Cara mematikan laptop dengan benar harus sobat maxcloud ketahui apalagi saat gadget sedang hang. Ketika laptop hang atau tidak responsif, sobat maxcloud tidak bisa melanjutkan aktivitasmu di gadget.

Apabila masalah itu terjadi, solusi yang bisa dilakukan adalah mematikan laptop. Namun pertanyaannya adalah bagaimana cara mematikan laptop dengan benar saat sedang hang?

Jangan khawatir, pastikan sobat maxcloud membaca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara mematikan laptop dengan benar saat sedang hang. Adapun beberapa tips yang bisa diterapkan oleh pengguna Windows maupun Mac.

Cara Mematikan Laptop dengan Benar

Ada 9 cara yang bisa sobat maxcloud lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu :

1. Menggunakan Menu Power

Bisa dibilang, cara mematikan laptop dengan benar kali ini sering menjadi andalan. Caranya, cukup klik ikon Windows di bagian taskbar dan tekan tombol Power yang berbentuk seperti lingkaran dengan garis kecil di bagian tengah.

Setelah mengklik ikon tersebut akan ada 3 pilihan yang muncul. Pilihan tersebut adalah sleep, restart dan shut down.

Sleep berfungsi untuk mematikan layar laptop dan restart berguna untuk memulai ulang laptop. Pilih opsi shutdown untuk mematikan laptop sepenuhnya.

Tunggu beberapa menit sampai dengan layar gelap. Perhatikan juga lampu di keyboard apakah masih menyala atau sudah gelap.

2. Tekan Alt + F4

Cara berikutnya membutuhkan bantuan keyboard. Sobat maxcloud harus menekan tombol Alt dan F4 secara bersamaan.

Pastikan juga sudah menutup semua program atau aplikasi yang ada di komputer atau laptop. Apabila sobat maxcloud menekan kedua tombol itu saat ada aplikasi atau program yang dibuka, maka hanya aplikasi atau program tersebut yang ditutup.

Setelah menekan tombol Alt + F4 akan muncul pop-up yang bertuliskan “What do you want the computer to do?”. Pilih Shut down dan klik OK.

Cara yang satu ini hanya berlaku untuk  laptop Windows versi 8 ke atas. Tekan Windows + X pada keyboard untuk membuka pop-up.

Pop-up ini berisikan beberapa daftar tool atau alat yang sering sobat maxcloud akses di laptop. Contohnya adalah File Explorer.

3. Tekan Ctrl + Alt + Delete

Ada lagi alternatif kombinasi tombol di keyboard yang bisa sobat maxcloud lakukan. Tekan dan tahan Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan.

Setelah itu, akan muncul pop-up dengan berbagai pilihan seperti Lock, Switch user, Sign out, Change a password,Task Manager dan lain-lain. Abaikan deretan pilihan tersebut dan klik ikon Power di bagian pojok kanan bawah.

Berikutnya, pilih opsi shutdown.  Sebagai tambahan informasi, bahwa tombol Ctrl + Alt + Delete ini juga biasa digunakan untuk mengunci laptop.

4. Tekan Windows + R

Cara alternatif lainnya adalah memasukkan command atau perintah ke Run. Untuk bisa mengakses program Run, sobat maxcloud harus menekan Windows + R.

Saat pop-up Run sudah muncul, ketik atau salin perintah shutdown. Apabila sudah, klik OK atau tekan Enter pada keyboard laptop.

5. Menekan Tombol Power

Untuk cara mematikan laptop dengan benar berikutnya bisa menjadi solusi ketika laptop yang mendadak tidak responsif atau not responding. Bahkan, cara ini juga bisa menjadi alternatif bagi laptop dengan kondisi hang atau freeze yang tidak bisa diutak-atik.

Hal ini tentunya akan menghambat aktivitas. Ketika masalah ini terjadi, maka segera tekan tombol Power yang ada pada laptop.  Tahan sampai dengan beberapa menit atau laptop mati sepenuhnya.

Sangat disarankan sobat maxcloud menggunakan cara ini hanya dalam keadaan darurat saja. Terlalu sering mematikan laptop secara paksa bisa menimbulkan berbagai dampak buruk.  Mulai dari kerusakan pada harddisk, power supply sampai dengan prosesor pada laptop.

6. Cabut Kabel Charger

Untuk cara mematikan laptop kali tidak hanya berlaku untuk sobat maxcloud. Apabila sobat maxcloud mempunyai laptop yang harus selalu dicharge karena ada kesalahan pada bagian baterainya, maka bisa menerapkan solusi ini.

Caranya adalah mencabut kabel charger laptop dari stopkontak. Namun perlu dicatat, cara yang satu ini tidak boleh sering digunakan karena akan menimbulkan kerusakan pada laptop.

Selain itu, semua file yang sedang sobat maxcloud kerjakan tidak akan tersimpan di laptop. Sebab, cara tersebut memaksa laptop untuk mati sepenuhnya.

7. Menggunakan Menu Shutdown

Cara kali ini sangat efektif untuk sobat maxcloud yang mempunyai laptop MacBook. Selain dengan cara biasa, sobat maxcloud juga bisa mengklik menu yang ada di pojok kiri atas.

Lalu, pilih opsi Shut Down. Apabila muncul pertanyaan “Are you sure you want to shut down your computer now?”, maka bisa langsung pilih Shut Down.

8. Tekan Command + Option + Control

Sama halnya di laptop Windows, sobat maxcloud juga bisa menekan tombol di keyboard untuk mematikan Mac. Sobat maxcloud harus menekan dan menahan Command + Option + Control secara bersamaan.

Selanjutnya, tekan tombol Power di laptop Mac yang digunakan. Apabila sudah berhasil, maka kotak dialog shut down akan muncul. Klik saja opsi  Shutdown di kotak dialog tersebut.

9. Tekan Lama Tombol Power

Ketika laptop Mac mengalami hang, maka sobat maxcloud harus melakukan force shut down. Dengan kata lain, mematikan laptop MacBook secara paksa.

Mirip dengan cara mematikan laptop di Windows, sobat maxcloud cukup menekan dan menahan tombol Power. Terus tahan sampai dengan laptop mati sepenuhnya.

Sebagai tambahan informasi, cara kali ini tidak boleh sering dilakukan. Terlalu sering mematikan laptop secara paksa, maka bisa menyebabkan data hilang dan masalah pada komponen lainnya.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai  9 cara mematikan laptop dengan benar. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membantu, ya.