Terkadang, ada beberapa orang yang merasa lebih nyaman dengan layar komputer yang tidak terlalu terang dan ada juga yang merasa lebih nyaman di saat layar komputernya sedikit redup. Namun, untuk tingkat kecerahan layar pada komputer atau laptop ini juga bisa bergantung pada kondisi ruangan, baik di luar atau dalam ruangan.

Lalu, bagaimana cara mengatur kecerahan layar komputer dengan keyboard tanpa fn? Ada berbagai macam cara untuk mengaturnya, bisa menggunakan pengaturan biasa, windows dan keyboard.

Tenang saja, semua cara mengatur kecerahan layar komputer dengan keyboard tanpa fn ini sangat mudah dan tidak ribet, kok. Sobat maxcloud bisa baca terus pembahasan di bawah ini sampai dengan akhir, ya.

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Keyboard Tanpa Fn

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa mempunyai layar yang terlalu terang maupun hidup ini sangat mengganggu. Bahkan, bisa membuat para pengguna merasa tidak nyaman digunakan.  Ada 4 cara mengatur kecerahan layar komputer keyboard tanpa fn yang bisa sobat maxcloud gunakan, yaitu :

1. Mengatur Kecerahan dari Monitor

Cara mengatur tingkat kecerahan monitor bisa diatur langsung melalui monitor komputer. Monitor komputer pada umumnya mempunyai tombol khusus untuk mengatur kecerahan (baik di depan maupun di salah satu ujungnya). Sobat maxcloud hanya tinggal pencet tombol ini untuk melakukan pengaturan tingkat kecerahan layarnya.

Beberapa monitor komputer juga menyediakan software khusus untuk pengaturan layar. Dengan kehadiran software tersebut, sobat maxcloud bisa digunakan untuk mengatur tingkat kecerahan layar dan fitur lain yang ada di monitor.

2. Memanfaatkan Personalize (Windows 7)

Sobat maxcloud pernah mengganti wallpaper menggunakan menu Personalize? Apabila sobat maxcloud pernah, maka cara tersebut juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengatur tingkat kecerahan layar pada monitor komputer.

Caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak tahap. Yuk, langsung saja mengikuti langkah mudahnya sebagai berikut :

  • Langkah awal, sobat maxcloud hanya perlu menuju ke halaman Windows utama.
  • Kemudian, sobat maxcloud bisa langsung klik kanan pada mouse tersebut.
  • Setelah itu, akan muncul beberapa opsi pilihan. Untuk mengatur tingkat kecerahan, sobat maxcloud bisa langsung klik personalize.
  • Lalu, sobat maxcloud bisa langsung pilih display untuk mengatur tingkat kecerahannya. Biasanya, menu display ini terletak pada bagian pojok kiri bawah dan di dekat See Also.
  • Kini sudah memasuki tahap terakhir untuk mengatur tingkat kecerahan layar komputer, sobat maxcloud hanya perlu klik Adjust Brightness dan mengatur sesuai dengan kebutuhan.

Selesai sudah, kini sobat maxcloud sudah bisa mengatur tingkat kecerahan dengan mudah dan tanpa ribet. Apakah sobat maxcloud sudah berhasil mencobanya? Oh iya, cara yang satu ini biasanya biasanya hanya dilakukan untuk sistem operasi Windows 7 ke bawah, ya.

3. Klik Kanan Pada Mouse (Windows 10&11)

Bagi sobat maxcloud yang menggunakan komputer berbasis Windows 10 dan windows 11, ada cara yang lebih mudah untuk mengatur kecerahan layar. Sobat maxcloud juga tidak perlu repot-repot untuk klik menu personalize lagi.

Sebab, untuk cara yang satu ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja agar mendapatkan kecerahan layar yang sesuai dengan keinginan sobat maxcloud. Mau tahu caranya? Bisa langsung saja ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Di awal, pastikan sobat maxcloud meletakkan kursor pada halaman utama windows, baik itu berupa komputer maupun laptop.
  • Kemudian, sobat maxcloud bisa langsung klik kanan pada mouse.
  • Setelah itu, sobat maxcloud bisa langsung klik menu Display Settings.
  • Di sana, ada sebuah bar dan garis yang bisa sobat maxcloud geser ke kanan dan ke kiri untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Geser dan atur sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sobat maxcloud.
  • Selesai, sobat maxcloud bisa langsung tutup menu brightness dan pengaturan kecerahan layar akan tersimpan secara otomatis.

Bagaimana, apakah menurut sobat maxcloud cara satu ini lebih mudah atau membuat bingung? Kalau sobat maxcloud masih belum cocok dengan cara ini, maka bisa mencoba cara lainnya yang akan dipaparkan di bawah ini, ya.

4. Kombinasi Tombol Windows + X

Selain cara tadi, sobat maxcloud juga bisa mengatur tingkat kecerahan layar komputer dengan menggunakan kombinasi keyboard. Cara mengatur kecerahan layar komputer dengan keyboard tanpa fn kali ini lebih mudah, karena tidak membutuhkan banyak ‘klik’ pada menu atau opsi lainnya.

Oh iya, cara yang satu ini juga bisa dilakukan pada sistem operasi Windows apapun, mulai dari Windows 7, 8 sampai 10 dan 11. Sebagai berikut adalah beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan :

  • Awalnya, sobat maxcloud bisa langsung klik tombol windows + huruf X pada keyboard.
  • Kemudian, sobat maxcloud bisa langsung klik Mobility Center, namun terkadang, ada juga beberapa sistem operasi Windows yang menggunakan nama Windows Mobility Center. Klik menu tersebut dan langsung akan muncul beberapa pengaturan dasar.
  • Untuk mengatur kecerahan layar komputer, silahkan geser pada bagian Display brightness. Ada sebuah bar di bagian bawah menu tersebut, sobat maxcloud bisa menggeser ke kanan dan ke kiri untuk mengatur kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan.
  • Apabila sudah selesai, sobat maxcloud bisa langsung tutup menu tersebut dan pengaturan kecerahan layar akan tersimpan secara otomatis. Sangat simpel, bukan?

Nah, itulah dia penjelasan lengkap dan jelas mengenai 5 cara mengatur kecerahan layar komputer dengan keyboard tanpa fn. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat, ya.