Cara menjual foto di internet tampaknya menjadi satu hal yang harus dipahami bagi para fotografer. Pasalnya, saat ini penghasilan fotografer tidak hanya sekedar dari jasa memotret tapi juga bisa berasal dari penjualan foto miliknya di beberapa halaman internet.

Ada banyak situs yang bisa digunakan sebagai tempat jual beli foto secara online. Salah satu situs yang paling terkenal adalah Shutterstock. Di situs tersebut, setiap orang bisa menjual foto hasil jepretannya dengan harga yang menguntungkan.

Syarat Menjual Foto Secara Online

Sebelum mengulas mengenai tata cara menjual foto di internet melalui Shutterstock, alangkah baiknya sobat maxcloud pahami terlebih dahulu beberapa syarat menjual foto di platform tersebut. Berikut adalah beberapa syaratnya:

1. Jenis File dan Resolusi Harus Sesuai

Syarat pertama yang harus dipenuhi ketika ingin menjual foto di platform Shutterstock adalah jenis file dan resolusi foto harus sesuai dengan ketentuan. Platform Shutterstock mempunyai syarat foto yang diunggah harus mempunyai resolusi minimal 4 megapixel.

Sedangkan untuk jenis file, Shutterstock memberikan syarat foto yang akan diunggah harus mempunyai format jpeg, vektor dan eps. Namun untuk file vector, pihak pemilik foto harus mengunggah file .eps saja supaya bisa dijual di platform tersebut.

2. Kualitas Foto yang Baik

Untuk syarat berikutnya adalah kualitas foto yang akan diunggah. Pastikan foto yang diunggah mempunyai kualitas terbaik.

Ada Beberapa faktor penunjang kualitas foto, yaitu pencahayaan, fokus foto dan noise yang dihasilkan. Foto dengan kualitas baik, maka peluang lolos seleksi dan terjual akan semakin besar.

3. Foto Tidak Mempunyai Unsur Sara

Shutterstock tidak akan menerima foto yang mengandung SARA (suku, agama, ras dan antar golongan). Maka dari itu, pastikan foto yang akan sobat maxcloud jual di platform tersebut tidak mengandung beberapa unsur tersebut. Untuk foto yang mengandung sara, maka akan secara otomatis terblokir oleh platform tersebut tanpa di review sama sekali.

Cara Menjual Foto di Internet

Saat ini banyak sekali situs yang bisa digunakan untuk menjual foto secara online. Namun, tidak semua situs memberikan kemudahan dan nominal uang yang membuat fotografer tertarik dengannya.

Perihal cara menjual foto di internet bukan menjadi satu hal yang sulit. Bahkan, semua orang yang mempunyai keahlian di dalam mengambil foto bisa saja melakukan perihal tersebut.

Di kesempatan kali ini akan membahas perihal cara menjual foto di internet melalui platform Shutterstock. Dan apabila semua syarat di atas sudah dilengkapi, maka sobat maxcloud bisa melanjutkan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Melakukan Registrasi

Langkah pertama yang harus sobat maxcloud lakukan di saat akan menjual foto di Shutterstock adalah melakukan registrasi sebagai kontributor terlebih dahulu. Cara registrasinya sangat mudah, cukup buka situs dan mencari menu registrasi dan klik opsi untuk mendaftar menjadi kontributor.

Setelah itu, isi formulir dengan lengkap dan benar. Kemudian lakukan konfirmasi email yang digunakan untuk mendaftar akun di Shutterstock. Selesaikan pendaftaran sampai dengan akun bisa digunakan.

2. Konfirmasi Akun

Setelah akun selesai dibuat, maka langkah cara menjual foto di internet berikutnya adalah melakukan konfirmasi akun. Sobat maxcloud akan diminta untuk mengunggah KTP dan password sebagai kontributor. Maka dari itu, pastikan sudah menyiapkan beberapa dokumen tersebut supaya pendaftaran berhasil.

3. Pastikan Sudah Mempunyai Akun Paypal

Situs Shutterstock mengharuskan para kontributornya untuk mempunyai akun Paypal. Akun tersebut digunakan untuk melakukan transaksi jual beli foto dengan aman dan mudah. Maka dari itu, sebelum menjual foto pastikan sobat maxcloud sudah mempunyai akun Paypal terlebih dahulu.

4. Seleksi dan Unggah Foto Sesuai Ketentuan

Apabila proses registrasi selesai, tahapan cara menjual foto di internet selanjutnya adalah melakukan seleksi foto. Caranya sangat mudah, yaitu unggah hasil jepretan dengan beberapa kriteria seperti berikut:

  • Foto hasil karya milik sendiri.
  • Apabila objek foto orang, maka harus adanya model release. Perlu diketahui, bahwa model release merupakan pernyataan jika modal tersebut menyetujui dirinya digunakan sebagai objek.
  • Foro tidak mempunyai unsur brand dan watermark dalam foto yang diunggah.

Setelah foto tersebut sesuai dengan kriteria, maka sobat maxcloud bisa langsung mengunggah foto ke platform Shutterstock. Sangat mudah, bukan?

5. Menunggu Review dari Pihak Shutterstock

Foto yang sudah berhasil diunggah akan langsung di-review oleh pihak penyedia platform Shutterstock. Apabila lolos seleksi, maka foto tersebut akan langsung masuk ke dalam website Shutterstock. Sedangkan untuk foto yang tidak lolos seleksi, akan di pending oleh pihak Shutterstock.

Untuk pihak Shutterstock juga akan memberikan saran kepada sobat maxcloud untuk melakukan revisi pada foto tersebut. Dengan adanya saran tersebut, maka harapannya kontributor bisa menjual foto di platform Shutterstock dengan sukses.

6. Shutterstock Akan Mengirimkan Informasi Pendapatan

Foto yang sudah lolos seleksi, maka akan secara otomatis dibeli oleh pihak Shutterstock. Nantinya, sobat maxcloud akan mendapatkan informasi jumlah pendapatan yang diperoleh dari hasil menjual foto di platform Shutterstock.

Namun untuk bisa menikmati hasil dari cara menjual foto di Shutterstock, pastikan saldo Paypal yang sobat maxcloud miliki sudah mencapai dengan 200 dolar. Setelah itu, sobat maxcloud bisa menarik saldo tersebut ke rekening bank yang dimiliki. 

Itulah dia beberapa hal mengenai cara menjual foto di internet yang perlu sobat maxcloud pahami. Dengan memanfaatkan beberapa fasilitas tersebut, maka sobat maxcloud bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui beberapa karya yang dimiliki.