Intel Celeron N3060 adalah salah satu processor unggulan yang sangat populer di kalangan pengguna komputer. Processor ini mempunyai performa yang cukup handal dan bisa mengatasi segala jenis tugas pada sebuah laptop atau komputer desktop.

Bahkan, Intel Celeron N3060 setara dengan processor Intel Core i3. Hal ini dikarenakan kemampuan prosesor  dalam menjalankan beberapa aplikasi yang lumayan berat sekalipun. Tentunya hal tersebut akan menjadi kabar baik bagi sobat maxcloud yang ingin mencari laptop dengan budget terjangkau.

Selain itu, Intel Celeron N3060 juga mempunyai teknologi Intel Turbo Boost yang bisa meningkatkan performa nya hingga 2.48GHz. Dengan teknologi tersebut, maka proses multitasking yang dijalankan pada laptop dengan Intel Celeron N3060 ini akan terasa lebih cepat dan responsif.

Apabila sobat maxcloud sedang mencari prosesor yang berkualitas dengan harga terjangkau, maka Intel Celeron N3060 merupakan pilihan yang tepat. Tidak hanya menjanjikan kinerja yang cukup handal, tapi juga bisa meminimalkan biaya yang sobat maxcloud keluarkan.

Di kesempatan kali ini akan membahas mengenai pertanyaan Intel Celeron N3060 setara dengan prosesor apa saja. Bagi yang penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Sekilas Mengenai Intel Celeron N3060

Celeron N3060 adalah mikroprosesor seluler dual-core 64-bit x86 yang diperkenalkan Intel pada 2017. Prosesor ini akan didasarkan pada mikroarsitektur Goldmont Plus.

Di samping itu, N3060 beroperasi pada 1,1 GHz dan frekuensi burst 2,6 GHz. Dikutip dari Notebookcheck, Intel Celeron N3060 dirancang untuk laptop dan mini-PC dengan harga yang terjangkau.

Dari aspek grafis, Intel Celeron N3060 menggabungkan GPU Intel UHD Graphics 600 yang beroperasi pada 200 MHz dengan frekuensi burst 650 MHz. GPU ini didasarkan pada arsitektur Intel Generasi 9, yang mendukung DirectX 12 dan digunakan untuk adapter grafis Kaby Lake / Skylake / Apollo Lake.

Kelebihan Intel Celeron N3060

Salah satu kelebihan dari Intel Celeron N3060 adalah kemampuan yang cukup handal dengan harga terjangkau. Tidak hanya itu, processor ini juga mempunyai tampilan grafis yang bisa membantu dalam melakukan beberapa tugas berat seperti edit foto atau video. Berikut adalah kelebihan Intel Celeron N3060 lain yang harus sobat maxcloud ketahui :

1. Kinerja yang Handal

Intel Celeron N3060 mempunyai kemampuan handal di dalam melakukan tugas-tugas di laptop atau komputer desktop. Proses multitasking ini bisa berjalan dengan lancar dan responsif. Selain itu, processor ini juga sangat cocok untuk menjalankan beberapa aplikasi yang membutuhkan daya grafis tinggi.

2. Harga yang Terjangkau

Dibandingkan dengan processor Intel Core i3, Intel Celeron N3060 mempunyai harga yang lebih terjangkau. Dengan harga yang lebih murah, sobat maxcloud bisa memilih laptop atau komputer desktop dengan spesifikasi lebih tinggi.

3. Performa Setara dengan Intel Core i3

Intel Celeron N3060 bisa dapat memberikan performa yang cukup baik, bahkan sebanding dengan Intel Core i3. Dengan teknologi 10 nm dan dual-core, processor ini bisa menjalankan aplikasi sehari-hari seperti browsing, menonton video dan tugas-tugas ringan lainnya tanpa mengalami lag atau stuck. Meski tidak mampu menangani pekerjaan yang lebih berat, maka performa dari Intel Celeron N3060 masih bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari.

4. Konsumsi Daya Rendah dan Hemat Energi

Kelebihan lain dari Intel Celeron N3060 adalah konsumsi daya yang rendah. Hal ini maka membuat laptop lebih hemat energi dan bisa memperpanjang masa pakai baterai. Kelebihan lain dari teknologi ini adalah menghasilkan panas yang lebih sedikit, sehingga membuat laptop menjadi lebih dingin dan nyaman digunakan.

5. Fitur dan Teknologi Terkini

Meski Intel Celeron N3060 harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan Intel Core i3, tapi processor ini tetap mempunyai fitur dan teknologi yang canggih. Teknologi Intel Wi-Fi 6 bisa meningkatkan kinerja jaringan nirkabel, sedangkan Intel UHD Graphics akan memberikan pengalaman visual yang baik saat menonton video dengan resolusi tinggi. Kemampuan High Efficiency Video Coding (HEVC) juga akan memberikan pengalaman menonton video yang lebih nyaman dan lancar.

Spesifikasi Intel Celeron N3060

Sebagai berikut adalah spesifikasi lengkap dari prosesor Intel Celeron N3060 yang harus sobat maxcloud ketahui :

Frekuensi1.6 Ghz.
Turbo Boost Frequency2.48 Ghz.
Jumlah Core2
Jumlah Thread2
Cache2 MB.
TDP6 W.

Apakah Intel Celeron N3060 Setara Dengan Processor AMD A6-9220 e dan Intel Pentium N3710.2 ?

Intel Celeron N3060 bisa menjadi pilihan tepat bagi sobat maxcloud uang ingin mencari processor dengan kinerja yang handal tapi dengan harga terjangkau. Dibandingkan dengan processor Intel Core i3, Intel Celeron N3060 mempunyai performa yang cukup setara tapi dengan harga yang lebih murah.

Processor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Intel Turbo Boost yang bisa meningkatkan performanya hingga 2.48GHz. Sehingga, prosesnya lebih multitasking dan pengeditan media yang membutuhkan daya grafis tinggi bisa berjalan lancar dan responsif.

Secara keseluruhan, Intel Celeron N3060 adalah pilihan yang bagus untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing web, melakukan tugas-tugas kantor, dan multimedia ringan. Sobat maxcloud juga bisa mempertimbangkan pilihan alternatif lain seperti AMD A6 atau Intel Pentium, ketika mereka lebih cocok untuk kebutuhan sobat maxcloud.

Lalu, apakah Intel Celeron N3060 setara dengan processor AMD A6-9220 ? Tidak, karena Intel Celeron N3060 tidak cocok untuk bermain gaming karena kecepatannya yang relatif rendah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, ya.