcloud yang menginginkan SSD dengan kecepatan baca dan tulis tinggi. Tidak cuma mempunyai  performa gesit, SSD ini juga memiliki desain tipis dan latensi rendah. Adapun transfer rate yang disajikan oleh produk ini sebesar 11700 untuk kecepatan baca, 9500 MB/s untuk kecepatan tulisnya. 

7. SAMSUNG 870 EVO 1TB 

Samsung 870 EVO 1 TB SATA III SSD terbaik untuk gaming  dan tahan lama. Performanya melampaui standar SSD SATA biasanya, baik dalam hal ketahanan, kecepatan atau harga.

Harganya tidak termasuk yang termurah, tapi dibandingkan dengan merek lainnya masih masuk akal. Berbeda dengan SSD murah lainnya, SSD ini sudah dilengkapi dengan DRAM besar yang meningkatkan stabilitas kinerjanya.

Meski terbatas oleh kecepatan SATA, SSD ini tetap cocok digunakan pada komputer atau konsol lama yang tidak mempunyai slot M.2 atau slot yang terbatas. Bagi konsol dan komputer generasi sebelumnya, ini merupakan SSD tercepat dengan tambahan teknologi andalan Samsung.

SSD Samsung 870 EVO 1 TB SATA III mungkin bukan yang termurah, tapi untuk keandalannya, garansi, jaminan dan keberadaan DRAM khusus menjadikannya pilihan yang sangat menjanjikan. Bagi para gamer yang sedang mencari penyimpanan serbaguna dan mampu meningkatkan performa game dengan lancar, SSD ini tidak boleh dilewatkan.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai beberapa rekomendasi SSD terbaik untuk gaming. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat, ya.