Penggunaan iPhone dari waktu ke waktu akan membuat memori penyimpanannya semakin penuh. Hal kali ini memang wajar, tapi bukan berarti sobat maxcloud bisa membiarkannya begitu saja.

Pasalnya, untuk memori yang penuh ini bisa membuat kinerja iPhone mengalami penurunan. Maka dari itu, tidak ada salahnya sobat maxcloud mengetahui dulu cara membersihkan penyimpanan iPhone.

Memori penyimpanan HP iPhone milik sobat maxcloud perlu dibersihkan? Yuk, simak 6 cara membersihkan penyimpanan iPhone yang ada di bawah ini.

Cara Membersihkan Penyimpanan iPhone

Sebagai berikut adalah 6 cara membersihkan penyimpanan iPhone yang bisa sobat maxcloud lakukan :

1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Cara membersihkan penyimpanan iPhone yang bisa sobat maxcloud lakukan adalah menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan. Aplikasi yang sudah lama tidak digunakan biasanya sudah tidak dibutuhkan lagi.

Hal yang satu ini bisa menjadi salah satu penyebab dari memori internal iPhone cepat penuh. Maka dari itu, sobat maxcloud bisa menghapus atau uninstall aplikasi tersebut.

Sobat maxcloud bisa menghapus aplikasi di iPhone dengan praktis dan mudah. Caranya adalah menghapus secara manual. Ketik dan tahan layar home sampai dengan muncul logo aplikasi bergoyang-goyang.

Apabila sudah, klik ikon berbentuk silang yang ada di bagian pojok kiri atas logo aplikasi tersebut. Setelah itu, klik opsi ‘Delete’ atau ‘Hapus’. Maka, aplikasi sudah terhapus secara otomatis.

2. Hapus Cache di Browser Safari

Bagaimana cara mengatasi memori iPhone yang penuh? Hal kali ini bisa sobat maxcloud lakukan dengan cara menghapus cache yang ada di browser safari.

Cache merupakan data sementara yang berisi kegiatan para pengguna di waktu menjalankan aplikasi atau mengakses web melalui browser. Maka dari itu, cache yang terlalu lama dibiarkan ini bisa membuat memori perangkat semakin penuh.

Sobat maxcloud juga bisa menghapus cache yang ada di browser safari di iPhone. Caranya mudah sekali, yaitu masuk di safari dan pilih tombol penanda.

Klik tombol ‘Riwayat’ dan mengetik ‘Bersihkan’. Selanjutnya, pilih jumlah riwayat penelusuran yang ingin sobat maxcloud bersihkan. Apabila sudah, proses penghapusan cache akan dimulai.

Setelah cache terhapus, maka memori internal yang ada di iPhone akan lebih longgar. Hal ini bisa membantu sobat maxcloud di dalam menggunakan gawai secara lebih leluasa. Di samping itu, respon yang diberikan oleh perangkat tersebut juga akan lebih cepat dan bisa memberikan kepuasan tersendiri.

3. Hapus Pesan Lama

Bagaimana cara membersihkan penyimpanan iPhone? Sobat maxcloud bisa melakukan dengan menghapus pesan lama. Pada umumnya, pesan tidak akan memakan banyak ruang, kecuali sobat maxcloud mempunyai banyak teks yang dihadirkan dengan lampiran gambar. Meski begitu, tidak ada salahnya sobat maxcloud menghapus pesan secara rutin supaya memori pada gawai tetap terjaga dengan baik.

Bahkan, sobat maxcloud juga bisa menghapus pesan atau semua percakapan secara manual. Selain itu, juga bisa mengubah pengaturan iPhone supaya menghapus tema lama setelah 1 bulan atau 1 tahun secara otomatis.

Cara yang bisa sobat maxcloud lakukan untuk menghapus pesan adalah membuka dulu aplikasi ‘Pengaturan’. Lalu, pilih ‘Pesan dan klik ‘Simpan Pesan’.

Pada layar berikutnya, pilih 30 hari atau 1 tahun untuk menentukan penyimpanan pesan di dalam waktu tertentu sebelum dihapus. Sobat maxcloud akan melihat pop-up sebagai konfirmasi apakah ingin menghapusnya.

4. Hapus Media yang Tidak Digunakan

Kenapa memori iPhone sobat maxcloud cepat penuh? Salah satu penyebab yang sering ditemukan adalah ada banyak penumpukan media di perangkat tersebut.

Biasanya berbagai media ini tetap ada di gawai sobat maxcloud  meski sudah tidak dibutuhkan lagi. Misalnya, foto, video, lagu dan dokumen. Hal yang satu ini bisa saja membuat memori internal pada terkikis.

Sobat maxcloud bisa menghapus media yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Data media bisa sobat maxcloud hapus dengan cara membuka galeri iPhone. Buka album, lalu pilih foto maupun video yang dirasa sudah tidak dibutuhkan dan dihapus.

Setelah terhapus dari album, sobat maxcloud bisa mengecek folder ‘Baru Dihapus’. Klik opsi ‘Pilih’.  dan klik opsi ‘Hapus Semua’ supaya berbagai data media di perangkat sobat maxcloud terhapus secara permanen.

5. Hapus Musik

Salah satu hal yang bisa membuat memori iPhone cepat penuh adalah musik. Tapi, sobat maxcloud bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan cara melihat memori iPhone. Lihat memori iPhone dimana? Sobat maxcloud bisa membuka ‘Pengaturan’, lalu klik ‘Umum’ dan pilih ‘Penyimpanan iPhone’. Setelah itu, sobat maxcloud bisa melihat detail penyimpanan yang ada di sana.

Menghapus musik bisa dilakukan untuk memulihkan ruang penyimpanan. Buka dulu ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Umum’ dan ketuk ‘Penyimpanan iPhone’. Setelah itu temukan aplikasi musik pada daftar dan kemudian ketuk.

Geserlah ke arah kiri pada artis musik yang akan sobat maxcloud hapus. Klik ‘Hapus’ atau bisa juga mengetuk artis untuk menghapus trek secara individual atau album tertentu.

6. Memanfaatkan Pencadangan Cloud Secara Online

Bagaimana cara membersihkan penyimpanan iPhone tanpa menghapus data? Hal yang satu ini mudah sekali untuk dilakukan. Apabila sobat maxcloud tidak  ingin menghapus file media, maka lakukanlah pencadangan data.

Bisa juga memanfaatkan layanan Cloud online yang telah tersedia saat ini. Untuk beberapa pilihan Cloud online yang biasa digunakan sobat maxcloud secara gratis adalah iCloud, Dropbox dan Google Drive.

Sobat maxcloud juga bisa memilih layanan Cloud yang dirasa paling mudah dan maksimal untuk digunakan. Apabila semua data yang sobat maxcloud salin ke sana sudah diunduh dengan tepat, maka hapus yang ada di gawai tersebut.

Hal ini akan membantu sobat maxcloud lebih mudah mendapatkan ruang penyimpanan internal yang lebih luas. Dengan begitu, maka penggunaan gawai juga  akan terasa semakin praktis, efisien dan sesuai keinginan.

Sebagai informasi tambahan, pemilihan layanan Cloud ini bisa sobat maxcloud lakukan dengan pertimbangan tertentu. Misalnya dari besarnya kapasitas memori yang disediakan, kemudahan untuk mengaksesnya di kemudian hari dan kehadiran layanan gratisnya. Dengan begitu, maka penggunaan layanan tersebut bisa dimaksimalkan dalam memenuhi kebutuhan pengguna.

Nah, itulah dia 6 cara membersihkan penyimpanan iPhone. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat, ya.