Database server merupakan salah satu kunci dari berjalannya kelancaran penyimpanan  dan pemanfaatan data pada suatu perusahaan. Di dalam pengaplikasiannya, ada beberapa cara kerja yang berbeda sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik dari perusahaan tersebut.

Di kesempatan kali ini akan membahas mengenai pengertian, jenis-jenisnya, cara kerja dan fungsi database server secara mendetail. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Database Server?

Secara umum, database server merupakan basis data yang ada pada sebuah jaringan komputer, baik lokal atau interlokal. Hal tersebut juga bisa memungkinkan untuk mengakses database kapan dan dimana saja melalui jaringan yang terhubung tersebut.

Dengan menggunakan database server, sobat maxcloud dapat membuat klaster basis data. Sehingga, dapat menampung berbagai request pengolahan sebuah data dengan lebih masif.

Lalu, apakah hal yang membedakan di antara database dan database server? Perbedaan tersebut terletak pada sistem yang membantu mereka pada saat digunakan.

Database adalah berbagai informasi maupun data yang disimpan. Sedangkan, untuk database server merupakan sebuah sistem yang menyediakan layanan data maupun informasi kepada client.

Fungsi Database Server

Fungsi database server juga sangat bervariasi dan semuanya berperan penting di dalam manajemen data pada suatu organisasi maupun perusahaan. Berikut adalah beberapa fungsi database server :

1. Mencegah Terjadinya Duplikasi Data

Ada beberapa program dari database server yang bisa membantu pengelompokan data sesuai dengan tipe maupun karakteristik lainnya. Dengan pengelompokan ini, sobat maxcloud bisa terhindar dari duplikasi data dan manajemen data yang tidak efisien.

2. Mengatur Pengelolaan Data

Fungsi database server kedua adalah mengelola data perusahaan sobat maxcloud dengan efisien dan teratur. Fungsi yang satu ini memungkinkan sobat maxcloud untuk menyimpan dan mengelola data sesuai dengan tujuan perusahaan.

Dengan bantuan database server, sobat maxcloud bisa mengatur informasi di dalam format yang diinginkan. Sehingga informasi tersebut bisa tersimpan dengan baik dan mudah diakses.

3. Menghemat Waktu Pekerja

Dengan kemudahan mengumpulkan dan mengakses data, tentunya performa pekerja juga bisa meningkat. Sebab, mereka bisa memotong waktu yang biasa digunakan untuk mencari data dan menjadi jauh lebih singkat.

Maka dari itu, penggunaan database server diharapkan bisa menghemat waktu kerja mereka. Sehingga, para pekerja akan lebih produktif.

4. Berbagi Data

Pada sebuah perusahaan, jika sobat maxcloud hanya menyimpan data pada sebuah komputer tapi tidak terhubung database server. Maka dari itu, akan menyulitkan karyawan departemen lain di saat membutuhkan data tersebut.

Data tersebut harus dikirim melalui email maupun disalin ke USB terlebih dahulu. Hal ini tentunya sangat tidak efisien dan mempersulit pekerjaan para karyawan.

Di dalam hal ini, fungsi database server adalah untuk memudahkan berbagi informasi serta data dengan karyawan lain pada beberapa departemen. Itu sebabnya, database server bisa menjadi solusi pintar untuk bisnis sobat maxcloud.

5. Menjaga Privasi Bisnis

Tahukah sobat maxcloud tahu bahwa database server sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang terjamin? Server ini memungkinkan data hanya dapat diakses oleh yang berwenang maupun sudah diizinkan untuk menjadi operator dan pengakses data.

Orang-orang tersebut biasanya diberikan kode khusus supaya bisa mengakses informasi secara bersama-sama. Dengan cara ini, maka kerahasiaan data perusahaan lebih terjaga.

Manfaat Database Server

Setelah paham mengenai fungsi database server, lalu apakah manfaat database server? Sebagai berikut adalah beberapa manfaatnya :

1. Mudah Digunakan

Manfaat pertama dari database server adalah bisa menyediakan beberapa alat yang berguna dan kumpulan antarmuka dengan fasilitas pemrosesan serta pengolahan data supaya selalu mutakhir.  Dengan kemutakhiran ini, tentunya, bisa menghemat banyak waktu dan tenaga di dalam menulis kode sobat maxcloud sendiri untuk mengakses maupun mengelola data tersebut.

2. Fleksibilitas Akses

Manfaat database server kali ini cukup penting, yaitu bisa menerima permintaan data dari banyak klien secara bersamaan. Ini berarti bahwa pengguna dan aplikasi yang berbeda bisa mengakses data yang sama dari jaringan berbeda secara bersamaan.

Selain itu, perubahan yang sudah dilakukan oleh satu orang juga akan langsung terlihat oleh pengguna lainnya. Maka dari itu, menggunakan server data akan mempermudah akses menuju database.

3. Keamanan Terjamin

Server database menyediakan mekanisme ketat untuk menjaga keamanan dan privasi, seperti mekanisme otentikasi pengguna dan kontrol akses. Selain itu, database server juga bisa menangani masalah pencadangan atau pemulihan untuk mencegah hilangnya data yang sedang dibutuhkan.

4. Menampung Volume Data yang Besar

Selain aman, server ini juga bisa menyimpan data di dalam jumlah yang sangat besar. Maka dari itu, memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses data secara bersamaan.

Sobat maxcloud juga bisa dengan mudah untuk menambahkan server baru tanpa downtime. Hal ini akan mempermudah bisnis sobat maxcloud untuk berkembang, terutama di saat pengguna baru bergabung dengan aplikasi.

5. Pengaturan yang Jelas

Untuk manfaat database server yang terakhir adalah mempunyai aturan ketat untuk menjaga integritas data, seperti menggunakan kunci unik dan asing untuk menghubungan data. Aturan yang satu ini bisa menjamin bahwa data yang diakses oleh server database selalu konsisten dan akurat.

Cara Kerja Database

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa pengoperasian database server ini didasarkan pada model client-server. Maka dari itu, dengan menggunakan model ini berarti sistem akan melakukan pembagian proses diantara server yang menangani dan client yang menjalankan aplikasi.

Jadi, cara kerja database server sebenarnya adalah mengurangi beban akses data klien maupun pengguna di dalam server. Suatu database bisa diakses oleh beberapa pengguna di waktu bersamaan jika data tersebut diproses maupun diubah oleh sumber yang sama, yaitu server basis data.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai fungsi database server dan hal beberapa hal penting lainnya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan membantu, ya.