Server merupakan sebuah rangkaian perangkat penting yang ada di dalam sebuah jaringan. Secara umum, kegunaan server dalam jaringan adalah mengelola serta melayani pengguna. Tidak hanya itu, ada beberapa fungsi dan jenis server lain yang harus sibat maxcloud kenali. Yuk, simak penjelasannya selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Server ? 

Sampai dengan sekarang sobat maxcloud u selalu menggunakan perangkat keras seperti handphone, komputer dan lain-lainnya. Namun apakah sobat maxcloud tahu mengenai apa itu server? Meski sudah sering mendengar istilah dari server, tapi masih ada beberapa di antara yang belum paham betul dengan apa itu server. 

Server merupakan suatu sistem komputer yang mempunyai layanan khusus berupa penyimpan data maupun dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan peladen. Beberapa data yang disimpan dalam server ini berupa informasi dan berbagai dokumen kompleks. Layanan khusus pada server ini ditujukan bagi client dengan kebutuhan menyediakan informasi untuk penggunanya maupun pengunjungnya. 

Kegunaan server dalam jaringan adalah menyediakan layanan akses yang lebih cepat, baik untuk mengirimkan, menerima data dan informasi yang sudah tersedia di dalamnya. Bentuk server adalah jaringan komputer yang mempunyai ukuran sangat besar dan beberapa komponen pendukung prosesor maupun RAM mempunyai kapasitas besar. 

Cara Kerja Server 

Setelah paham mengenai definisi dari server, maka akan dibahas  mengenai cara kerja dari sebuah server. Sederhananya, server akan bekerja atas permintaan dari pihak client

Sehingga untuk setiap jenis server ini mempunyai cara kerja yang hampir sama, yaitu mengikuti permintaan maupun instruksi dari client. Satu hal yang menjadi perbedaannya ini terletak pada implementasi layanan, tugas dan fungsi masing – masing dari servernya. 

Ada satu contoh kasus yang berkaitan dengan web server sebagai gambaran awal proses request dari klien. Ketika sobat maxcloud mulai dengan cara mengetikkan suatu alamat website pada browser, maka seketika perangkat komputer tersebut berperan sebagai klien yang meminta informasi kepada pihak web server. Kemudian,, web server akan memberikan setiap informasi website tersebut kepada sobat maxcloud yang ditampilkan di halaman browser. 

Kegunaan Server dalam Jaringan 

Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan dan berfungsi untuk menyimpan, mengolah dan menyampaikan data atau informasi kepada klien maupun pengguna lain melalui jaringan komputer. Sebagai berikut adalah kegunaan server dalam jaringan yang harus sobat maxcloud : 

1. Penyimpanan Data 

Untuk kegunaan server pertama adalah untuk menyimpan data dan file yang bisa diakses oleh pengguna yang terhubung pada jaringan. Server biasanya mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan komputer biasa dan dapat digunakan untuk menyimpan data penting maupun informasi yang dibutuhkan dalam bisnis. 

2. Pemrosesan Data 

Server juga bisa digunakan untuk pemrosesan data seperti pengolahan transaksi, analisis data serta komputasi terdistribusi. Di dalam hal ini, server banyak digunakan sebagai mesin penghitung yang kuat dan bisa memproses data dengan cepat dan efisien. 

3. Menyediakan Layanan 

Server juga bisa berfungsi sebagai pihak penyedia layanan seperti email, web hosting dan aplikasi bisnis. Server bisa diprogram untuk menjalankan aplikasi khusus yang bisa diakses oleh pengguna melalui jaringan. Layanan satu ini biasanya dikelola serta diatur oleh administrator server. 

4. Pengelolaan Jaringan 

Server berfungsi sebagai alat mengelola jaringan yang digunakan untuk mengakses pengguna dan memantau aktivitas jaringan. Server juga bisa digunakan untuk menjalankan sebuah perangkat lunak dan sistem backup yang dapat memastikan keamanan dan kehandalan suatu jaringan. 

5. Berbagi Sumber Daya 

Server juga bisa digunakan untuk berbagi sumber daya seperti printer, scanner dan perangkat penyimpanan. Dalam hal ini, pengguna bisa mengakses dan menggunakan sumber daya yang satu ini melalui jaringan tanpa harus membeli perangkat tersebut untuk setiap pengguna secara individual. 

Secara umum, kegunaan server dalam jaringan adalah menyediakan dan mengelola sumber daya yang dibutuhkan oleh pengguna maupun klien melalui jaringan komputer. Server juga memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi maou  layanan yang terpusat dan bisa diakses dari mana dan kapan saja. 

Cara Memilih Server yang Tepat 

Sebagai berikut adalah cara memilih server yang tepat : 

1. Mengecek Kualitas Performanya 

Cara memilih server yang pertama adalah perlu mengetahui kualitas suatu layanan server terlebih dahulu. Sobat maxcloud harus memperhatikan perihal spesifikasi server yang terletak pada data center penyedia layanan, seperti : 

  • Teknologi yang digunakan.
  • Kecepatan prosesor.
  • Harddisk.
  • Kapasitas RAM.
  • Kecepatan jaringan. 

2. Memastikan Harganya Tidak Menguras Kantong 

Selanjutnya pastikan bahwa server yang akan sobat maxcloud jadikan langganan tidak menguras kantong. Ada beberapa pihak penyedia layanan server berharga mulai dari harga Rp80.000,00 per bulan. 

3. Memperhatikan Fitur Tambahan yang Ditawarkan 

Selain itu, untuk fitur utama dari server itu sendiri adalah kamu harus mempertimbangkan beberapa fitur tambahan yang telah ditawarkan oleh pihak penyedia layanan server. Di setiap penyedia layanan server memberikan VPS dengan beberapa fitur tambahan seperti control button, firewall manager, built in anti DDOS dan secure access sharing. Untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut, sobat maxcloud bisa mengeceknya dan berlangganan paketnya melalui situs web resminya. 

4. Cek Review Pelanggan 

Hal ini bukan termasuk ke dalam hal tapi penting menjadi bahan pertimbangan. Sebelum memutuskan ingin berlangganan server, sebaiknya pertimbangkan juga beberapa pendapat dari orang lain. Mulai dari blog sampai forum, kamu bisa menelusurinya untuk bisa mendapat ulasan mengenai penyedia layanan server. 

Nah, itulah dia penjelasan mengenai kegunaan server dalam jaringan dan beberapa hal penting lainnya. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat.