Laptop menjadi salah satu perangkat yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Perangkat laptop digunakan mulai dari bekerja sampai mencari hiburan seperti bermain game dan streaming film favorit. Seringkali aktivitas yang dilakukan pengguna di laptop tidak bisa dihentikan atau ditunda, meski daya baterai laptop sudah hampir habis.

Mau tidak mau, biasanya orang lebih memilih untuk bermain game di laptop sambil di cas. Hal ini pun selalu menimbulkan pertanyaan di kalangan pengguna laptop. 

Apakah bahaya laptop di cas sambil digunakan? Sebagian orang berpendapat bahwa bermain game di laptop sambil cas akan membuat laptop overcharge tapi sebagian lainnya meyakini bahwa main laptop sambil di cas justru membuat baterainya menjadi lebih awet. 

Lalu, bagaimana yang boleh dan tidak boleh dilakukan? Yuk, langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apakah Boleh Bermain Game di Laptop Sambil di Cas? 

Sebenarnya boleh saja main laptop sambil di cas, bahkan untuk laptop gaming sangat direkomendasikan untuk di cas sambil digunakan karena jika tidak justru akan menurunkan performa dari laptop tersebut dan tidak menggunakan potensi sepenuhnya untuk menghemat penggunaan baterai laptop. Namun perlu diingat, bahwa tidak semua jenis laptop boleh dicas sambil digunakan.

Hanya perangkat laptop yang sudah mempunyai fitur auto cut yang boleh dimainkan sambil dicas. Saat ini rata-rata laptop sudah memiliki fitur auto cut, di mana fitur ini akan berfungsi secara otomatis untuk memutus arus listrik ke baterai saat laptop sudah full dicas. 

Fitur ini yang akan mencegah baterai laptop kembung atau overcharged, karena ketika posisi laptop sudah penuh akan tetap aman. Bahkan, jenis laptop tersebut menggunakan listrik yang dihantarkan oleh AC adapter.

Justru baterai bisa berfungsi sebagai stabilizer, ketika arus listrik tidak stabil. Meski kebanyakan laptop mempunyai fitur auto cut, tapi penggunaan berlebihan juga bisa mengurangi umur baterai. Maka dari itu, bijak untuk mengimbangi kebutuhan pengisian daya dengan waktu bermain yang sesuai dan memastikan ventilasi laptop agar tetap optimal. 

Alasan Harus Menghindari Laptop yang Dicas Sambil Digunakan

Menghindari kebiasaan mengisi daya laptop sambil digunakan bisa menjadi langkah yang bijak untuk menjaga kesehatan perangkat milik sobat maxcloud. Lalu, apa alasan sebaiknya menghindari main laptop sambil dicas? Berikut adalah penjelasan selengkapnya : 

1.  Laptop Jadi Panas 

Main laptop sambil di cas akan membuat laptop terus berusaha menggunakan performa penuhnya untuk melakukan sesuatu. Apalagi, untuk laptop gaming yang komponennya menggunakan penggunaan listrik yang besar dan jika digunakan terus menerus bisa membuatnya harus bekerja lebih ekstra. 

Baterai yang terlalu panas juga cenderung mengalami siklus pengisian dan pengosongan yang lebih cepat. Sehingga,  bisa mengurangi masa pakai secara keseluruhan. 

Penggunaan daya maksimal saat bermain game atau menjalankan aplikasi berat bisa menempatkan beban ekstra pada sumber daya sistem. Misalnya, prosesor dan kartu grafis.

Kombinasi antara panas yang dihasilkan oleh kinerja tinggi dan panas dari pengisian daya ini bisa menciptakan kondisi dimana sistem pendinginan laptop bekerja lebih keras untuk menjaga suhu agar tetap optimal. Hal ini yang bisa merusak baterai dan komponen lainnya, karena panas yang dihantarkan membuat laptop semakin cepat overheat serta menurunkan umur laptop secara cepat.

2. Lifecycle Laptop Menurun 

Tidak hanya membuat laptop menjadi cepat panas, bermain game di laptop sambil di cas juga bisa berdampak pada menurunnya siklus hidup perangkat. Pengisian daya yang berlangsung selama penggunaan berat, seperti bermain game ini membutuhkan sumber daya tinggi dan bisa menyebabkan panas berlebihan. Suhu panas tersebut bisa mempercepat degradasi baterai laptop.

Siklus pengisian dan pengosongan baterai yang terjadi selama penggunaan sambil diisi daya bisa membuat baterai kehilangan kapasitas seiring berjalannya waktu. Akibatnya, masa penggunaan baterai menjadi berkurang dan sobat maxcloud mungkin harus mengganti baterai lebih awal dari yang diharapkan.

Sebenarnya baterai laptop akan tetap bisa digunakan di dalam jangka waktu panjang meski sambil harus di cas ketika dimainkan. Tapi pada umumnya akan memakan waktu 3 tahun sampai dengan efisiensi baterai laptop mulai menurun. 

Untuk meminimalkan dampak ini, maka disarankan untuk menghindari kebiasaan main laptop sambil di cas secara terus-menerus. Berikan juga waktu untuk istirahat pada baterai antara sesi bermain yang intensif. 

Tips Ketika Mengisi Daya Laptop 

Mengisi daya laptop dengan benar menjadi langkah penting untuk menjaga performa dan umur baterai perangkat milik sobat maxcloud. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan supaya baterai laptop tetap awet: 

1. Meng-undervolt CPU

Di saat laptop sudah mulai terasa panas, sobat maxcloud bisa mencoba untuk meng-undervolt CPU atau menurunkan voltage CPU-nya. Hal ini cukup berbahaya ketika dilakukan secara asal, tapi bisa menurunkan suhu laptop beberapa derajat. Apabila sobat maxcloud ingin melakukan undervolt, sangat disarankan untuk melihat tutorial atau saran di youtube sesuai dengan CPU yang dimiliki. 

2. Menggunakan Pendingin Eksternal 

Ketika bermain game di laptop sambil di cas, maka akan membuat laptop semakin panas. Pendingin eksternal bisa digunakan untuk membantu mendinginkan laptop supaya tidak terjadi overheat

Jenis pendingin eksternal ada yang cooling pad dan ada juga yang vacuum cooler. Keduanya mempunyai fungsi hampir sama, tapi vacuum cooler lebih berfungsi dengan baik dibandingkan dengan cooling pad

Dengan memberikan ruang tambahan untuk sirkulasi udara, cooling pad atau vacuum cooler bisa membantu di dalam mendinginkan suhu laptop. Sehingga, bisa mencegah penumpukan panas berlebih yang merugikan komponen internal dan baterai. 

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai pertanyaan apakah bermain game di laptop sambil cas berbahaya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, ya.