Di dalam era serba digital yang terus berkembang seperti sekarang, konektivitas jaringan menjadi sangat penting bagi berbagai jenis organisasi maupun bisnis. Mikrotik sudah menjadi salah satu solusi yang paling populer untuk mengelola jaringan secara efektif dan efisien.

Di dalam upaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan mengoptimalkan kinerja jaringan, salah satu langkah yang bisa diterapkan adalah cara setting cloud mikrotik. Bagi sobat maxcloud yang penasaran, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Cloud Mikrotik?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan inti cara setting cloud mikrotik, sobat maxcloud harus mengerti pengertian dari cloud mikrotik terlebih dahulu. Cloud mikrotik merupakan platform yang memungkinkan sobat maxcloud untuk mengelola perangkat jaringan Mikrotik mereka secara remote melalui internet.

Dengan menggunakan cloud Mikrotik, maka bisa mengakses perangkat jaringan dari mana saja asal terhubung dengan internet. Ini membuat manajemen jaringan menjadi lebih fleksibel dan bisa diakses dengan mudah, tanpa harus berada di lokasi fisik perangkat.

Persiapan Sebelum Menerapkan Cara Setting Cloud Mikrotik

Sebelum memulai proses setting cloud mikrotik, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa konfigurasi berjalan dengan lancar dan efisien. Sebagai berikut adalah persiapan yang harus dipersiapkan sebelum menerapkan cara setting cloud mikrotik :

1. Memahami Kebutuhan Jaringan

Sebelum mengatur cloud mikrotik, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami kebutuhan jaringan kamu. Ini melibatkan beberapa hal sebagai berikut :

  • Mengidentifikasi Kebutuhan Jaringan: Pertama, identifikasi apa yang ingin sobat maxcloud capai dengan konfigurasi cloud Mikrotik. Apakah sobat maxcloud ingin meningkatkan kinerja jaringan, meningkatkan keamanan atau mengoptimalkan manajemen jaringan?
  • Menentukan Jenis Layanan Cloud Mikrotik yang Sesuai: Berikutnya, menentukan jenis layanan cloud Mikrotik yang sesuai dengan kebutuhan sobat maxcloud. Apakah sobat maxcloud membutuhkan layanan publik, pribadi atau hybrid? Apakah sobat maxcloud memerlukan fleksibilitas solvabilitas atau keamanan yang tinggi? 

2. Mempersiapkan Perangkat Keras dan Lunak 

Setelah sobat maxcloud memahami kebutuhan jaringan, langkah berikutnya adalah mempersiapkan perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk setting cloud Mikrotik. Ini melibatkan beberapa hal sebagai berikut : 

  • Persiapan Perangkat Keras yang Dibutuhkan: Pastikan sobat maxcloud mempunyai perangkat keras yang sesuai dengan kebutuhan jaringan. Ini termasuk router Mikrotik yang kompatibel dengan konfigurasi cloud Mikrotik.
  • Instalasi Perangkat Lunak Mikrotik pada Perangkat: Selanjutnya, instalasi perangkat lunak Mikrotik pada perangkat sobat maxcloud. Pastikan sudah mengikuti petunjuk instalasi yang telah disediakan oleh Mikrotik dan melakukan konfigurasi awal yang dibutuhkan sebelum mengatur cloud Mikrotik. 

Cara Setting Cloud Mikrotik

Apabila sudah mempersiapkan semua hal yang sudah disebutkan di atas, maka sobat maxcloud bisa melanjutkan ke cara setting cloud mikrotik. Sebagai berikut adalah cara setting cloud mikrotik yang harus sobat maxcloud lakukan : 

1. Membuat Akun Mikrotik Cloud 

Cara setting cloud mikrotik pertama adalah membuat akun Mikrotik Cloud. Berikut adalah langkah-langkahnya: 

  • Cara Mendaftar Akun Mikrotik Cloud: Kunjungi situs web resmi Mikrotik dan mencari opsi untuk mendaftar akun cloud. Isi semua formulir pendaftaran dengan benar dan valid, sesuai dengan informasi yang dibutuhkan seperti alamat email dan kata sandi.
  • Verifikasi Akun dan Masuk ke Dashboard: Setelah mendaftar, sobat maxcloud akan menerima email verifikasi dari Mikrotik. Ikuti instruksi dalam email untuk melakukan verifikasi akun. Setelah verifikasi selesai, sobat maxcloud bisa masuk ke dashboard Mikrotik Cloud dengan menggunakan kredensial yang didaftarkan. 

2. Menyiapkan Konfigurasi Awal 

Cara setting cloud mikrotik berikutnya adalah menyiapkan konfigurasi awal cloud Mikrotik. Ini meliputi beberapa langkah berikut : 

  • Mengatur Nama Jaringan dan Lokasi Geografis: Pada dashboard Mikrotik Cloud, cari opsi untuk mengatur nama jaringan dan lokasi geografis sobat maxcloud. Ini bisa membantu di dalam mengidentifikasi jaringan dengan mudah dan memastikan akurasi lokasi geografis.
  • Memilih Mode Koneksi yang Sesuai: Pilih mode koneksi yang sesuai dengan kebutuhan jaringan sobat maxcloud, apakah itu dynamic atau static. Mode koneksi ini memberikan pengaruh terhadap bagaimana perangkat mikrotik terhubung ke cloud. 

3. Menghubungkan Perangkat Mikrotik ke Cloud

Setelah konfigurasi awal sudah selesai, cara setting cloud mikrotik berikutnya adalah menghubungkan perangkat mikrotik ke cloud. Ini meliputi beberapa langkah berikut : 

  • Konfigurasi Perangkat Mikrotik untuk Terhubung ke Cloud: Di perangkat Mikrotik, sobat maxcloud bisa membuka pengaturan dan cari opsi untuk menghubungkan ke cloud. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengatur koneksi ke akun cloud.
  • Pengaturan Identitas Perangkat: Setelah perangkat terhubung ke cloud, maka bisa memberikan identitas yang jelas untuk perangkat tersebut. Cara ini termasuk memberikan nama yang deskriptif dan mengatur parameter identifikasi lainnya. 

4. Mengelola Jaringan dan Perangkat 

Untuk langkah yang terakhir adalah mengelola jaringan dan perangkat sobat maxcloud melalui dashboard cloud Mikrotik. Ini melibatkan beberapa langkah berikut: 

  • Menambahkan Perangkat ke dalam Jaringan Cloud: Tambahkan perangkat jaringan sobat maxcloud ke dalam jaringan cloud Mikrotik. Ini memungkinkan untuk manajemen sentral dari satu tempat.
  • Mengatur Izin Akses dan Pengaturan Keamanan: Atur izin akses untuk pengguna yang terhubung ke cloud Mikrotik sobat maxcloud dan pastikan pengaturan keamanan yang sesuai telah diimplementasikan. 

Demikian artikel mengenai cara setting cloud mikrotik dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas secara berurutan, sobat maxcloud akan berhasil mengatur cloud Mikrotik dengan mudah dan cepat.  Semoga dengan penjelasan di atas bisa memberikan manfaat dan informatif bagi sobat maxcloud yang masih belum tahu cara setting cloud mikrotik.