Cara mematikan penyimpanan USB sebenarnya menjadi salah satu hal yang paling mudah untuk dilakukan. Namun, saat ini banyak dari sobat maxcloud yang masih bingung bagaimana caranya.

Hal ini sudah wajar terjadi, apalagi bagi sobat maxcloud yang mungkin baru saja mengalami hal seperti ini saat menggunakan WhatsApp. Maka dari itu, simak informasi yang sudah ada di bawah ini terkait cara mematikan penyimpanan USB.

Penyebab Notifikasi Penyimpanan USB di HP Muncul

Sebelum masuk ke pembahasan inti dari cara mematikan penyimpanan USB, sobat maxcloud harus paham mengenai beberapa penyebabnya terlebih dahulu. Berikut adalah deretan penyebab notifikasi penyimpanan USB di HP muncul :

1. USB Debugging Aktif

Saat sobat maxcloud mengaktifkan USB Debugging di perangkat HP yang digunakan, maka notifikasi penyimpanan USB mungkin akan muncul setiap kali menghubungkannya ke komputer. USB Debugging merupakan mode yang digunakan oleh pengembang untuk menguji dan memecahkan berbagai masalah aplikasi. Untuk mengatasi masalah ini, cukup matikan USB Debugging dalam pengaturan pengembang perangkat sobat maxcloud.

2. Kerusakan Pada Kabel USB

Kabel USB yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan notifikasi penyimpanan USB muncul secara berkala. Pastikan sobat maxcloud menggunakan kabel USB yang baik dan coba ganti kabel ketika sudah menduga ada kerusakan pada kabel yang digunakan.

3. Perangkat Lunak Tidak Stabil

Terkadang, masalah perangkat lunak atau aplikasi yang tidak stabil juga bisa menyebabkan notifikasi penyimpanan USB muncul. Pembaruan perangkat lunak atau memeriksa aplikasi yang mungkin menyebabkan masalah ini bisa membantu.

Cara Mematikan Penyimpanan USB

Berikut adalah beberapa cara mematikan penyimpanan USB yang bisa sobat maxcloud lakukan :

1. Menonaktifkan dengan Opsi Pengembang

Apabila sobat maxcloud menonaktifkannya terlebih dahulu, maka bisa melalui opsi pengembang. Fitur ini mencakup semua pengaturan yang mungkin belum ditemukan sebelumnya.

Sekarang pengguna Xiaomi bisa mengikuti cara ini dan pengguna lain menunya mungkin sedikit berbeda. Maka dari itu, sobat maxcloud bisa menggunakan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Pastikan sobat maxcloud sudah mengaktifkan opsi pengembang. Kemudian membuka aplikasi Pengaturan.
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi menu Lanjutan.
  • Gulir ke bawah lagi dan biasanya pilih menu Opsi Pengembang dari sana.
  • Aktifkan menu dengan menggerakkan slider.
  • Kemudian temukan opsi menu bernama Optimasi emulasi kartu SD, lalu matikan menu tersebut. Setelah dimatikan, nah saat buka WhatsApp tidak ada pesan yang meminta untuk mematikan USB storage seperti dulu.
  • Untuk sobat maxcloud yang tidak mempunyai opsi menu seperti di atas, maka bisa memeriksa opsi USB debugging.
  • Di Opsi Pengembang, gulir ke bawah lebih jauh dan temukan opsi menu USB Debugging.
  • Sekarang pastikan menu dinonaktifkan dan tidak aktif.
  • Apabila masih aktif, geser slider untuk mematikannya.

2. Hidupkan Ulang

Cara mematikan penyimpanan USB berikutnya adalah melakukan reboot atau reboot ponsel. Restart berarti masalah atau bug, misalnya, bisa segera diperbaiki. Menurut beberapa pengguna, reboot berhasil menyelesaikan masalah tersebut. Sebagai berikut adalah langkah-langkah untuk memulai kembali :

  • Tekan dan tahan tombol daya di perangkat yang digunakan.
  • Kemudian akan muncul opsi menu Power dan pilih opsi Start atau Restart.
  • Tunggu sampai dengan ponsel untuk reboot. Beberapa ponsel mungkin mempunyai kombinasi tombol daya dan volume naik, terutama di jajaran ponsel saat ini.

3. Menggunakan Langkah Pemulihan

Apabila masih tidak bisa, solusi efektifnya adalah melakukan factory reset pada ponsel yang sobat maxcloud gunakan. Cara mematikan penyimpanan USB kali ini sangat efektif, terutama di saat terjadi error atau setting sebelumnya salah.

Misalnya, sobat maxcloud bisa memperbaikinya dengan cara melakukan reset pabrik. Namun perlu juga dicatat, bahwa reset pabrik akan menghapus semua data yang ada di ponsel. Jadi lebih baik menyalin beberapa file penting terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.

Sobat maxcloud juga bisa mereset sendiri, karena setiap handphone mempunyai langkah yang berbeda antar merek satu dengan lainnya. Jadi lakukan sesuai dengan seri handphone masing-masing. Sobat maxcloud juga bisa membuatnya lebih mudah dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Pergi ke pengaturan.
  • Lalu bisa langsung ketuk ikon pencarian yang ada di sudut kanan atas.
  • Kemudian ketik restore dan menu restore akan muncul secara otomatis.
  • Ikuti semua petunjuk yang diberikan.

4. Mulai Ulang Ponsel

Cara mematikan penyimpanan USB  berikutnya adalah melakukan reboot atau reboot ponsel yang digunakan. Restart berarti masalah atau kesalahan yang bisa diberikan secara cepat.

Menurut beberapa pengguna, reboot berhasil menyelesaikan beberapa masalah. Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk memulai ulang HP kembali:

  • Tekan dan tahan tombol daya.
  • Kemudian akan muncul olsi menu Power dan pilih opsi Start atau Restart. Tunggu sampai dengan ponsel melakukan reboot.
  • Beberapa ponsel mungkin mempunyai kombinasi tombol power dan volume up, terutama di jajaran ponsel saat ini.

5. Update Perbarui Sistem

Pembaruan sistem perangkat sobat maxcloud bisa mengatasi masalah notifikasi yang tidak diinginkan. Pastikan sobat maxcloud menjalankan perangkat dengan versi perangkat lunak terbaru yang tersedia. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk update pembaharuan sistem.

  • Membuka aplikasi Pengaturan.
  • Gulir ke bawah hingga sobat maxcloud menemukan opsi Pembaruan Perangkat Lunak atau Tentang Ponsel.
  • Pilih opsi ini dan periksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia. Apabila ada, instal pembaruan tersebut.
  • Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama, maka pastikan baterai sobat maxcloud full sebelum melakukan pembaharuan sistem.

Itulah dia penyebab dan cara mematikan penyimpanan USB yang bisa digunakan secara mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.