Asosiasi cloud dan hosting Indonesia atau yang disingkat dengan ACHI adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mengembangkan Industri Cloud dan Hosting di Indonesia. Anggota dari ACHI merupakan para perusahaan pelaku Industri Cloud dan Hosting di Indonesia, serta organisasi terkait partisipan Industri. 

Di kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa perusahaan yang bergabung pada asosiasi cloud dan hosting Indonesia. Bagi yang penasaran, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Perusahaan yang Bergabung di Asosiasi Cloud dan Hosting Indonesia 

Setelah mengetahui pengertian dari asosiasi cloud dan hosting Indonesia, sobat maxcloud juga harus mengerti deretan perusahaan yang bergabung. Sebagai berikut adalah perusahaan yang bergabung dengan asosiasi cloud dan hosting Indonesia : 

1. Indonesian Cloud (PT Indonesian Cloud) 

Indonesian Cloud merupakan penyedia layanan komputasi awan lokal yang menyediakan layanan platform cloud dan keamanan cloud di berbagai bidang. Indonesian Cloud adalah salah satu provider yang sudah bersertifikat ISO 9001 dan 2700. Bahkan, juga mempunyai sertifikasi pula pada Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) yang mendukung sektor keuangan dan perbankan. 

Indonesian Cloud menyediakan berbagai layanan, mulai dari teknologi dan infrastruktur cloud, layanan konsultasi tentang teknologi informasi, pemulihan bencana, keamanan siber dan masih banyak lagi. Informasi lebih lebih bisa membuka website https://indonesiancloud.com/.

2. Zettagrid Indonesia 

Zettagrid Indonesia merupakan penyedia layanan cloud computing yang sudah bersertifikasi internasional dan menyediakan berbagai produk canggih untuk infrastruktur dan keamanan cloud. Zettagrid menjadi provider edge cloud yang menyediakan produk seperti VMWare, Veeam Backup dan Disaster Recovery yang tersedia di delapan wilayah tersebar di area Asia Pasifik. 

Bahkan, Zettagrid menawarkan layanan cloud yang mudah digunakan dan beroperasi secara otomatis. Untuk informasi lebih lengkap, sobat maxcloud bisa membuka situs https://www.zettagrid.id/. 

3. CBN Cloud (PT Cyberindo Mega Persada) 

CBN Cloud atau PT Cyberindo Mega Persada merupakan salah satu pionir penyedia layanan cloud computing yang ada di Indonesia. Beroperasi sejak 2011, CBN Cloud terus menyediakan layanan cloud computing yang bisa memuaskan sobat maxcloud dengan berbagai produk. 

CBN Cloud saat ini mempunyai beberapa layanan seperti Computing as a Service, Software as a Service, Cloud Contact Center dan Cloud Managed Service. Platform CBN Cloud berlokasi di data center Tier III yang tersertifikasi ISO 27001 dan 9001 untuk memastikan keamanan data dan bisnis sobat maxcloud. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di https://www.cbncloud.co.id. 

4. Datacomm Cloud Business (PT. Datacomm Diangraha) 

Beroperasi sejak 2015, Datacomm Cloud Business adalah bagian dari Datacomm Diangraha yang sudah berfokus pada peluang komputasi awan di Indonesia untuk mendukung Indonesia 4.0. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan infrastruktur digital yang aman dan bisa diandalkan. 

Datacomm Cloud Business memastikan keamanan data pelanggannya dengan pusat data mandiri yang bersertifikasi internasional ISO 27001, 9000 dan 20000. Ada beberapa produk Datacomm antara lain seperti CloudCiti, Datacomm Azure Stack dan lainnya. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di https://datacommcloud.co.id/.

5. ViBiCloud (PT. Awan Integrasi Sandidata) 

ViBiCloud merupakan penyedia layanan cloud computing di Indonesia yang beroperasi sejak tahun 2014 dan mempunyai sertifikasi dari Microsoft Gold Hosting, Gold Devices dan Deployment. ViBiCloud menjadi satu-satunya provider komputasi awan yang merupakan partner Microsoft Cloud OS Network (COSN) di Indonesia. 

Salah satu layanan cloud computing dari ViBiCloud adalah private cloud dengan layanan 24 jam dan hybrid cloud yang bisa diintegrasi sesuai dengan keperluan para pelanggan. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di website https://vibicloud.com/. 

6. Wowrack Indonesia 

Wowrack Indonesia merupakan perusahaan teknologi penyedia solusi cloud computing, data center dan konektivitas. Wowrack Indonesia sudah menyediakan layanan komputasi awan sejak tahun 2015, dimulai dengan menyediakan layanan Cloud Raya untuk memberikan fasilitas berbagai startup di bidang digital. 

Layanan cloud computing yang disediakan oleh Wowrack Indonesia terdiri dari public dan private cloud yang mempunyai keamanan terjamin sesuai dengan standar ISO. Cloud Raya adalah solusi untuk cloud publik, sedangkan Private Cloud Wowrack menjadi solusi private cloud. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di website https://www.wowrack.co.id/. 

7. Cloudmatika (PT. Awan Solusi Informatika) 

Cloudmatika adalah penyedia layanan komputasi awan yang menggunakan teknologi hasil kerja sama dengan Tsukaeru Group dari Jepang. Cloudmatika juga menjadi perusahaan dengan 100% SLA, eo-distant disaster recovery serta layanan 24 jam untuk support

Infrastruktur yang disediakan oleh Cloudmatika sendiri antara lain seperti Cloud VPS, Virtual Data Center, Remote Application Center, Docker, Hosting Domain dan SSL dan masih banyak yang lainnya lagi. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di website https://www.cloudmatika.co.id/.

8. DesktopIT (PT. DesktopIT Teknologi Indonesia) 

DesktopIP adalah penyedia layanan cloud computing yang mengintegrasi solusi end-to-end manajemen yang ter virtualisasi untuk menyediakan produk cloud. Bahkan, bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan bisnis. 

Untuk layanan komputasi awan yang disediakan oleh desktopIP sendiri, antara lain seperti online storage, working studio dan virtual private server yang semuanya berbasis cloud. Layanan yang akan datang dari desktopIP adalah virtual data center. Informasi lebih lanjut bisa dilihat melalui website https://desktopip.com/. 

Itulah dia 8 perusahaan asosiasi cloud dan hosting Indonesia. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa membantu dan bermanfaat, ya.