Sebuah CPU pasti dimiliki oleh setiap komputer untuk menjalankan kinerja suatu perangkat komputer tersebut. Tanpa CPU, sebuah komputer tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. 

Kalau gitu, sobat maxcloud harus mengetahui  beberapa komponen yang ada di dalam CPU. Yuk, simak penjelasan ini sampai dengan selesai. 

Apa Itu CPU? 

CPU (Central Processing Unit) merupakan perangkat hardware yang berfungsi sebagai pemroses data utama didalam sebuah komputer. CPU bisa disebut sebagai otak komputer, karena CPU mengatur semua aktivitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi maupun software di dalamnya. 

Apapun yang berkaitan dengan proses di dalam perangkat komputer, akan selalu diatur oleh CPU. Dengan demikian, tanpa adanya CPU dalam komputer maka perangkat komputer tersebut tidak akan bisa melakukan apapun. Bahkan, tidak bisa menjalankan programnya. 

CPU secara teknis juga lebih sering disebut sebagai prosesor. Maka dari itu, saat membaca dan mengenali spesifikasi suatu prosesor akan sama saja seperti sedang membaca spesifikasi CPU pada suatu perangkat. 

Komponen yang Ada Didalam CPU   

Komponen yang ada di dalam CPU beserta fungsinya akan dijelaskan sebagai berikut : 

1. Casing CPU

Casing CPU biasanya terbuat dari plastik. Ada berapa casing yang terbuat dari besi, stainless dan sebagainya. Casing ini berguna untuk melindungi berbagai komponen yang ada di dalam CPU supaya lebih terlindungi dari debu, panas, air atau hal lain yang dikhawatirkan akan mengganggu kinerja CPU itu sendiri. 

Selain itu, casing CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan dan memasang berbagai komponen. Beberapa diantaranya adalah motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk dan lain-lain. 

2. Motherboard 

Motherboard adalah sebuah tempat berbagai komponen elektronik dan komputer lainnya yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Beberapa komponen yang menjadi bagian inti dalam motherboard adalah processor, sound card, video card, hard disk dan lain-lain. 

Motherboard berfungsi sebagai media penghubung untuk setiap komponen komputer supaya bisa saling berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya. Selain itu, setiap motherboard mempunyai acuan spesifikasi yang berbeda-beda. Misalnya, spesifikasi processor seperti apa yang bisa didukung oleh suatu motherboard dan seberapa besar kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut. 

3. Processor 

Processor merupakan salah satu komponen inti, karena jika tidak ada processor kemungkinan perangkat komputer tidak bisa bekerja sama sekali. Maka dari  itu, banyak yang bilang bahwa processor merupakan  otak dari komputer. 

Semua proses atau perintah akan dikerjakan pada processor meski masih perlu bantuan beberapa komponen  lainnya. Semakin tinggi kecepatan suatu prosesor, maka semakin cepat komputer di dalam memproses berbagai macam data. 

4. Kipas Processor

Kipas processor berfungsi sebagai pendingin dan menjaga supaya suhu processor tetap dingin dan stabil. Hal ini bertujuan supaya perangkat processor komputer tidak cepat overheat atau rusak. 

5. RAM 

RAM (Random Access Memory) juga mempunyai kedudukan yang penting bagi perangkat komputer. Sebab komponen kali ini bekerja sebagai tempat untuk menampung data sementara yang sudah diproses processor sebelum dilanjutkan ke beberapa komponen lainnya. 

RAM juga bisa diganti dengan ukuran kapasitas yang lebih besar atau kecil. Tapi hal ini tentunya harus sesuai dengan kapasitas maksimal RAM yang terdukung di komponen motherboard sobat maxcloud. 

Satuan RAM biasanya menggunakan perhitungan byte. Sedangkan, untuk kapasitas RAM yang beredar di pasaran biasanya berkapasitas 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB dan lain-lain. Untuk jenis memori yang masih diproduksi sampai dengan saat ini adalah : 

  • DDR-1.
  • DDR-2.
  • DDR-3. 

6. Hardisk (HDD) 

Hardisk berfungsi untuk menyimpan berbagai data dan sistem operasi dari suatu perangkat komputer itu sendiri. Hardisk biasanya menggunakan perhitungan byte.

Semakin besar kapasitas hardisk, maka semakin banyak data konvensional yang bisa disimpan. Ukuran kapasitas hardisk yang beredar di pasaran biasanya bervariasi, mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 TB sampai 3 TB. 

7. CD/DVD ROM

CD/DVD ROM atau optical disk drive merupakan piranti yang bisa digunakan untuk menulis dan membaca kaset atau kepingan CD/DVD. Selain itu, CD/DVD ROM juga bisa digunakan untuk memburning atau mengcopy CD dengan menggunakan berbagai macam software. Sedangkan format yang termasuk ke dalam CD/DVD ROM adalah CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive dan DVD-RW drive. 

8. VGA CARD (Video Graphic Adapter) 

VGA (Video Graphic Adapter) adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk sebuah perangkat komputer. Hal ini dikarenakan VGA berfungsi sebagai alat pengolah data grafis sebelum ditampilkan ke monitor. 

Tanpa VGA, maka layar komputer bisa dipastikan tidak bisa menampilkan apapun. Selain itu, VGA juga sangat penting untuk menentukan kualitas gambar yang ditampilkan pada monitor komputer tersebut. 

9. Sound Card 

Piranti yang satu ini berfungsi sebagai pengolah audio untuk perangkat komputer. Sound card berfungsi sebagai prosesor audio, dimana bisa mengubah sinyal analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu. 

Lalu, menghasilkan audio atau suara pada sistem komputer. Sound Card berfungsi untuk mengontrol semua audio yang ada di sebuah perangkat komputer. 

10. Power Supply 

Power supply berfungsi sebagai pembagi daya (sumber arus listrik) pada setiap komponen komputer. Selain itu, Power supply juga berfungsi mengubah tegangan DC menjadi AC sebelum dialirkan ke setiap komponen komputer itu sendiri. 

Nah, itulah dia 10 komponen yang ada di dalam CPU. Semoga penjelasan di atas bisa dijadikan sebagai bahan tambahan informasi, ya.