Layanan cloud gaming kini semakin berkembang dan banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Teknologi ini memungkinkan para gamers untuk memainkan beberapa game favorit mereka di mana dan perangkat apa saja tanpa harus repot-repot melakukan instal game yang akan memakan ruang penyimpanan di perangkat. 

Namun di balik berbagai kelebihan yang dimiliki, ternyata cloud gaming juga mempunyai beberapa kelemahan yang harus diperhatikan. Jadi, sebenarnya apa itu cloud gaming? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Cloud Gaming ? 

Cloud gaming adalah layanan game yang dimainkan melalui perangkat komputer atau perangkat seluler dengan memanfaatkan teknologi cloud computing. Game disimpan dan dijalankan di server jauh, kemudian hasil rendernya diterima via streaming ke perangkat sobat maxcloud. Cloud gaming tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi ìtinggi dan hanya membutuhkan koneksi internet yang mumpuni. 

Kelebihan Cloud Gaming 

Setelah paham dengan pengertian cloud gaming, sobat maxcloud juga harus paham dengan beberapa kelebihannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dari cloud gaming yang harus diketahui : 

1. Kompatibel dengan Berbagai Perangkat 

Hal ini dikarenakan game yang dijalankan dari server, sehingga sistem tersebut bisa dengan mudah diakses melalui berbagai perangkat. Mulai dari laptop, PC dan smartphone Android dan iOS. Bahkan, juga bisa diakses pula melalui smart TV.

Namun memang ada beberapa layanan meminta instalasi aplikasi, yang tergolong cukup ringan. Ada juga yang hanya bisa diakses melalui browser, tapi tetap bisa dijalankan di berbagai perangkat. 

2. Tidak Membutuhkan Perangkat Keras 

Cloud gaming tidak membutuhkan perangkat hardware atau keras khusus, karen bisa diakses dari beragam perangkat dengan server dan koneksi internet. Hal ini jelas berbeda dengan konsol game yang harus menggunakan perangkat. 

Selain itu, dikarenakan proses dilakukan melalui server maka perangkat gaming khusus seperti PC gaming dengan spesifikasi tinggi juga tidak diperlukan. Sobat maxcloud cukup menyediakan laptop, PC maupun smartphone yang bisa terkoneksi internet. 

3. Tidak Perlu Melakukan Upgrade Hardware Terbaru 

Bagi sobat maxcloud yang bermain game menggunakan PC sebagai medianya, maka seringkali harus melakukan upgrade terhadap hardware agar tetap kompatibel dengan game terbaru dengan fitur lebih canggih. Terlebih lagi game yang mempunyai spesifikasi berat. 

Cloud gaming tidak membutuhkan upgrade secara berlebihan sesuai dengan spesifikasi berat dari game tertentu. Hal ini karena penggunaan streaming server yang tidak akan memberatkan sistem PC atau perangkat hardware yang kemungkinan besar belum di upgrade

4. Hemat Penyimpanan Perangkat 

Seperti deskripsi sebelumnya mengenai sistem perangkat, cloud gaming yang dijalankan hanya dengan server internet tidak akan memberatkan memori penyimpanan di perangkat sobat maxcloud. Artinya, semakin banyak game yang dimiliki maka tidak akan berpengaruh pada penyimpanan lokal.

5. Cloud Gaming Bersifat Aman 

Hal ini dikarenakan game yang dijalankan berada di server yang lingkungannya terpisah dengan perangkat sobat maxcloud. Maka dari itu, hal seperti error tidak akan merusak atau berdampak pada perangkat yang digunakan. 

Sobat maxcloud juga tidak membutuhkan lapisan keamanan ekstra ketika sering online untuk bermain. Maka dari itu, penyedia layanan cloud gaming akan memberikan perlindungan ekstra pada platform miliknya. 

Kekurangan Cloud Gaming 

Tidak hanya sekedar mempunyai kelebihan, tapi cloud gaming juga masih mempunyai kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari cloud gaming : 

1. Wajib Online 

Karena game dijalankan di server, maka membutuhkan koneksi internet terus menerus selama bermain. Cloud gaming tidak akan bisa dijalankan di dalam mode offline dibandingkan konsol game maupun PC. 

Konsol game dan PC mempunyai banyak game yang bisa dimainkan sendiri dalam kondisi offline. Hanya membutuhkan internet untuk login, download game dan bermain game online. 

2. Internet Kencang Masih Kurang 

Selain wajib selalu online, sobat maxcloud juga dituntut kehandalan dari koneksi internet. Kecepatan juga bukan satu-satunya faktor penting, tapi juga latensi dari jaringan. 

Latensi koneksi dari server ke perangkat juga sangat penting supaya nyaman digunakan untuk bermain game. Karena latensi lamban juga berdampak pada  tampilan yang membuat sobat maxcloud tidak nyaman. 

Buat sobat maxcloud yang menggunakan internet kuota atau FUP, cloud gaming akan memakan banyak kuota terlebih untuk memainkan dalam resolusi dan framerate tinggi. Artinya, sobat maxcloud disarankan menggunakan paket jaringan unlimited agar tidak boros kuota internet. 

3. Masih Sedikit Pilihan Game yang Tersedia 

Sebagai platform gaming, library game tentu menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Hal tersebut sampai sekarang masih kurang dimiliki oleh layanan cloud gaming. Secara jumlah masih jauh kalah dibanding PlayStation, Xbox, Nintendo dan PC gaming. 

Meski secara bertahap pengembang game menghadirkan karyanya ke cloud, tapi pertumbuhannya belum menandingi platform konvensional. Banyaknya game masih menjadi salah satu batasan bagi cloud gaming. 

4. Biaya Berlangganan yang Mahal 

Perusahaan cloud gaming biasanya menerapkan biaya berlangganan untuk mengakses layanan yang dimiliki. Untuk biaya berlangganan ini bisa menjadi hambatan bagi sobat maxcloud dan terutama bagi mereka yang mempunyai anggaran terbatas. 

5. Perihal Perizinan 

Perizinan untuk menyediakan layanan cloud gaming ini juga menjadi salah satu kendala yang harus  diatasi. Pemerintah di berbagai negara masih belum mempunyai regulasi yang jelas mengenai layanan cloud gaming. 

Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai apa itu cloud gaming, kelebihan dan kekurangannya. Semoga adanya penjelasan di atas bisa memberikan informasi kepada sobat maxcloud yang belum banyak paham mengenai layanan cloud gaming.