Ada berbagai cara untuk memunculkan kursor pada yang hilang dan bisa sobat maxcloud lakukan sendiri sebelum membawanya ke tempat servis. Kursor pada laptop atau komputer merupakan tanda panah dan berfungsi sebagai petunjuk untuk memilih objek yang akan dijalankan.

Ketika menggunakan laptop, tidak jarang kursor tiba-tiba menghilang. Dan hal ini akan merepotkan, karena sobat maxcloud akan merasa kesulitan untuk melanjutkan aktivitas lainnya.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mouse laptop tidak muncul . Namun, umumnya hal tersebut bisa terjadi karena sistem atau driver laptop tidak berfungsi secara optimal.

Untuk mouse laptop yang sudah terlalu lama tidak digunakan ini bisa menjadi satu diantara penyebab mouse laptop tidak muncul. Bagi yang ingin tahu mengenai penyebabnya, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Mouse Laptop Tidak Muncul

Selain karena sistem atau driver laptop tidak berfungsi secara optimal dan mouse laptop terlalu lama tidak digunakan, hal lain yang jarang disadari oleh sobat maxclash adalah kursor tidak sengaja dinonaktifkan. Berikut adalah penyebab mouse laptop tidak muncul :

  • Driver mouse sedang mengalami masalah.
  • Sistem laptop tidak merespon terhadap mouse atau touchpad tersebut.
  • Laptop sedang mengalami crash atau hang.
  • Mouse atau touchpad tidak sengaja dinonaktifkan.
  • Terjadi bug pada sistem operasi.
  • Pengaturan mouse atau touchpad yang salah.
  • Touchpad tidak bisa berfungsi.
  • Port USB rusak atau sedang mengalami masalah.

Cara Mengatasi Mouse Laptop Tidak Muncul

Jika sobat maxcloud mengalami permasalahan mouse laptop tidak muncul, pilih cara yang paling efektif supaya mouse muncul kembali. Berikut adalah beberapa solusi atau cara memunculkan mouse pada laptop yang bisa dicoba sendiri :

1. Restart Laptop

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi mouse laptop tidak muncul adalah melakukan restart laptop atau PC. Sobat maxcloud bisa melakukan restart laptop tanpa menggunakan mouse dengan menekan tombol “Alt” + “F4” secara bersamaan sampai muncul menu pop up untuk shutdown di layar.

Cara lain untuk restart laptop adalah menekan tombol power hingga mati, lalu menyalakannya lagi. Meski begitu, cara ini tidak direkomendasikan karena bisa menyebabkan kerusakan pada bagian hard drive laptop.

Setelah melakukan restart laptop, sobat maxcloud bisa mengecek apakah kursor mouse di layar sudah kembali muncul. Sangat mudah, bukan?

2. Cek Kondisi Kabel atau Baterai Mouse

Salah satu cara untuk mengatasi mouse laptop tidak muncul adalah mengecek kondisi kabel atau baterainya.Jika kamu memakai mouse kabel, periksa kondisi kabelnya apakah ada kerusakan atau tidak. Apabila memang ada kerusakan, maka sudah waktunya sobat maxcloud mengganti mouse yang digunakan.

Di saat sobat maxcloud menggunakan mouse tipe wireless, maka coba untuk ganti baterainya terlebih dahulu. Setelah itu, cek apakah mouse sudah berfungsi normal kembali.

3. Menghubungkan Kembali Kabel atau USB Mouse

Sobat maxcloud juga bisa mencoba mengatasi hal ini dengan cara mencopot kabel atau USB mouse, lalu menghubungkannya kembali. Setelah itu, coba gerakkan mouse untuk mengecek apakah kursornya sudah muncul kembali di layar atau tidak.

4. Menggunakan USB Port yang Berbeda

Apabila cara sebelumnya belum menyelesaikan masalah tersebut, coba untuk menghubungkan kabel atau USB mouse ke port di laptop yang berbeda. Kursor mouse yang hilang ini bisa disebabkan oleh port USB di laptop yang rusak. Sehingga, menggunakan port yang lainnya juga bisa membantu sobat maxcloud untuk mengatasi permasalahan tersebut.

5. Mencoba Mouse di Laptop atau Komputer Lain

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mencoba mouse di perangkat laptop atau komputer lain. Apabila masalah ini tetap terjadi, maka kemungkinan besar mouse sobat maxcloud rusak. Namun jika mouse bisa digunakan di laptop yang lain, berarti memang ada masalah di laptop sobat maxcloud.

6. Unhide Kursor Mouse di System Settings

Apabila mouse laptop tidak muncul ketika mengetik, maka hal ini bisa  diatasi dari settings-nya. Sebagai berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan :

  • Tekan tombol “Windows” + “R” untuk menjalankan aplikasi Run.
  • Kemudian, ketik “control mouse” di bagian  kolom yang tersedia dan tekan enter.
  • Akan muncul menu pop up “Mouse Properties” di layar laptop atau komputer.
  • Tekan tombol “Tab” di keyboard sampai opsi “Buttons” ter-highlight.
  • Lalu, tekan tombol arah panah di keyboard untuk masuk ke menu “Pointer options“
  • Di menu “Pointer options“, tekan tombol “Tab” hingga opsi “Hide pointer while typing” ter-highlight.
  • Tekan tombol “Spacebar” untuk menghilangkan centang di box “Hide pointer while typing“
  • Menggunakan tombol “Tab” hingga meng-highlight tombol “Apply“, lalu tekan “Spacebar” di keyboard untuk mengaplikasikan pengaturan ini

7. Periksa Touchpad

Mouse laptop yang tidak muncul juga bisa disebabkan, karena touchpad yang terkunci. Sobat maxcloud bisa membuka kunci touchpad laptop dengan menekan tombol “Fn” + baris F1 – F12 di keyboard yang mempunyai logo tersebut.

Misalkan, jika logo touchpad terdapat di F10, maka tekan tombol “Fn” + “F10” secara bersamaan untuk membuka kunci touchpad. Setelah itu, gerakkan jari sobat maxcloud di touchpad untuk mengecek apakah kursor sudah muncul dan berfungsi kembali.

Itulah dia penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi mouse laptop tidak muncul yang bisa sobat maxcloud atasi sendiri. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa membantu sobat maxcloud, ketika sedang mengalami permasalahan tersebut.