Siapa yang tidak kenal dengan platform LinkedIn? Menjadi salah satu sosial media yang tepat untuk membangun jaringan pekerjaan yang profesional, personal Branding, serta menjadi wadah untuk mencari pekerjaan sesuai dengan passion

Tertarik melakukan  promosi di platform  LinkedIn? Simak informasi lebih lanjut berikut ini agar semakin paham bagaimana cara memasarkan produk atau layanan bisnis Anda.

Sekilas tentang Linkedin

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi LinkedIn, menjadi salah satu platform yang memberikan peluang kepada penggunanya dalam membangun networking secara lebih profesional. Pengguna biasa berasal dari kalangan mahasiswa, job seeker, fresh graduate, serta profesi lain yang sedang mempersiapkan diri melamar pekerjaan dan membangun personal branding.

Sejauh ini, mungkin beberapa orang menganggap LinkedIn sebagai platform untuk menawarkan pekerjaan saja dan memamerkan CV.  Padahal, LinkedIn sendiri memiliki fungsi lain salah satunya menjadi media promosi dan berjualan yang cukup efektif meningkatkan keuntungan.

Meski begitu, tidak semua pengguna LinkedIn bisa mengoperasikan platform  ini sebagai media promosi yang efektif. Ada beberapa cara yang harus dipahami agar proses promosi berjalan lancar dan tepat sasaran.

Bagaimana Cara Promosi Usaha di LinkedIn?

Mengetahui bahwa ternyata platform LinkedIn menjadi wadah promosi yang efektif, berikut ini beberapa langkah atau cara promosi dan memasarkan produk atau layanan kepada khalayak. Berikut informasi lebih lanjutnya:

1. Mengoptimalkan profil

Memanfaatkan platform LinkedIn mengharuskan Anda membuat profil pribadi ataupun perusahaan yang ditujukan untuk penjualan. Sektor apapun itu baik bisnis yang berjalan individu ataupun perusahaan mengutamakan profil agar dikenali masyarakat.

Penting sekali melengkapi profil akun LinkedIn yang meliputi deskripsi bisnis, foto yang jelas, logo,Mentasi bisnis Anda, hingga link yang membawa calon konsumen menuju website bisnis.

Jangan lupa menginstal aplikasi LinkedIn di smartphone agar memudahkan monitoring. Selalu update informasi menggunakan strategi kata kunci yang relevan dengan kebutuhan konsumen namun tetap sesuai dengan niche bisnis Anda.

2. Tunjukkan konten unik dan menarik

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan agar promosi di platform LinkedIn berjalan sesuai target yakni memposting konten berkualitas yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Pandangan Anda terhadap konten ini tidak melulu soal tulisan dan artikel yang terkesan monoton.

LinkedIn menyediakan fitur dengan infografis yang lebih menarik. Salah satunya tampilan carousel (berupa konten foto yang bisa digeser ke kiri oleh pembaca). Konten semacam ini dinilai lebih informatif, dan menarik perhatian pembaca.

Memproduksi konten secara mandiri atau memanfaatkan jasa freelancer yang memang sudah ahli dalam pembuatan konten yang berkualitas dan sesuai dengan kaidah penjualan digital. 

3. Rutin berinteraksi

Untuk memaksimalkan promosi bisnis di platform LinkedIn, Anda harus rutin berinteraksi dengan audience. Keterlibatan dan komunikasi yang aktif bisa memberikan banyak keuntungan untuk bisnis Anda. 

Anda sebagai pemilik bisnis bisa berkomunikasi dengan audiens dengan cara memberikan solusi, kerja sama, kolaborasi, dan banyak kegiatan komunikatif lainnya yang bisa membangun hubungan serta meningkatkan personal branding Anda di mata audiens.

4. Sematkan  URL website di profil

Selanjutnya yang tak kalah penting untuk dilakukan yakni menyematkan link website di profil LinkedIn Anda. Dilakukan untuk memudahkan Audience mencari informasi bahkan melakukan transaksi.

Jadi, Anda harus membuat halaman web khusus yang didalamnya termuat informasi lengkap mengenai layanan yang tersedia, informasi bisnis dan perusahaan, konten yang edukatif, serta kontak person yang bisa digunakan Audi yen menghubungi Anda.

Umumnya , setiap  guna mencari tahu lebih dulu informasi lengkap dari sebuah perusahaan sebelum akhirnya melakukan pembelian. Mereka ingin meyakinkan diri apakah kredibilitas perusahaan bisa dipertanggungjawabkan atau tidak.

Melalui tautan website yang ditampilkan pada profil LinkedIn, memudahkan mereka mencari informasi tersebut.

5. Menentukan networking yang sesuai

Hal berikutnya yang tak kalah penting untuk Anda pahami dalam memiliki networking yang sesuai dengan bisnis Anda. Ini merupakan langkah promosi yang tidak boleh dilewatkan, karena network in profesional yang sudah terseleksi dan sesuai target pasar akan memudahkan komunikasi bisnis.

Network yang sesuai sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan? Karena melalui seleksi networking yang sesuai bisa membuka peluang besar agar produk atau layanan Anda sesuai dengan kebutuhan konsumen.

6. Manfaatkan fitur company page 

Sekali putar di LinkedIn yang memudahkan proses penjualan. Salah satunya company baik yang meliputi showcase page, career page, dan analytics page. 

Fitur di atas tentunya memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda. Untuk analisis data, memberikan informasi mengenai kinerja konten Selama ini diposting. Selain itu, showcase , memungkinkan Anda untuk fokus pada suatu produk tertentu.

Begitupun dengan fitur karir, di sini Anda bisa menampilkan informasi mengenai penilaian kinerja, rekrutmen, event, dan lain sebagainya.

7. Gunakan jasa endorsement 

Untuk memaksimalkan penjualan LinkedIn berikutnya dengan cara memanfaatkan jasa para freelancer atau konten kreator yang sudah populer di sosial media. Kak sangat berpengaruh dan mampu mengajak banyak orang untuk untuk melakukan sebuah aksi, salah satunya pembelian.

Cara ini sangat ampuh membangun kredibilitas bisnis Anda. Jasa endorsement biasanya memberikan review jujur yang persuasif dan membantu calon pelanggan untuk percaya pada produk dan layanan Anda.

Sebenarnya ada banyak lagi cara memaksimalkan promosi penjualan di platform LinkedIn, namun cara di atas bisa Anda ikuti agar cuan maksimal dan memanfaatkan segala media sosial sebagai wadah promosi di era penjualan serba digital seperti sekarang.