Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan banyak orang yang dapat digunakan di seluruh perangkat, salah satunya laptop. Banyak pengguna yang kemudian menggunakan wifi agar memudahkan internetan di laptop. Kendati demikian, sering kali terjadi masalah di kalangan pengguna, salah satunya yaitu koneksi wifi menjadi lambat. Untuk itu, Sobat Maxcloud perlu tahu bagaimana cara mempercepat koneksi wifi di laptop dengan mudah.

Cara seperti ini jelas diperlukan untuk memaksimalkan kinerja Sobat Maxcloud dalam menggunakan laptop yang terhubung dengan internet. Dengan begitu, Sobat Maxcloud bisa lebih mudah menggunakan internet yang terkoneksi di wifi untuk laptop tanpa hambatan apapun. Tidak perlu risau, sebab tutorial mempercepat koneksi wifi di laptop sangatlah mudah dan dapat ditiru oleh pengguna pemula sekalipun.

Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Laptop Paling Efektif?

Jaringan internet, terutama bagi yang memakai wifi sangat bergantung kepada kestabilannya. Bukan itu saja, lokasi penggunaan internet juga ikut berpengaruh terhadap bagus atau tidaknya sebuah jaringan internet. Untuk itu, silahkan Sobat Maxcloud pahami bagaimana cara mempercepat koneksi wifi di laptop paling efektif yang bisa dengan mudah diterapkan. Tata caranya bisa Sobat Maxcloud lihat langsung sebagai berikut.

1.      Mengecek Aplikasi yang Memakan Kuota Banyak

Pertama dalam cara mempercepat koneksi wifi di laptop yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek aplikasi atau program yang keberadaannya paling banyak memakan kuota. Perlu diketahui, salah satu penyebab koneksi wifi menjadi lambat karena terlalu banyak aplikasi maupun program yang berjalan di background laptop padahal tidak sedang digunakan. Untuk mengeceknya, silahkan ikuti langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama silahkan tekan bersamaan tombol Ctrl + Shift + Esc di keyboard laptop Sobat Maxcloud. Ini merupakan shortcut agar bisa membuka Task Manager
  • Di Task Manager, tekan opsi Performance dan ketuk Open Resource Monitor
  • Setelah itu, tekan Network agar bisa melihat semua aplikasi yang mengkonsumsi data internet. Apabila banyak aplikasi yang mengkonsumsi internet, otomatis semakin lambat pula akses internet wifi yang terhubung
  • Kalau Sobat Maxcloud sudah menemukan aplikasi atau program yang tidak terlalu dibutuhkan namun banyak mengkonsumsi data, silahkan tekan End Process untuk menutupnya

2.      Reset dan Flushing DNS

Opsi berikutnya dalam tata cara mempercepat koneksi wifi di laptop yang bias Sobat Maxcloud lakukan adalah dengan melakukan reset dan flushing DNS. Sebagai informasi, flush DNS dipakai untuk mereset cache DNS client atau komputer yang tengah dipakai. Hal ini bertujuan agar bisa menyesuaikan informasi dari perubahan yang terjadi pada sebuah name server, domain, dan DNS dengan data yang baru.

Kalau Sobat Maxcloud melakukan cara satu ini, maka bisa mengatasi masalah koneksi wifi yang tidak stabil di laptop. Berikut ada tata cara reset dan flushing DNS yang bisa Sobat Maxcloud coba:

  • Cara pertama, silahkan buka Command Prompt dengan tekan kanan pada mouse, dan klik Run As Administrator
  • Setelah itu, tuliskan ipconfig/flushdns dan tekan Enter di keyboard
  • Jika sudah selesai, tuliskan ipconfig/renew, lalu klik Enter
  • Terakhir, tutup Command Prompt dan coba akses kembali internet dengan wifi Sobat Maxcloud

3.      Menghapus History Browsing yang Ada di Browser

Alternatif lainnya dalam cara mempercepat koneksi wifi di laptop yaitu dengan menghapus history browsing di browser yang sering digunakan. Cara seperti ini memang cukup efektif untuk membantu mempercepat koneksi wifi dan internet. Pasalnya dengan menghapus riwayat browsing di browser, maka kinerja browser menjadi lebih ringan. Caranya juga tergolong mudah, yaitu:

  • Silahkan buka browser Google Chrome yang biasa digunakan di laptop Sobat Maxcloud
  • Setelah itu, tekan bersamaan Ctrl + Shift + Del agar bisa langsung masuk ke laman Clear Browsing Data
  • Lalu ceklis semua pilihan yang muncul, kemudian pilih opsi The Beginning of Time di kolom Clear the Following
  • Terakhir tekan Clear Browsing Data agar dapat menghapus seluruh riwayat browsing di browser

4.      Memilih Tempat yang Mempunyai Sinyal Wifi Kuat

Opsi lain dalam tata cara mempercepat koneksi wifi di laptop untuk Sobat Maxcloud coba adalah dengan memastikan laptop tersebut mendapat sinyal internet yang optimal. Perlu diketahui bahwa lokasi wifi menjadi salah satu hal penting yang menjadi faktor penentu kecepatan internet. Harap pastikan Sobat Maxcloud mempertimbangkan hal-hal di bawah ini untuk mendapatkan sinyal wifi yang kecepatannya lebih baik:

  • Silahkan gunakan repeater, yaitu alat yang berguna untuk menangkap sinyal wifi dan memancarkannya lagi. Sebaiknya Anda menempatkan repeater di daerah yang minim sinyal wifi apapun
  • Sebaiknya jauhi berbagai peralatan yang memakai bluetooth atau microwave, baik dari router atau laptop. Sebab sinyal semua peralatan tersebut bisa mengganggu kinerja sinyal wifi pada laptop.
  • Harap hindari meletakkan router di tempat-tempat yang terhalang besi ataupun tembok

5.      Mengatur IRPStackSize Agar Lebih Tinggi

Terakhir dalam cara mempercepat koneksi wifi di laptop adalah dengan mengatur tingkat IRPStackSize menjadi lebih tinggi. Dengan begitu, Sobat Maxcloud bisa mendapat kecepatan internet dalam wifi yang lebih optimal. Cara menggantinya tergolong mudah, yakni:

  • Pertama, tekan Start lalu Run, dan tuliskan Regedit agar dapat membuka opsi Registry Editor
  • Lalu klik menuju “HKEY_LOCAL_MACHINE … “
  • Dalam folder tersebut, tekan kanan di file DWORD dan silahkan ganti nilainya menjadi 50
  • Tekan OK dan tutup folder Registry Editor, lalu restart laptop

Sobat Maxcloud silahkan pahami beberapa cara mempercepat koneksi wifi di laptop di atas yang sudah terbukti efektif. Dengan mengikuti semua cara tersebut, kini Sobat Maxcloud bisa internetan di laptop tanpa perlu menunggu loading lama.