Sebelum adanya penyimpanan data secara online, maka proses penyimpanan hanya bisa dilakukan di perangkat keras. Misalnya, menggunakan memori card, flashdisk maupun komputer itu sendiri. 

Untuk saat ini, penyimpanan data hanya bisa dilakukan secara online dengan cara mengunduh layanan cloud. Supaya bisa mengakses data tersebut, maka sobat maxcloud hanya membutuhkan koneksi atau jaringan internet yang kencang. 

Layanan cloud ini ada yang gratis dan berbayar. Apabila data yang disimpan tidak terlalu banyak, maka bisa menggunakan cloud gratis saja sudah lebih dari  cukup. 

Namun ketika sobat maxcloud membutuhkan kapasitas yang lebih besar, maka akan dikenakan biaya. Untuk salah satu kelebihan di saat menyimpan data di dalam cloud adalah lebih aman. 

Bahkan, untuk tingkat resiko kehilangan data juga lebih kecil. Juga tingkat efisiennya sangat tinggi, karena bisa diakses dimana dan kapan saja menggunakan ponsel. 

Lalu bagaimana cara menyimpan file di cloud gratis? Yuk, langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Cara Menyimpan File di Cloud Gratis 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk menyimpan file di dalam cloud bisa dilakukan secara mudah dan mudah. Untuk beberapa tahapan atau cara menyimpan file di cloud gratis yang bisa dilakukan adalah : 

1. Memilih Layanan Cloud yang Akan Digunakan

Saat ini ada banyak sekali penyedia layanan cloud yang bisa digunakan. Misalnya Google Drive, Dropbox, Mega, iCloud dan masih banyak yang lainnya lagi. 

Pilih saja salah satu dari yang sudah disebutkan diatas dan sesuaikan dengan kebutuhan sobat maxcloud. Untuk cara menentukannya bisa dengan melihat besaran ruang penyimpanan yang telah diberikan secara gratis tersebut. Boleh saja sobat maxcloud memilih layanan yang memberikan ruang penyimpanan paling besar. 

2. Membuat Akun 

Cara menyimpan file di cloud gratis berikutnya adalah membuat akun dengan menggunakan email. Apabila belum mempunyai email, maka harus membuatnya terlebih dahulu. 

3. Unggah Data Pada Cloud 

Apabila sudah mempunyai akun, maka sobat maxcloud bisa langsung unggah data yang akan disimpan di dalam cloud. Hampir semua format data bisa disimpan, mulai dari diri, video, audio, word, pdf dan masih banyak yang  lainnya lagi. 

Apabila sobat maxcloud sewaktu-waktu membutuhkan data yang sudah diunggah sebelumnya. Maka, bisa mengaksesnya kapan saja asalkan masih tersambung dengan jaringan internet. 

Rekomendasi Cloud Gratis yang Bisa Digunakan dan Dipilih 

Setelah paham dengan cara menyimpan file di cloud gratis, maka masih ada beberapa hal lain juga harus dipahami. Sebagai berikut adalah beberapa pilihan layanan cloud gratis yang bisa dipilih dan digunakan : 

1. Onedrive 

Onedrive merupakan salah satu layanan penyimpanan data online yang biasanya digunakan oleh para pengguna Windows. Di dalam Windows 10, untuk aplikasi satu ini akan di install secara otomatis dengan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 5GB.

Apabila kapasitas tersebut terlalu kecil, maka sobat maxcloud bisa melakukan upgrade sampai dengan 100GB. Tentunya hal tersebut akan dikenakan biaya tambahan. 

2. IDrive 

IDrive juga termasuk menjadi layanan cloud storage yang paling terbaik. Kenapa? Pasalnya cloud IDrive yang satu ini tidak akan membuat file yang sudah terhapus atau dihapus menjadi hilang secara otomatis. 

Artinya, untuk data tersebut akan tetap tersimpan secara aman di dalam server. Selain itu, IDrive ini juga mempunyai beberapa fitur untuk mengirim harddisk fisik di saat sewaktu-waktu ada data yang hilang. 

3. PCloud 

PCloud sangat cocok sekali digunakan untuk menyimpan file dalam ukuran yang besar. Di dalam hal ini, PCloud ini tidak mempunyai batasan tertentu di dalam perihal ukuran file. 

Di saat menggunakan PCloud akan diberikan berbagai macam fitur yang menarik. Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa digunakan pada laptop, ponsel maupun website. 

4. Dropbox 

Sampai dengan sekarang, Dropbox menjadi pilihan cloud storage gratis yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Selain itu, Dropbox menyediakan kapasitas yang sangat besar yaitu 2GB untuk sobat maxcloud secara gratis. 

Namun, untuk kapasitas tersebut bisa bertambah menjadi 18GB ketika sobat maxcloud berhasil mengajak 32 orang menggunakan Dropbox. Di dalam cloud storage ini bisa digunakan di laptop dan ponsel 

5. SpiderOak One

Bagi sobat maxcloud yang masih awam dengan dunia teknologi, maka layanan kali ini baru pertama kali didengar. SpiderOak One merupakan aplikasi cadangan data secara online. 

Di saat menggunakan aplikasi yang satu ini, sobat maxcloud bisa membuat folder atau file apa saja di dalam sistem komputer. Bahkan, sobat maxcloud juga bisa mencadangkan beberapa file. Lebih menariknya lagi di dalam aplikasi ini bisa memberikan kemungkinan kepada sobat maxcloud untuk berbagai file yang dicadangkan kepada orang lain. 

6. Mega 

Aplikasi layanan penyimpanan data online kali ini sudah banyak digunakan, karena mudah dioperasionalkan dan fitur menarik. Pada layanan yang satu ini berbasis situs dengan nama mengupload.com. 

Untuk para pengguna bisa menyimpan berbagai file di dalam layanan tersebut dengan ukuran yang besar. Ruang penyimpanan yang diberikan secara gratis oleh Mega adalah 50GB. 

7. Tresorit 

Layanan cloud kali ini menggunakan sistem enkripsi yang sangat aman, karena tidak mudah ditembus oleh para pengguna lain. Tresorit menjadi salah satu layanan cloud storage gratis yang sangat cocok digunakan di dalam menyimpan data penting, seperti perusahaan, pribadi dan masih banyak lainnya lagi. 

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara menyimpan file di cloud gratis dan beberapa rekomendasi layanan penyimpanan yang bisa digunakan. Semoga dengan adanya penjelasan di atas sudah tidak ada lagi kalangan masyarakat yang bingung, ketika akan menyimpan data secara online.