Cara upgrade SSD laptop yang semula HDD pada umumnya dilakukan sobat maxcloud untuk mendapatkan performa perangkat yang lebih cepat. Dikutip dari laman Kinsta, Solid State Drive (SSD) merupakan perangkat penyimpanan yang bisa membaca, menyimpan dan menulis data secara permanen tanpa sumber daya yang konstan. 

Sementara itu, merangkum dari artikel ilmiah yang berjudul Implementasi dan Analisis Forensika Digital pada Fitur Trim Solid State terbitan UIN Sunan Kalijaga, salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan fungsi penyimpanan laptop adalah mengubah HDD menjadi SSD. SSD diklaim lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan HDD, karena mempunyai arsitektur berupa flash storage yang memberikan kecepatan untuk membaca dan menuliskan data secara lebih baik. 

Di kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara upgrade SSD laptop secara lengkap. Bagi sobat maxcloud yang ingin tahu penjelasan selengkapnya, yuk simak sampai dengan selesai. 

Apa Itu SSD? 

SSD merupakan singkatan dari solid state drive. Perangkat ini berfungsi sebagai ruang penyimpanan sama seperti dengan HDD. Ini merupakan media penyimpanan yang berkapasitas tinggi dengan sistem dan konsep kerja terbaru. 

SSD bisa dengan mudah menyimpan berbagai data pada perangkat laptop dan komputer. Keunggulan utama kenapa orang sering menggunakan ruang penyimpanan satu ini adalah kecepatan aksesnya. Dengan cara kerja yang berbasis flash, maka memungkinkan pembacaan dan penulisan data pada SSD sangat cepat.

Saat ini banyak orang yang menggunakan SSD sebagai ruang penyimpanan pada laptop maupun PC. Sudah muncul berbagai macam tipe dari SSD di pasaran dengan harga yang sangat eksklusif. Bahkan beberapa brand teknologi besar mulai berlomba-lomba untuk menciptakan perangkat ini. 

Fungsi SSD 

Fungsi SSD adalah membaca, menulis dan memelihara data yang disimpan dalam keadaan permanen.  Sementara itu, ada beberapa fungsi SSD eksternal dan internal lainnya yang bisa sobat maxcloud gunakan untuk berbagai situasi. Berikut adalah beberapa diantaranya : 

1. Pekerjaan 

Fungsi SSD yang pertama bisa membantu sobat maxcloud dalam hal pekerjaan. Yup, sobag maxcloud bisa menggunakan SSD untuk menyimpan banyak data di laptop atau komputer. Proses pembacaan dan transfer datanya yang cepat tentunya akan mempermudah sobat maxcloud dalam bekerja. 

2. Main game 

Sobat maxcloud hobi bermain game? Jika iya, maka fungsi SSD bisa sobat maxcloud manfaatkan untuk membuat pengalaman main game jadi lebih menyenangkan. 

Pasalnya, fungsi SSD adalah bisa mempercepat proses dalam mengirimkan data. Sehingga, sobag maxcloud tidak perlu khawatir perangkat menjadi lemot. 

Cara Upgrade SSD Laptop 

Ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum menerapkan cara upgrade SSD laptop dari HDD. Dikutip dari LaptopMag, di bawah ini akan dijelaskan apa saja yang harus sobat maxcloud lakukan : 

1. Mencadangkan Data

Sebelum melakukan upgrade, sobat maxcloud  bisa mencadangkan data-data yang tersimpan di HDD. Lakukan petunjuk di bawah ini untuk mencadangkan data di laptop : 

  • Tekan tombol ‘Windows + X’ dari keyboard dan pilih ‘Control Panel’.
  • Selanjutnya, pilih opsi ‘Save backup copies of your files with File History’.
  • Di bagian sebelah kiri, pilih opsi  ‘System Image Backup’.
  • Akan muncul jendela pop up ‘Create a system image’, lalu pilih ‘On a hard disk’ dan di menu dropdown list pilih ‘External Drive’.
  • Tekan ‘Next’ dan ikuti petunjuk sampai dengan prosesnya selesai. 

2. Sambungkan SSD dengan Laptop 

Sekarang, sobat maxcloud  bisa mulai menyambungkan SDD ke laptop untuk memindahkan data dari HDD dengan langkah-langkah berikut : 

  • Sambungkan SSD terlebih dahulu menggunakan kabel USB.
  • Buka ‘Disk Management’ di laptop, lalu pilih ‘Create and format hard disk partitions’.
  • Sobat maxcloud  akan melihat SSD sebagai new disk di jendela Disk Management.
  • Apabila SSD tertulis ‘Not initialized’, klik kanan dan pilih opsi ‘Initialize disk’.
  • Selanjutnya, ubah ukuran partisi HDD supaya mirip dengan SDD atau lebih kecil. Caranya, klik kanan pada bagian HDD dan tekan ‘Shrink’.
  • Ubah ukuran HDD supaya sama atau lebih kecil dari SDD di bagian ‘Enter the amount of space to shrink in MB’, lalu klik tombol ‘Shrink’.
  • Jika sudah, restart laptop tersebut.

3. Cloning HDD 

Sekarang saatnya proses kloning data dari HDD ke SDD. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa sobat maxcloud ikuti: 

  • Instal aplikasi Backup Software, sobat maxcloud menyarankan untuk menggunakan EaseUs Todo Backup yang bisa diunduh melalui link berikut www.easeus.com/backup-software/tb-free.html.
  • Pada aplikasi EaseUs, di menu utama klik ‘Clone’. Ikuti petunjuk yang muncul di layar laptop, kemudian pilih disk sumber HDD dan tujuan kloning adalah SDD.
  • Selanjutnya, jika sudah siap untuk kloning, klik ‘Proceed’ dan pilih ‘Shut down computer when the operation completed’.
  • Pastikan di saat proses berlangsung laptop tersambung dengan charger karena proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. 

4. Mengganti HDD ke SSD 

Apabila proses di atas sudah selesai, ganti HDD ke SSD. Sobat maxcloud harus membongkar bagian body laptop untuk menggantinya menggunakan obeng khusus supaya laptop tidak tergores dan prosesnya berjalan mudah. 

5. Cek Laptop 

Proses terakhir adalah melakukan boot laptop. Sekarang nyalakan laptop dan cek apakah SSD yang terpasang sudah bisa berjalan dengan baik atau belum. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan : 

  • Tekan ‘Windows + S’ di keyboard laptop yang digunakan.
  • Pilih opsi ‘Defragment and optimize your drives’.
  • Pada jendela ‘Optimize Drives’, pastikan memori yang terdaftar adalah ‘Solid State Drive’.
  • Selesai.

Sekian cara upgrade SSD laptop dari HDD yang bisa sobat maxcloud lakukan. Apabila sobat maxcloud merasa ragu untuk melakukannya sendiri, bawa laptop ke service center terdekat. Semoga informasi di atas bisa membantu, ya.