Cek kecepatan wifi harus dilakukan secara rutin, hal ini berfungsi supaya sobat maxcloud mengetahui kecepatan jaringan pada wifi yang sedang digunakan. Kecepatan wifi sangat dibutuhkan oleh sobat maxcloud, karena dengan koneksi internet melalui jaringan wifi yang lancar dan stabil ini bisa dapat mempercepat proses pekerjaan sehari-hari.

Namun terkadang sobat maxcloud merasa kesal dengan koneksi internet buruk pada wifi  akibat cuaca buruk atau gangguan perbaikan jaringan provider. Seperti pada umumnya saat terjadi gangguan, maka kecepatan internet pada wifi mengalami penurunan alias lemot.

Untuk memastikan sedang terjadi gangguan atau tidak, maka alangkah baiknya sobat maxcloud bisa mengecek kecepatannya terlebih dahulu. Namun kebanyakan dari sobat maxcloud tidak mengerti perihal cara mengeceknya. Lalu, bagaimana cara mengetahui kecepatan wifi yang sedang digunakan?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk uji kecepatan internet paling akurat melalui HP dan laptop.  Namun sebelum itu, ada beberapa hal penting lainnya yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Hal Penting Sebelum Uji Kecepatan Internet Paling Akurat di HP dan Laptop

Sebagai berikut adalah 4 hal penting yang harus dilakukan sebelum uji kecepatan internet paling akurat :

1. Restart Router Sebelum Cek Kecepatan WiFi

Diharapkan dengan melakukan restart router, jaringan internet milik sobat maxcloud bisa kembali normal seperti sedia kala.

2. Restart HP dan Laptop

Cara berikutnya sebelum sobat maxcloud melakukan pengecekan adalah restart HP dan Laptop. Diharapkan setelah melakukan restart bisa mengembalikan kondisi primanya dan  menunjang koneksi internet yang diterima.

3. Membersihkan Cache HP dan Laptop

Cache atau sampah yang terlalu banyak ini sangat menghambat kecepatan wifi pada HP dan Laptop, maka dengan hal tersebut koneksi internet sobat maxcloud bisa menjadi lemot. Untuk cara ini sangat penting sekali dilakukan sebelum melakukan pengecekan jaringan internet agar membersihkan cache pada HP dan Laptop yang sedang digunakan.

4. Menghentikan Program atau Aplikasi

Perencanaan terakhir sebelum pengecekan, yaitu menghentikan program atau aplikasi yang sudah selesai digunakan dan tidak digunakan lagi. Apabila sobat maxcloud membuka banyak program atau aplikasi, maka akan mempengaruhi performa koneksi internet menjadi menurun.

Maka dari itu, ketika program atau aplikasi yang sudah selesai digunakan sebaiknya ditutup supaya koneksi internet pada jaringan wifi menjadi stabil kembali. Setelah perencanaan selesai dilakukan, berikut  ini adalah cara uji kecepatan internet paling akurat melalui HP dan Laptop.

Cara Uji Kecepatan Internet Paling Akurat

Untuk mengecek uji kecepatan internet, ada  beberapa situs web dan aplikasi yang bisa digunakan berdasarkan ukuran satuan Mbps (Megabit per second) melalui HP dan Laptop, yaitu :

1. Speedtest.Net

Speedtest.Net adalah situs untuk cek kecepatan wifi yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Tidak hanya sekedar sudah dikenal, cara menggunakan situs ini juga mudah dan mempunyai akurasi yang cukup baik.

Untuk Speedtest.Net bisa diakses dengan cara mengunjungi http://www.speedtest.net/id. Saat halaman sudah terbuka, klik opsi “Go” dan tunggu beberapa saat dan akan muncul hasilnya seperti kecepatan Mbps, Download dan Upload.

2. SpeedSmart

SpeedSmart merupakan aplikasi dan situs web yang digunakan untuk mengecek kecepatan wifi. Bahkan, untuk situs ini sering digunakan karena hasilnya yang sangat cepat dan akurat dengan menggunakan HTML5 saat menjalankannya.

Aplikasi dan situs kali ini bisa melakukan pemeriksaan seperti kecepatan unduh, unggah sampai IP server dan Provider. Bagi kamu yang ingin menggunakan SpeedSmart, maka bisa langsung mengujungi link berikut http://speedsmart.net/ dan klik opsi “Start Test”.

3. Meter.net

Situs berikutnya adalah Meter.net. Pada situs web kali ini sangat cepat untuk mengecek kecepatan wifi dan hanya dengan waktu 30 detik saja hasilnya akan muncul. Cara penggunaan nya juga sangat mudah dan simple, cukup dengan mengunjungi halaman http://www.meter.net/ dan klik opsi “Start”.

4. Bandwidthplace.com

Situs berikutnya yang bisa digunakan untuk uji kecepatan internet paling akurat adalah Bandwidthplace. Situs kali ini mempunyai fitur dan cara pemakaian yang hampir mirip dengan situs sebelumnya.

Sobat maxcloud cukup mengujungi situs http://www.bandwidthplace.com/, lalu klik opsi “Start”. Keunggulan dari situs ini adalah sobat maxcloud bisa memilih lokasi dan mendeteksi provider apa saja yang sedang digunakan.

5. Fast.com

Alat uji kecepatan internet paling akurat milik Fast.com adalah situs yang dimiliki oleh Netflix. Layanan kali ini bisa digunakan secara gratis dan mempunyai layanan yang mudah dipahami oleh sobat maxcloud.

Dengan mengunjungi situs http://fast.com/ melalui HP dan Laptop, sobat maxcloud tidak perlu memilih opsi apapun karena situs akan melakukan pemeriksaan secara otomatis. Situs Fast.com mempunyai fitur yang bisa mendeteksi IP publik, kecepatan unggah  dan unloaded dan loaded latency.

6. Open Speed Test

Berikutnya ada situs Open Speed Test yang baik digunakanan untuk uji kecepatan internet paling akurat. Situs kali ini mempunyai fitur untuk mengetahui kecepatan download, upload, Jitter dan Ping.

Cara menggunakan situs ini terbilang cukup mudah, karena hanya perlu mengunjungi laman https://openspeedtest.com/. Setelah berhasil masuk ke halaman utama, sobat maxcloud cukup klik “Play” untuk memulai dan tunggu beberapa saat sampai akhirnya hasilnya muncul.

Nah, itulah dia beberapa hal penting dan cara uji kecepatan internet paling akurat yang harus diperhatikan. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa menambah informasi dan bermanfaat, ya.