Prosesor bertugas sebagai otak dari perangkat komputer atau laptop. Tugas yang berat ini menjadikan komponen prosesor sebagai salah satu patokan bagi sobat maxcloud ketika ingin membeli perangkat komputer baru. 

Prosesor AMD menjadi pesaing Intel selama beberapa tahun terakhir ini. Namun Intel masih menjadi pilihan bagi banyak orang untuk kebutuhan umum. 

Dari jajaran prosesor keluaran Intel yang sering di dengar dengan istilah Core i3, i5, i7, i9. Lalu, apakah sobat maxcloud tahu perbedaan Intel Core i3 i5 i7 i9? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Core Processor? 

Prosesor Intel Core pertama kali digunakan pada perangkat desktop di pertengahan tahun 2006, karena menggantikan istilah Pentium yang sebelumnya menjadi prosesor Intel kelas atas. Nama Core “i” sendiri pada dasarnya merupakan kategorisasi level tinggi untuk membedakan prosesor di dalam satu generasi. 

Bahkan, untuk nama Core “i” yang diikuti angka tertentu tidak berarti prosesor mempunyai sejumlah inti dan sejumlah angka. Sehingga, tidak akan memberikan jaminan fitur fitur yang ada di dalamnya. 

Fitur spesifik bisa berubah di setiap generasi. Seiring kemajuan teknologi, menjadikannya semakin murah untuk membuat komponen low-end yang mempunyai berkinerja tinggi. 

Hal ini juga berarti bahwa fitur yang ada, misalnya di Core i3 bisa saja tidak digunakan sama sekali di kelas berikutnya. Kinerja umum dalam CPU juga bisa berubah antar generasi.

Perbaikan tingkat rendah pada bagaimana CPU memproses informasi menghasilkan kinerja yang secara umum lebih baik, bahkan pada kecepatan clock yang lebih rendah daripada versi CPU sebelumnya. 

Maka dari itu, perbedaan Intel Core i3 i5 i7 i9 adalah istilah penting di dalam generasi masing-masing. Sebagai contoh, generasi Core i7 ketujuh “Kaby Lake” dan generasi ketiga Core i7 “Ivy Bridge” bisa berjalan pada kecepatan yang hampir sama dengan jumlah core. 

Pada dasarnya tidak berarti, karena bagian yang lebih baru masih tetap mempunyai kinerja lebih baik. Dengan mengingat hal tersebut, ada beberapa pedoman petunjuk yang bisa digunakan untuk memahami apa arti semua kelas yang berbeda-beda. 

Perbedaan Intel Core i3 i5 i7 i9 

Sebagai berikut adalah penjelasan lengkap mengenai perbedaan Intel Core i3 i5 i7 i9 : 

1.Intel Core i3 

Prosesor Intel Core i3 merupakan tempat jajaran Core yang dimulai untuk setiap generasi. Secara umum, prosesor Core i3 mempunyai jumlah inti lebih rendah dibandingkan CPU tingkat tinggi. 

Pada mulanya berarti bahwa Core i3 dimulai dengan prosesor dual-core. Namun, untuk generasi terbaru jumlah inti tersebut sudah naik menjadi empat inti di perangkat desktop. 

Dual-core Core i3 sebelumnya juga cenderung mempunyai empat thread atau sering dikenal sebagai Hyper-Threading. Intel sudah memutuskan untuk tidak menggandakan jumlah thread di dalam generasi Core i3, maka sebagai gantinya dibuat CPU dengan empat inti dan empat thread. 

Prosesor Core i3 juga mempunyai ukuran cache yang lebih rendah. Prosesor ini menangani lebih sedikit RAM dibandingkan prosesor Core lainnya dan mempunyai kecepatan clock yang bervariasi. Saat ini, prosesor desktop Core i3 generasi kesembilan mempunyai kecepatan clock tertinggi 4,6 GHz yaitu Core i3-9350K.

2. Intel Core i5 

Setingkat lebih tinggi dibandingkan Core i3 adalah Core i5. Prosesor Core i5 biasanya tidak mempunyai teknologi Hyper-Threading, tapi lebih banyak core saat ini menyediakan enam core dibandingkan Core i3 yang hanya empat core. 

Prosesor Core i5 baru yang dilengkapi dengan Hyper-Threading ini hanya ada di laptop dan tidak ada di desktop. Core i5 juga pada umumnya mempunyai kecepatan clock yang lebih tinggi, cache yang lebih besar dan bisa menangani lebih banyak memori. Penanganan grafik yang terintegrasi juga lebih baik. 

3. Intel Core i7 

Pada 2017, CPU Core i7 mempunyai Hyper-Threading untuk perangkat desktop tapi generasi yang lebih baru tidak. Prosesor ini mempunyai sejumlah inti yang lebih tinggi, maka delapan pada generasi 9 ini cachenya lebih besar dan keunggulan dalam kinerja grafis. Sayangnya, Intel Core i7 mempunyai kapasitas memori yang sama dengan Core i5 saat ini. 

4. Intel Core i9 

Core i9 ada di bagian paling atas pada kelas Intel Core. Saat ini masih jarang yang menggunakannya terutama di Indonesia. Jajaran Core i9 termasuk banyak prosesor yang berkinerja terbaik, seperti Core i9-9900K yang menjadi andalan para gamer untuk bermain game kelas berat. 

Pada tingkat Core i9 di generasi CPU kesembilan saat ini, terdapat delapan core, 16 thread, cache yang lebih besar daripada prosesor Core i5. Misalnya,  kecepatan clock lebih cepat hingga 5 GHz boost, dan penanganan yang lebih baik dalam kinerja grafis. Namun, untuk Core i9 CPU masih mempunyai kapasitas memori maksimum yang sama dengan Core i5.

Apabila sobat maxcloud adalah seorang gamer, cari minimal Core i7 atau yang lebih tinggi. Bahkan, sobat maxcloud juga masih bisa bermain game dengan Core i5 terbaru tapi tidak setangguh Core i7 dalam waktu beberapa tahun ke depan. 

Pembuat konten disarankan untuk memilih CPU Core i7 dan Core i9, karena mempunyai lebih banyak thread. Untuk tugas sehari-hari, seperti browsing web, mengerjakan perhitungan di Excel dan mengetik di Word, prosesor Core i3 sudah cukup untuk menyelesaikan semua itu. 

Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan Intel Core i3 i5 i7 i9. Semoga penjelasan di atas bisa menambah informasi dan bermanfaat, ya.