Internet seolah menjadi kebutuhan bagi setiap orang untuk melakukan berbagai hal. Baik itu bekerja, sekolah, ataupun aktivitas sehari-hari pasti membutuhkan internet. Dengan internet, pengguna lebih mudah mendapat informasi yang membantu aktivitasnya sehari-hari. Untuk itu, Sobat Maxcloud perlu tahu bagaimana cara agar koneksi internet stabil di android agar mampu menunjang aktivitas sehari-hari.

Bukan tanpa alasan, koneksi internet yang tidak stabil di android ataupun perangkat pintar lainnya akan mempersulit kinerja pengguna. Apalagi jika Sobat Maxcloud dikejar deadline, koneksi internet yang tidak stabil jelas menghambat pekerjaan. Namun Sobat Maxcloud tidak perlu risau, sebab banyak cara yang terbukti jitu supaya koneksi internet tetap dalam keadaan stabil di android.

Bagaimana Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android yang Tepat?

Banyak sekali penyebab yang membuat koneksi internet kurang stabil di perangkat android. Penyebab tersebut di antaranya masalah provider, lokasi perangkat, masalah pada jaringan, dan masih banyak lagi. Semua hal itu bisa berpengaruh terhadap kualitas koneksi internet dan dapat membuat jaringannya kurang stabil. Untuk itu, atasi masalah tersebut dengan beberapa cara agar koneksi internet stabil di android berikut ini.

1.      Mengaktifkan Mode Data Rendah

Pertama dalam cara agar koneksi internet stabil di android paling efektif yang bisa Sobat Maxcloud lakukan adalah mengaktifkan mode data rendah. Sekedar informasi, mode data rendah sangatlah bagus untuk menghemat penggunaan data internet ketika dipakai, terutama ketika kuota internet yang tersedia jumlahnya sedikit. Tetapi, penggunaan mode tersebut memperlambat koneksi internet dan membuatnya cenderung tidak stabil.

Untuk mengaktifkan mode data rendah pada android sangatlah mudah, yaitu:

  • Pertama-tama buka menu Pengaturan yang ada di android
  • Setelah itu, cari menu Pengaturan Jaringan
  • Klik menu tersebut, dan temukan opsi Mode Data Rendah
  • Terakhir aktifkan Mode Data Rendah, dan Sobat Maxcloud bisa langsung mencobanya untuk berselancar dengan internet

2.      Memakai Jaringan 4G LTE

Selain dengan cara agar koneksi internet stabil di android di atas, menggunakan jaringan 4G LTE menjadi langkah efektif untuk membuat koneksi internet stabil di berbagai perangkat android. Di zaman sekarang, seluruh operator di Indonesia telah mendukung jaringan 4G LTE, bahkan 5G. Namun penggunaan 5G belum merata, sehingga menggunakan jaringan 4G LTE pada android mampu menstabilkan koneksi internet.

Sekedar informasi, 4G LTE adalah teknologi konektivitas internet yang memungkinkan android Sobat Maxcloud dapat mencapai kecepatan internetan sampai 100 Mbps. Cara memakainya sangatlah mudah, yaitu:

  • Pertama-tama silahkan buka menu Pengaturan yang sudah ada di android
  • Kemudian buka opsi Network & Internet di dalam menu Pengaturan
  • Lanjutkan dengan klik pilihan Mobile Network
  • Lalu ketuk Advanced, kemudian Preferred Network Type

3.      Menggunakan Fitur Chrome Data Saver

Apabila dua cara agar koneksi internet stabil di android di atas kurang berhasil, menggunakan Chrome Data Saver mungkin bisa menjadi solusi paling jitu. Bagi Sobat Maxcloud yang menggunakan Google Chrome, fitur Data Saver satu ini berguna untuk menghemat penggunaan kuota internet. Namun fitur tersebut juga berdampak langsung terhadap kecepatan internet saat mengakses sebuah website.

Nantinya fitur Google Chrome Data Saver memprioritaskan kompresi data kapan saja Sobat Maxcloud mengunjungi suatu website. Kalau memungkinkan, pengguna juga akan diarahkan ke versi website AMP dengan tampilan yang sangat ringkas dan cepat dimuat di dalam browser. Untuk mengaktifkannya yaitu:

  • Silahkan buka Google Chrome yang terinstal di android
  • Kemudian buka menu Settings
  • Lanjutkan dengan klik opsi Advanced
  • Terakhir ketuk pilihan Data Saver

4.      Menonaktifkan Aplikasi

Aplikasi tertentu bisa membuat kinerja android cenderung lebih berat. Apalagi kalau aplikasi tersebut memakan banyak data internet, seperti game online yang berukuran berat. Hal ini bisa menyebabkan koneksi internet cenderung tidak stabil dan lebih labat. Oleh karenanya, cara agar koneksi internet stabil di android efektif yang bisa Sobat Maxcloud lakukan adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang dirasa jarang digunakan.

Tidak perlu risau, sebab caranya sangatlah mudah yakni:

  • Pertama-tama buka menu Pengaturan di android
  • Setelah itu, klik opsi Jaringan & Internet yang ada di dalamnya
  • Kemudian tekan menu Jaringan Seluler
  • Lanjutkan dengan klik Penggunaan Data
  • Pilih salah satu aplikasi yang dirasa jarang digunakan dan klik pilihan Nonaktifkan Aplikasi

5.      Membersihkan Cache Secara Rutin

Opsi lain dalam cara agar koneksi internet stabil di android yang bisa Sobat Maxcloud lakukan adalah membersihkan cache dan junk secara rutin. Perlu diketahui, cache dan junk bisa dibilang merupakan berkas sampah yang harus dibersihkan berkala di dalam smartphone android. Seiring berjalannya waktu, cache dan junk ini bisa menumpuk sehingga menurunkan tingkat responsivitas aplikasi yang digunakan.

Tentu saja cache dan junk yang menumpuk juga bisa menurunkan kecepatan internet di android. Agar dapat membersihkan junk dan cache, Sobat Maxcloud bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Silahkan buka menu Pengaturan terlebih dahulu
  • Kemudian klik opsi Apps & Notification
  • Lanjutkan dengan tekan All Apps
  • Pilih salah satu aplikasi yang hendak dibersihkan dari cache dan junk
  • Lalu tekan Storage dan Clear Cache

Itulah pembahasan seputar beberapa cara agar koneksi internet stabil di android paling efektif untuk Sobat Maxcloud coba langsung. Dengan mengikuti semua cara di atas, Sobat Maxcloud bisa merasakan pengalaman internetan terbaik.