Penggunaan WiFi untuk mengakses internet di berbagai perangkat, baik HP atau laptop ini tidak selamanya bisa berjalan lancar. Ada kalanya sobat maxcloud menjumpai satu masalah yang umum terjadi, yaitu WiFi tersambung tapi tidak bisa internetan.

Untuk perangkat yang sudah terhubung dengan WiFi normalnya bisa langsung digunakan mengakses internet. Tapi di dalam kondisi tertentu, sobat maxcloud bisa saja mengalami kesulitan di dalam mengakses internet di HP atau laptop meski perangkat tersebut sudah tersambung WiFi.

Di saat masalah tersebut terjadi, sobat maxcloud mungkin akan merasa kerepotan. Namun tidak perlu khawatir lagi, karena di saat mengalami masalah WiFi tersambung ini bisa diselesaikan dengan berbagai cara.

Lantas, bagaimana cara mengatasi WiFI tidak ada internet? Yuk, simak penjelasannya sampai dengan selesai.

Penyebab WiFi Tidak Ada Internet ⁠

Penggunaan WiFi memang terkadang tidak lancar, seperti WiFi tidak mempunyai akses internet, tidak ada koneksi internet sama sekali atau gadget tidak bisa terhubung ke jaringan. Selain itu, masalah yang cukup sering dikeluhkan oleh sobat maxcloud adalah koneksi internet tidak ada tapi perangkat sudah terhubung ke WiFi.

Penyebab dari masalah tersebut sangat bermacam-macam. Dilansir dari laman Troubleshooting Central, untuk beberapa penyebabnya adalah :

  • Adaptor WiFi komputer mengalami rusak.
  • Penyedia layanan internet sedang terjadi gangguan.
  • Komputer sobat maxcloud mempunyai alamat protokol internet (IP) yang salah.
  • Perangkat lunak keamanan mencegah akses yang lebih jauh.
  • Driver nirkabel kedaluwarsa.
  • Dan lain-lain.

Secara garis besar, masalah pada jaringan internet ini bisa disebabkan oleh kesalahan pada sistem perangkat atau kesalahan di sistem WiFi. Apabila beberapa masalah tersebut terjadi, sobat maxcloud harus segera mengatasinya supaya semua aktivitas berselancar di internet bisa kembali normal. Maka dari itu, gunakan beberapa  cara mengatasi WiFi tidak ada internet yang mudah dan cepat di bawah ini.

Cara Mengatasi WiFi Tidak Ada Internet

Ada 6 cara yang bisa digunakan untuk mengatasi WiFi tidak ada internet, yaitu :

1. Menghubungkan Ulang Perangkat dengan Koneksi Internet

Untuk cara mengatasi WiFi tidak ada internet kali ini paling umum dan sangat populer, yaitu menghubungkan ulang perangkat dengan koneksi WiFi. Sebagai berikut adalah  langkah-langkah yang harus dilakukan :

  • Masuk ke bagian pengaturan WiFi di perangkat laptop atau ponsel.
  • Ketuk nama jaringan WiFi, klik kanan dan memilih opsi ‘Forget WiFi’.
  • Secara otomatis, maka perangkat tidak akan terhubung dengan jaringan WiFi.
  • Berikutnya, masuk kembali ke jaringan WiFi dengan cara memasukkan kata sandi
  • Tunggu sejenak supaya perangkat bisa terhubung ke jaringan kembali.

2. Restart Modem atau Router

Apabila cara mengatasi WiFi tidak ada internet di atas belum berhasil, maka coba melakukan cara yang kedua, yaitu restart modem atau router. Kenapa harus melakukan restart modem atau router?

WiFi yang terhubung tapi tidak ada koneksi ini juga bisa disebabkan adanya kesalahan modem atau router di dalam menangkap sinyal internet. Cara kali ini bertujuan untuk menyegarkan sistem operasional modem atau router.

Sehingga, modem atau router bisa menangkap sinyal internet. Ikuti langkah-langkahnya yang mudah sebagai berikut :

  • Matikan terlebih dahulu router atau modem.
  • Tunggu sampai dengan 30 detik, lalu hidupkan kembali
  • Tunggu lagi sampai lampu DSL yang ada di perangkat router kembali stabil.
  • Periksa perangkat dan sambungkan kembali dengan jaringan WiFi.

3. Restart Perangkat

Selain melakukan restart router, sobat maxcloud juga bisa melakukan restart perangkat sendiri. Pasalnya, untuk masalah WiFi tersambung tapi tidak ada koneksi ini bisa disebabkan gangguan pada perangkat yang sedang digunakan.

Jadi, sobat maxcloud bisa mencoba cara mengatasi WiFi tidak ada internet  dengan melakukan restart perangkat. Tujuannya sama dengan restart modem atau router, yaitu menyegarkan perangkat supaya bisa menangkap sinyal jaringan WiFi lebih mudah.

Langkah-langkahnya sangat mudah, yaitu menekan tombol restart pada ponsel atau laptop. Secara otomatis, perangkat yang digunakan akan mati dan hidup lagi. Lalu, hubungkan langsung perangkat tersebut dengan WiFi.

4. Mencoba Menghubungkan ke Perangkat Lain

Selanjutnya, sobat maxcloud bisa mengecek masalah koneksi ini terletak pada perangkat atau WiFi. Caranya adalah menghubungkan koneksi internet ke perangkat lainnya. Tujuannya agar bisa tahu perangkat atau WiFi yang sedang bermasalah.

Apabila perangkat lain bisa mengakses jaringan WiFi dan mengakses ke internet, maka masalah tersebut berada di perangkat. Kemungkinan besar perangkat tersebut harus ditangani dengan cepat.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan restart perangkat. Apabila hal ini yang terjadi, maka gunakan cara mengatasi WiFi tidak ada internet pada opsi sebelumnya, ya.

5. Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Pesawat

Cara mengatasi WiFi tidak ada internet ini tidak kalah mudah dan cepat. Untuk menghubungkan ulang perangkat ke WiFi, sobat maxcloud bisa mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat.

Maka secara otomatis, perangkat tidak terkoneksi dan kembali terkoneksi dengan jaringan WiFi. Cara yang satu ini bisa menyegarkan koneksi perangkat dan WiFi tanpa harus melakukan restart perangkat.

Bahkan, untuk cara ini juga bisa menjadi opsi yang menarik untuk dicoba. Sudah banyak juga yang menggunakan cara ini dan berhasil mengatasi permasalahan tersebut.

6. Menghubungi Pihak Penyedia Layanan

Apabila semua cara di atas tetap tidak  membuahkan hasil, maka saatnya sobat maxcloud  memilih cara mengatasi WiFi tidak ada internet yang terakhir. Gangguan yang terjadi mungkin bersifat teknis, sehingga sobat maxcloud  tidak bisa memperbaikinya sendiri.

Artinya, diperlukan orang yang ahli dalam bidang ini. Caranya adalah menghubungi pihak penyedia layanan internet. Ungkapkan semua keluhan dan masalah jaringan internet yang sedang dihadapi.

Lalu, minta kepada pihak penyedia layanan internet untuk melakukan perbaikan. Tunggu hasilnya dari proses pemeriksaan dan coba menghubungkan lagi perangkat ke WiFi.

Nah, itulah dia 6 cara mengatasi wifi tidak ada internet. Semoga informasi di atas bisa menambah informasi dan bermanfaat, ya.