Domain.co.id digunakan bagi semua website bisnis yang akan berdiri di Indonesia. “.id” ini adalah singkatan dari nama negara Indonesia. Lalu, bagi sobat maxcloud yang saat ini sedang menjalankan bisnis dan ingin membuat website, apa saja syarat domain.co.id yang harus dipenuhi? 

Melalui artikel kali ini, sobat maxcloud akan memahami beberapa persyaratan lengkap untuk menggunakan domain.co.id. Namun sebelum masuk ke dalam pembahasan utama dan lebih jauh, silahkan simak pengertian dan fungsi dari penggunaan domain.co.id untuk bisnis sobat maxcloud terlebih dahulu. 

Apa Itu Domain.co.id? 

Domain.co.id terdiri dari dua unsur, yaitu.co yang diambil dari kata company dan .id adalah identitas domain yang berasal dari Indonesia. Website yang bisa menggunakan Top-Level Domain.co.id ini hanyalah website bisnis yang bergerak di negara Indonesia saja.

Bagi sobat maxcloud yang belum mengetahui apa itu Top-Level Domain atau TLD, istilah TLD ini mengacu pada beberapa nama domain yang berada di bagian akhir susunan URL. Setiap URL terdiri dari 3 elemen, yaitu :

  • Subdomain: Terletak pada bagian awal URL (contoh: www).
  • Second-Level Domain: Terletak pada bagian tengah URL yang merupakan nama website.

TLD ini mempunyai beragam jenis nama domain yang bisa digunakan sesuai dengan fungsi dari suatu website. Biasanya, sobat maxcloud sering melihat URL yang menggunakan domain.com, .org, .net dan .co.id.

Domain.id sendiri termasuk ke dalam Country Code Top-Level Domain (ccTLD). ccTD adalah kategori domain yang sudah mencakup kode negara dari seluruh belahan di dunia, termasuk Indonesia. Berikut ini beberapa contoh domain kode negara yang mungkin sering sobat maxcloud jumpai, yaitu : 

  • .ru: Rusia.
  • .fr: Prancis.
  • .au: Australia.
  • .us: Amerika Serikat.
  • .ca: Kanada.
  • .jp: Jepang.
  • .kr: Korea Selatan.
  • .br: Brasil.

Apa Syarat Domain.co.id? 

Untuk menggunakan domain.co.id, ada beberapa persyaratan yang perlu sobat maxcloud penuhi terlebih dahulu. Lalu, apa saja saja persyaratan tersebut ? Simak informasi selengkapnya di bawah ini: 

1. Menyiapkan Identitas Pemilik Perusahaan 

Persyaratan pertama yang harus dipersiapkan adalah dokumen yang menyatakan, bahwa identitas pemilik perusahaan maupun penanggung jawab. Apabila pemilik perusahaan tersebut sobat maxcloud sendiri, maka siapkan dokumen yang menunjukkan identitas pribadi seperti KTP, SIM atau paspor. Sobat maxcloud bisa memilih salah satu dari dokumen tersebut. 

2. Menyiapkan Semua Dokumen Legal yang Berhubungan dengan Perusahaan

Semua dokumen yang berhubungan dengan perusahaan juga perlu sobat maxcloud siapkan. Contohnya seperti SIUP, TDP dan NPWP perusahaan beserta dengan akta notaris lengkap dengan cover serta halaman pertama. Pilih salah satu dari ketiga dokumen tersebut untuk disertakan sebagai persyaratan pengajuan domain .co.id. 

3. Menyiapkan Dokumen Pendukung 

Apakah sobat maxcloud mempunyai dokumen pendukung lainnya untuk mempercepat proses pengajuan domain.co.id? Sobat maxcloud juga dapat menyiapkan dokumen pendukung tersebut sebagai persyaratan untuk mengajukan domain.co.id. 

Lalu dokumen pendukung apa saja yang bisa ditambahkan? Sobat maxcloud bisa memilih salah satu dari beberapa dokumen satu ini, yaitu surat keterangan mengenai kaitan penamaan domain dengan nama perusahaan, sertifikat merek dan Power of Attorney. 

Semua dokumen di atas bisa di-copy maupun dipindai supaya bisa dapat disimpan dalam bentuk softcopy. Siapkan juga beberapa dokumen asli apabila sewaktu-waktu diminta ketika proses pengajuan domain.co.id. 

Biaya Mendaftar Domain.co.id? 

Setelah mengetahui pengertian dan persyaratannya, sobat maxcloud tentu bertanya-tanya mengenai berapa biaya pendaftaran domain.co.id? Setiap pemilik website yang ingin mempunyai domain tentu harus mengeluarkan biaya untuk melakukan pembelian jenis domain tersebut. Bahkan, setiap jenis domain mempunyai variasi harga sesuai dengan fungsinya. 

Untuk domain.co.id sendiri, harganya lebih m mahal dibandingkan dengan domain biasa seperti.com dan lain-lain. Domain.co.id bisa dikategorikan sebagai TLD yang cukup eksklusif dan hanya beberapa perusahaan besar yang terlihat sering menggunakan domain.co.id. 

Meski demikian, sobat maxcloud juga bisa menggunakan domain.co.id untuk mengembangkan website bisnis. Berapa biaya yang harus sobat maxcloud keluarkan untuk membeli domain.co.id? 

Berdasarkan referensi harga dari suatu halaman di internet, harga dari  domain.co.id ini  dibanderol dengan harga Rp 399.600,00/tahun. Apabila ditambah dengan PPN sebesar 11%, maka total biaya yang harus sobat maxcloud keluarkan adalah Rp439.200,00.

Jadi, apakah sobat maxcloud tertarik untuk menggunakan domain.co.id? Maka, bisa langsung menghubungi pihak penyedia layanan untuk membuat janji konsultasi terlebih dahulu. 

Melalui sesi konsultasi tersebut, tim dari pihak penyedia layanan dan sobat maxcloud bisa saling berdiskusi untuk mencari nama domain yang tepat sesuai dengan website bisnis akan dijalankan. Mungkin saja, sobat maxcloud tidak harus menggunakan domain.co.id tapi bisa menggunakan domain lainnya yang lebih cocok dengan kebutuhan website bisnis tersebut. 

Selain itu, sobat maxcloud juga bisa melakukan diskusi terlebih dahulu mengenai kebutuhan lainnya yang dibutuhkan di dalam website bisnis tersebut. 

Jad pada intinya, Domain.co.id ini mempunyai perayaratan yang tidak ribet sama sekali. Bahkan, dengan beberapa syarat domain.co.id yang tidak ribet ini bisa membuat masyarakat dan khususnya pemilik perusahaan memilih jenis domain satu ini. 

Nah, itulah dia syarat domain.co.id yang harus diketahui dan dipahami. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membantu, ya.