Apabila sobat maxcloud mengelola website, maka salah satu komponen yang paling penting untuk diperhatikan adalah domain. Pasalnya, orang-orang akan mengenali website sobat maxcloud melalui alamat domainnya.

Domain juga berfungsi sebagai alat branding dari website yang sobat maxcloud miliki. Alamat domain ini bersifat unik dan tidak ada nama yang sama persis. Penamaan domain ini tidak bisa digunakan oleh dua domain secara identik dengan ekstensi yang sama.

Apakah ada siklus masa aktif pada domain? Saat sobat maxcloud mengaktifkan alamat domain, maka domain tersebut sudah tidak bisa diaktifkan lagi oleh orang lain. Dengan kata lain, alamat domain ini hanya bisa dimiliki oleh satu akun saja.

Meski hanya bisa digunakan oleh satu akun, alamat domain juga mempunyai siklus masa aktif. Masa aktif ini akan habis pada saat sobat maxcloud tidak melakukan perpanjangan masa domain.

Jadi domain tersebut akan expired maupun kadaluarsa. Lalu, bagaimana jika sebuah domain sudah mengalami kadaluarsa?

Di dalam kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara cek domain aktif. Bagi sobat maxcloud yang penasaran, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Urutan Cara Cek Domain Aktif

Berdasarkan ketentuan yang dibuat sudah dibuat oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), ada beberapa urutan cara cek domain aktif, yaitu domain available, active domain, renewal grace period, redemption period, pending delete dan available for registration.

Masing-masing dari cara ini mempunyai rentang waktu yang berbeda. Apa perbedaan dari masing-masing cara cek domain aktif? Yuk, langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Domain Available

Domain available atau tersedia merupakan status default dari sebuah alamat domain. Artinya, alamat domain tersebut bisa didaftarkan oleh siapapun maupun alamat domain tersebut belum pernah didaftarkan sebelumnya. Bisa juga sudah pernah didaftarkan sebelumnya, tapi terhapus oleh sistem karena masa aktif yang mengalami kadaluarsa (tidak diperpanjang).

2. Domain Terdaftar atau Active Domain

Status domain terdaftar merupakan kebalikan dari domain available. Artinya, alamat domain ini sudah diaktifkan oleh seseorang menggunakan penyedia layanan hosting.

Masa aktif domain yang bisa didaftarkan ini minimal mempunyai masa aktif satu tahun dan maksimal 10 tahun. Domain terdaftar sering disebut dengan active domain.

Jangka waktu domain aktif ini juga sangat bervariasi dan tergantung pada ketentuan yang sudah dibuat dengan pihak penyedia layanan domain yang digunakan.

3. Domain Expired atau Renewal Grace Period (45 hari)

Status alamat domain menjadi ini akan menjadi expired, ketika masa aktifnya sudah habis dan tidak dilakukan perpanjangan. Pada umumnya, masa aktif domain ini akan berakhir setelah satu maupun dua tahun dan tergantung saat pembelian.

Durasi jangka waktu aktif dari domain ini akan ditentukan oleh pemilik domain dan pihak penyedia layanan domain. Maksimal masa aktif domain  adalah 10 tahun.

Apabila di jangka waktu ini habis dan tidak kunjung diperbaiki, maka domainnya akan menjadi expired. Domain yang sudah habis, maka masa aktifnya tidak bisa diregistrasi secara langsung.

Status domain yang menjadi expired ini biasanya akan berlangsung selama 45 hari dihitung sejak pertama kali masa aktif layanannya habis. Di dalam masa tenggang 45 hari tersebut, sobat maxcloud diberikan waktu untuk melakukan perpanjangan.

Apabila lebih dari 45 hari, maka status alamat domain ini akan memasuki redemption period. Pada akhirnya akan kembali available dan bebas untuk diaktifkan kembali oleh siapapun.

4. Redemption Period (30 hari)

Redemption period ini akan terjadi pada saat masa tenggang waktu dari domain yang expired tersebut sudah habis. Domain yang sudah melewati masa renewal grace period, maka akan dihapus secara manual oleh sistem dan tidak bisa diakses lagi dan tidak bisa diparkir (parked domain). Sedangkan , untuk masa tenggang waktu redemption period adalah 30 hari.

Di dalam keadaan redemption period, alamat domain ini masih bisa di-restore maupun dikembalikan. Akan tetapi, biasanya untuk harganya berbeda dan biasanya lebih mahal dibandingkan biaya perpanjangan masa aktif.

Untuk masalah harga ini bisa mencapai 10 kali lipat dari harga awal pertama kali melakukan pendaftaran domain baru. Untuk detail harganya sobat maxcloud bisa menghubungi tim billing support.

5. Pending Delete (5-7 Hari)

Di saat waktu redemption period sudah terlewati maupun melebihi 30 hari dan tidak didaftarkan ulang lagi, maka alamat domain ini akan berubah status menjadi pending delete. Periode tersebut adalah masa persiapan penghapusan kepemilikan alamat domain secara permanen dari sistem.

Pada keadaan ini akan diberi jangka waktu 5 sampai dengan 7 hari sebelum akhirnya terhapus secara sempurna oleh sistem tersebut. Meski statusnya masih pending delete, sobat maxcloud sudah tidak bisa memperpanjang siklus masa aktif domain.

Nantinya, untuk domain tersebut akan dilepaskan dan dijual secara umum.  Khusus bagi domain Radix & Centrainic (.online, .xyz, .website, .store, .tech, .space dan .pw), statusnya akan langsung menjadi pending delete di saat sudah melewati tanggal expired.

6. Domain Available for Registration

Setelah masa pending delete sudah terlewati, secara automation alamat domain ini akan terhapus dari sistem. Artinya, dengan menggunakan cara cek domain aktif tersebut untuk status alamat domain akan kembali lagi menjadi domain available.

Selain itu, untuk alamat domain ini bisa diaktifkan kembali oleh siapapun. Domain kembali bisa diregistrasikan seperti layaknya domain yang masih baru. Pada umumnya, domain akan menjadi available for registration di hari ketujuh period pending delete.

Jadi, total tenggang waktu bagi alamat domain untuk bisa kembali menjadi domain available adalah kurang lebih 90 hari terhitung dari tanggal jatuh tempo keterlambatan perpanjangan siklus masa aktif. Pada saat memasuki available for registration, sobat maxcloud bisa membeli ulang domain tersebut.

Namun, satu hal perlu diingat bahwa  persyaratan yang berlaku adalah first come first served atau siapa cepat dia dapat. Sobat maxcloud harus bertindak cepat supaya tidak dimiliki oleh orang lain.

Nah, itulah dia cara cek domain aktif. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa membantu dan bermanfaat, ya.