Jika sobat maxcloud sudah melakukan upgrade ke Windows 11 tapi merasa tidak puas dengan performa atau kompatibilitasnya, maka bisa mempertimbangkan untuk downgrade kembali ke Windows 10. Downgrade merupakan proses mengembalikan sistem operasi Windows ke versi sebelumnya. Dibawah ini adalah cara downgrade Windows 11 ke 10 yang bisa sobat maxcloud lakukan. 

Hal Penting Sebelum Melakukan Downgrade Windows 11 ke 10 

Sobat maxcloud hanya bisa mengembalikan Windows 11 ke Windows 10 dalam waktu 10 hari setelah melakukan upgrade sistem. Jadi, misalnya, ketika sobat maxcloud baru saja meng-upgrade ke Windows 11 pada tanggal 10 Juni 2023 maka masih bisa mengembalikannya ke Windows 10 sampai tanggal 20 Juni 2023. Setelah itu, tidak akan bisa lagi. 

Pastikan semua file Windows versi sebelumnya masih ada di media penyimpanan yang aman. Bahkan, sobat maxcloud juga bisa menemukan file tersebut di folder Windows.old dan file lain yang dibutuhkan untuk mengembalikannya ke versi sebelumnya. 

Apabila sobat maxcloud tidak memenuhi syarat-syarat di atas, maka satu-satunya pilihan adalah melakukan instalasi ulang Windows 10. Pastikan juga untuk mencadangkan beberapa file penting yang berada di partisi sistem (seperti Local Disk C) sebelum mengupgrade Windows supaya tidak kehilangan data penting. 

Cara Downgrade Windows 11 ke 10 

Sebagai berikut adalah langkah-langkah downgrade Windows 11 ke 10 yang bisa sobat maxcloud lakukan :

1. Persiapan Sebelum Downgrade 

Sebelum memulai proses downgrade, pastikan sobat maxcloud sudah melakukan backup seluruh data penting. Pastikan  juga sobat maxcloud mempunyai file instalasi Windows 10 yang sesuai dengan versi yang diinginkan, baik di dalam bentuk DVD atau USB flash drive. 

2. Unduh File Windows 10 

Langkah pertama yang harus sobat maxcloud  lakukan adalah mengunduh file ISO Windows 10 dari situs resmi Microsoft atau dari sumber terpercaya lainnya. Pastikan untuk memilih versi Windows 10 yang sesuai dengan lisensi, apakah itu Windows 10 Home atau Windows 10 Pro. 

3. Menyiapkan Media Instalasi 

Selanjutnya, sobat maxcloud harus harus menyiapkan media instalasi Windows 10 menggunakan file ISO yang sudah diunduh sebelumnya. Bahkan, sobat maxcloud juga bisa menggunakan Windows Media Creation Tool atau software serupa untuk membuat USB bootable atau DVD instalasi Windows 10. 

4. Melakukan Booting dari Media Instalasi Windows 10 

Setelah media instalasi Windows 10 siap, reboot komputer sobat mixcloud  dan boot dari USB flash drive atau DVD instalasi yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan untuk mengikuti instruksi yang muncul di layar untuk memulai proses instalasi Windows 10. 

5. Memilih Opsi Install Windows 10 

Selama proses instalasi, sobat maxcloud akan diminta untuk memilih opsi instalasi Windows. Pilih opsi Custom Install dan pilih partisi tempat yang ingin di install Windows 10. Pastikan untuk memilih partisi yang sesuai dan mengikuti semua petunjuk selama proses instalasi berlangsung. 

6. Aktivasi Windows 10

Setelah proses instalasi selesai, sobat maxcloud perlu mengaktivasi Windows 10 dengan menggunakan Product Key yang sesuai. Apabila sobat maxcloud mempunyai Product Key Windows 10, masukkan key tersebut saat diminta untuk mengaktivasi Windows. 

7. Install Driver dan Aplikasi 

Setelah Windows 10 terinstal, pastikan untuk menginstal driver yang dibutuhkan untuk hardware komputer sobat maxcloud. Selain itu, pasang juga aplikasi dan program yang dibutuhkan untuk menjalankan komputer dengan lancar. 

8. Restore Data Backup 

Setelah semua proses selesai, sobat maxcloud bisa mengembalikan data backup yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam sistem Windows 10. Pastikan untuk memeriksa keberhasilan restorasi data supaya tidak kehilangan informasi penting. 

Kelebihan Windows 11 Dibandingkan Windows 10 

Sampai dengan sekarang banyak dari pengguna komputer dan laptop yang menggunakan cara downgrade Windows 11 ke 10. Berikut adalah beberapa kelebihan Windows 11 dibandingkan Windows 10 yang harus sobat maxcloud ketahui : 

1. Teknologi Virtual Desktop 

Salah satu kelebihan Windows 10 dibandingkan Windows 11 adalah adanya teknologi virtual desktop yang bisa digunakan untuk membuat beberapa desktop dengan tema berbeda. Perbedaan tema ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang berbeda-beda. Bahkan, teknologi ini tidak bisa dijumpai di Windows selain Windows 10. 

2. Start Menu dengan Tampilan yang Menarik 

Salah satu kelebihan Windows 10 adalah kemampuan multitasking yang lebih optimal. Apabila di Windows lain sobat maxcloud harus membuka tutup dan minimize aplikasi atau software berjalan untuk menjalankan sebuah tugas, di Windows 10  bisa membuka beberapa aplikasi dan software dalam satu layar tanpa harus menutup aplikasi sebelumnya, maka semua aplikasi bisa dipantau dengan optimal. 

3. Adanya Aplikasi Command 

Ada satu kelebihan Windows 10 yang sangat menarik, yaitu aplikasi Command atau perintah. Hadirnya aplikasi ini memungkinkan sobat maxcloud melakukan ‘interaksi’ dengan komputer. 

Bahkan, melalui aplikasi ini sobat maxcloud bisa mengetikkan perintah untuk melakukan berbagai tugas dan bisa juga digunakan untuk menyelesaikan trouble pada komputer. Satu hal yang menarik lagi adalah Windows 10 bisa mencarikan solusi melalui fitur help secara offline maupun online. 

Downgrade dari Windows 11 ke Windows 10 mungkin diperlukan jika sobat maxcloud mengalami masalah kompatibilitas atau performa pada sistem operasi terbaru. Dengan mengikuti cara downgrade Windows 11 ke 10 di atas sobat maxcloud bisa dengan mudah menurunkan versi Windows tanpa kehilangan data atau pengaturan yang penting.