Meski setiap hari kehidupan manusia tidak terlepas dari jaringan komputer, tapi masih banyak orang yang belum familiar dengan apa perbedaan jaringan lokal dan internet. Padahal setiap harinya sobat maxcloud mengakses media sosial, media online dan berbagai keperluan online lainnya menggunakan jaringan lokal dan internet. 

Jaringan lokal dan internet memang mempunyai kegunaan yang sama, yaitu untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya untuk berbagi informasi kepada pengguna yang mengakses jaringan tersebut. Meski begitu, nyatanya jaringan lokal dan internet mempunyai sejumlah perbedaan. 

Mengenal Jaringan Lokal dan Internet 

Jaringan lokal atau sering juga disebut dengan Local Area Network (LAN) adalah jaringan lebih dari satu komputer yang saling terhubung melalui kabel jaringan di daerah tertentu dan hanya bisa diakses oleh orang tertentu. Selain itu, jaringan lokal terdiri atas dua jenis yaitu jaringan berbasis kabel (wired) dan jaringan nirkabel (wireless). 

Pada jaringan lokal berbasis kabel merupakan jaringan lokal yang paling sering digunakan. Hal ini karena semua komputer dan perangkat di dalam jaringan ini saling terhubung melalui sebuah switch hub menggunakan kabel LAN (jaringan) atau kabel UTP. 

Sedangkan untuk jaringan nirkabel adalah jaringan lokal yang terhubung tanpa kabel. Sebagai gantinya, jaringan ini menggunakan gelombang radio untuk saling berkomunikasi. 

Internet adalah sebagai teknologi yang menghubungkan satu komputer dengan jutaan komputer lainnya di seluruh dunia. Maka dari itu, sobat maxcloud bisa memanfaatkan untuk mencari dan berbagi informasi, mengirim surat elektronik, bermain media sosial dan masih banyak lagi. 

Bahkan, internet juga sering disebut dengan istilah dunia maya. Hal ini karena internet bisa menghubungkan satu dengan banyak orang di seluruh dunia tanpa harus mengunjungi orang tersebut satu per satu. 

Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet 

Ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan diantara keduanya dan berikut adalah ulasan selengkapnya: 

1. Perbedaan Jangkauan 

Salah satu perbedaan utama di antara jaringan lokal dan internet adalah jangkauan maupun cakupan koneksi. Jaringan lokal mempunyai jangkauan yang terbatas dan biasanya hanya mencakup area seperti kantor, sekolah atau rumah. 

Sedangkan untuk internet mempunyai cakupan yang luas, maka bisa menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Perihal ini memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan komunikasi dan berbagi informasi dengan orang dari berbagai negara dan budaya. 

2. Jumlah Perangkat Terhubung 

Jumlah perangkat yang bisa terhubung juga menjadi perbedaan di antara jaringan lokal dan internet. Jaringan lokal pada umumnya bisa menghubungkan ratusan sampai ribuan perangkat dan tergantung pada ukuran jaringan. 

Disisi lain, internet bisa menghubungkan miliaran perangkat yang ada di seluruh dunia. Perihal tersebut membuat internet menjadi salah satu jaringan terbesar dan paling kompleks di dunia. 

3. Keamanan

Keamanan juga menjadi perbedaan paling penting di antara jaringan lokal dan internet. Jaringan lokal cenderung lebih aman, karena hanya terdiri dari sejumlah kecil perangkat saja, maka bisa lebih mudah digunakan untuk mengendalikan akses dan melindungi data. Internet rentan sekali terhadap berbagai risiko keamanan seperti peretasan, virus dan malware karena jumlah penggunanya yang sangat besar. 

4. Kecepatan 

Kecepatan juga menjadi perbedaan di antara jaringan lokal dan internet. Jaringan lokal mempunyai kecepatan yang lebih tinggi, karena perangkat berada di dalam jaringan lokal dekat dengan router. 

Perihal ini bisa meminimalkan perjalanan data dan kehilangan data. Internet menggunakan jaringan nirkabel dan mengandalkan gelombang elektromagnetik yang merambat di udara, maka until kecepatannya bisa cenderung lebih lambat daripada jaringan lokal. 

5. Biaya 

Biaya juga menjadi perbedaan antara jaringan lokal dan internet. Pembangunan jaringan lokal ini lebih murah, karena membutuhkan perangkat keras dan lunak yang lebih sedikit. Sedangkan, untuk  internet membutuhkan investasi besar untuk perangkat keras, lunak, tenaga ahli dan pemeliharaan yang kompleks. 

6. Pengaruh dalam Kehidupan Sehari-Hari 

Perbedaan antara jaringan lokal dan internet mempunyai pengaruh yang signifikan di dalam kehidupan sehari-hari. Jaringan lokal ini digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari kantor, sekolah dan rumah tangga. 

Untuk  jaringan lokal ini memungkinkan berbagai perangkat untuk terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, memfasilitasi berbagai aktivitas seperti berbagi file, mencetak dokumen dan bermain game online. Internet sudah mengubah cara kita berkomunikasi, bekerja, belajar dan bersenang-senang.

Maka dari itu, memungkinkan sobat maxcloud untuk mengakses informasi secara instan, berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia dan melakukan berbagai aktivitas online seperti belanja, menonton film dan bermain game. Internet juga sudah membuka pintu bagi inovasi baru dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, pendidikan dan hiburan. 

Persamaan Jaringan Lokal dan Internet 

Selain mempunyai perbedaan, jaringan lokal dan internet juga memiliki persamaan. Sebagai berikut adalah beberapa persamaan jaringan lokal dan internet yang harus diketahui : 

  • Keduanya sama-sama menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.
  • Keduanya membutuhkan protokol internet supaya bisa memindahkan data.
  • Keduanya mempunyai fungsi yang sama, yaitu digunakan untuk berbagi informasi antara pengguna yang sama-sama mengakses jaringan tersebut. 

Contoh dari jaringan lokal yaitu jaringan komputer yang terdapat di cafe, sekolah, perkantoran, rumah dan lain sebagainya. Adapun contoh internet, seperti  internet dial up, internet kabel, internet DSL, hingga internet 2G, 3G dan 4G.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai perbedaan dan persamaan dari jaringan lokal dan internet yang. Semoga dengan adanya penjelasan di atas tidak ada lagi pertanyaan mengenai apa perbedaan jaringan lokal dan internet, ya.