Memahami storage laptop menjadi salah satu kebutuhan penting bagi para sobat maxcloud. Terutama untuk semakin mengenali bagaimana fungsi atau kinerja saat digunakan. Termasuk mengetahui seperti apa kelebihannya untuk penggunanya.

Sistem operasi Windows akan memperkenalkan antarmuka yang lebih modern dan beberapa perubahan yang signifikan, termasuk tampilan dan cara mengakses storage pada laptop. Kelebihan lainnya adalah mempunyai berbagai fitur berkualitas untuk dinikmati.

Mulai dari Snap Layouts, Audio HRD mode hingga Direct Storage. Belum lagi bisa menjalankan berbagai aplikasi Android, sehingga terasa lebih fleksibel.

Berkaitan dengan storage laptop yang sudah terintegrasi semakin baik. Maka, untuk keamanan juga lebih optimal dan bisa memuaskan digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Tentunya ada berbagai update atau perubahan yang menyenangkan para penggunanya.

Salah satu perubahan lain yang ditemukan di sistem operasi Windows terbaru adalah cara mengakses menu. Misalnya ketika sobat maxcloud ingin mengetahui penyimpanan pada perangkat. Tentunya harus melakukan akses menggunakan panduan yang tepat supaya berhasil.

Walaupun sebelumnya tidak pernah melakukan pengecekan sama sekali, bukan menjadi masalah yang besar. Melainkan terdapat panduan khusus bisa diikuti dengan cepat dan akurat.

Di kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara cek penyimpanan laptop. Bagi sobat maxcloud yang penasaran, yuk bisa simak penjelasan di bawah ini sampai dengan selesai.

Cara Cek Penyimpanan Laptop

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa cara cek penyimpanan laptop ini harus diketahui oleh para penggunanya. Sebagai berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan ketika sobat maxcloud ingin mengecek penyimpanan di laptop :

1. Akses ke Pengaturan

Mengecek penyimpanan laptop pada dasarnya menjadi panduan yang harus dilakukan oleh sobat maxcloud. Pemakaian sistem operasi Windows Setting akan menjadi pilihannya. Di saat menggunakan laptop dengan sistem Windows, maka akses ke pengaturan bisa dilakukan dengan mudah melalui Start Menu atau klik ikon gear di taskbar.

Padahal untuk fungsinya sangat penting,karena bisa memperlihatkan kapasitas hardisk saat ini. Jika belum pernah menggunakan cara ini, maka tidak perlu kaget. Apalagi cara ini sangat mudah diikuti dan panduannya terbilang singkat.

Cara cek penyimpanan laptop yang harus dilakukan adalah mengakses ke Pengaturan atau Setting. Selain itu, sobat maxcloud juga bisa memilih menggunakan shortcut. Coba klik WIN+I yang nantinya akan diperlihatkan beberapa menu pengaturan.

Biasanya secara otomatis akan langsung terbuka, sehingga bisa segera digunakan. Langkah kali ini terbilang cepat dibandingkan dengan membuka sistem atau pilihan sejenis lainnya. Apalagi cara ini juga menyediakan informasi maupun fitur lengkap.

Untuk mengetahui berapa ruang penyimpanan laptop juga akan ditemukan pada opsi Settings. Pastikan untuk membukanya dan menunggu sampai dengan terbuka secara keseluruhan. Kemudian bisa melanjutkan ke tahapan menemukan menu system.

Sebenarnya untuk pengguna sistem operasi Windows masih diberikan banyak pilihan lain saat melakukan pengecekan penyimpanan. Mulai dari Disk Management, File Explorer dan Task Manager. Bahkan tidak jarang menggunakan Sistem Informasi untuk mengecek.

2. Navigasi ke “Storage”

Apabila sudah menemukan System dalam pengaturan, maka berikutnya adalah mencari storage laptop. Pastinya langkah kali ini terdapat di dalam menu tersebut. Jadi, bisa langsung dipilih untuk memperlihatkan informasi yang dibutuhkan.

Di menu pengaturan sistem, sobat maxcloud bisa menemukan dan klik opsi “Penyimpanan” untuk mengakses pengaturan perihal penyimpanan laptop. Disana sobat maxcloud juga akan menemukan beberapa informasi mengenai display, sound, notification, multitasking dan sebagainya. Tapi menu yang wajib dipilih adalah penyimpanan.

Pernahkah sobat maxcloud bertanya penyimpanan laptop ada berapa? Hingga sekarang terdapat tiga jenis yang biasa digunakan pada laptop maupun komputer. Artinya bisa menemukan informasi yang memperlihatkan kapasitas HDD, SSD dan SSHD.

Informasi lengkap dalam komputer tentunya akan diperlihatkan semakin jelas dibandingkan sebelumnya. Berbagai informasi penyimpanan dalam berbagai bentuk pasti juga akan terlihat. Jadi, tidak ada batasan untuk memperlihatkan penyimpanan.

Berkaitan dengan penyimpanan laptop tentunya diperlihatkan cukup detail. Jadi, akan mengetahui juga penggunaan sampai sisa ruang penyimpanannya laptop saat ini.

3. Tampilan Penyimpanan

Setelah masuk ke pengaturan penyimpanan, sobat maxcloud akan melihat tampilan yang jelas dan terperinci mengenai penggunaan penyimpanan di laptop. Bahkan, cara ini juga selalu memperlihatkan secara lengkap dan  detail. Sobat maxcloud bisa melihat berapa banyak kapasitas yang masih dimiliki oleh perangkat.

Tidak hanya itu, melainkan disertai juga informasi mengenai partisi penyimpanan hardisk. Setiap penggunaan memori penyimpanan ini akan diinformasikan sedetail mungkin untuk sobat maxcloud. Baik jumlah yang sudah digunakan atau masih tersisa bisa dilihat lengkap.

Sebagai cara cek penyimpanan laptop, fungsinya terbilang bagus karena rinciannya lebih maksimal. Sobat maxcloud juga bisa melihat daftar ruang penyimpanan secara lengkap. Apapun tipe penyimpanan yang digunakan pada perangkat pasti akan diperlihatkan.

Kemampuan dadi langkah ini bisa memperlihatkan kapasitas yang memang penting untuk diandalkan. Terlebih lagi apabila ingin melihat jumlahnya lebih nyata dan akurat. Dengan cara ini sobat maxcloud akan melihat secara real time mengenai penggunaan dengan rincian yang lebih menyeluruh.

Untuk melihat penyimpanan laptop sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya untuk mengetahui semakin terperinci dan jelas mengenai pemakaiannya. Tapi sobat maxcloud harus scroll lagi lebih bawah untuk menemukan menu Advanced Storage Settings.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai cara cek penyimpanan laptop yang bisa digunakan oleh sobat maxcloud. Semoga adanya penjelasan di atas bisa menambah informasi dan membantu, ya.