Freeze atau kunci pada laptop adalah satu permasalahan yang sangat mengganggu produktivitas. Untuk kondisi seperti ini bisa terjadi kepada siapa saja, khususnya pengguna perangkat laptop.

Pada umumnya laptop yang mengalami freeze ini ditandai dengan kondisi layar laptop hidup, tapi tidak bisa digerakan sama sekali. Pada saat mengalami hal tersebut, maka cara pertama adalah jangan panik dan tetap tenang.

Di kesempatan kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop freeze lebih lengkap. Bagi sobat maxcloud yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

7 Penyebab Laptop Freeze

Sebelum masuk ke pembahasan inti cara mengatasi laptop freeze, maka akan lebih baik dimulai dari memahami beberapa penyebabnya terlebih dahulu. Sebagai berikut adalah beberapa penyebab laptop freeze :

1. Terlalu Banyak Program yang Dibuka

Di setiap program pada laptop ini membutuhkan sejumlah sumber daya internal dan eksternal (perangkat keras) untuk berfungsi secara lancar. Apabila sobat maxcloud membuka program yang berjalan secara bersamaan, maka akan membuat laptop mungkin saja tidak mempunyai memori cukup atau daya komputasi untuk mendukung semuanya.

2. Terjadi Error

Driver laptop digunakan untuk komunikasi antara perangkat keras dan sistem operasi. Biasanya driver yang sudah kadaluarsa atau rusak ini akan membuat Windows menjadi freeze seketika. Maka dari itu, sobat maxcloud harus memastikan bahwa drive yang digunakan selalu diperbaharui.

3. Terlalu Panas

Panas yang berlebihan ternyata juga bisa memperlambat laptop dan pada akhirnya akan membuat laptop menjadi freeze. Apabila suhunya cukup tinggi atau panas, maka bisa merusak sirkuit terintegrasi dari prosesor sistem dan membuatnya sulit untuk digunakan lagi.

4. RAM Tidak Cukup

Pada saat laptop sering freeze (membeku) secara teratur, mungkin bisa disebabkan karena RAM yang tidak memadai. Terkadang sobat maxcloud hanya perlu mempertimbangkan untuk meningkatkan RAM atau melakukan instal ulang sistem operasi.

5. Perangkat Eksternal yang Rusak

USB yang rusak atau perangkat eksternal lainnya seperti mouse dan keyboard ternyata juga bisa menyebabkan laptop lemot maupun membeku. Masalah yang satu ini membutuhkan bantuan dari seorang teknisi untuk mengatasinya.

6. File Sistem Rusak atau Hilang

Ternyata laptop yang mengalami freeze secara otomatis bisa disebabkan oleh file sistem yang rusak maupun hilang. Biasanya, hal ini terjadi pada Windows 10 atau Windows 7.

7. Kesalahan Pada Perangkat Lunak

Ternyata ada beberapa perangkat lunak pihak ketiga bisa menyebabkan laptop menjadi freeze. Ini adalah satu hal  yang harus sobat maxcloud perhatikan.

Ada beberapa aplikasi yang mungkin membutuhkan banyak memori. Apabila laptop yang sobat maxcloud  gunakan tidak dapat menangani ketegangan tersebut, maka akan membuatnya menjadi lemot dan mudah freeze dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Laptop Freeze

Berikut adalah beberapa cara mengatasi laptop freeze yang harus sobat maxcloud lakukan :

1. Merestart Laptop

Apabila laptop mengalami freeze, coba untuk untuk melakukan restart secara paksa. Tekan dan tahan pada tombol daya (power button) sampai dengan laptop mati. Kemudian, nyalakan kembali laptop sobat maxcloud.

2. Memeriksa Hardware

Apabila merestart laptop tidak berhasil, periksa hardware laptop sobat maxcloud untuk mencari beberapa tanda-tanda kerusakan. Periksa juga kondisi baterai, RAM, hard drive dan kartu grafis. Di saat sobat maxcloud menemukan kerusakan pada bagian hardware, bawa laptop ke teknisi terdekat untuk melakukan diperbaiki.

3. Memperbarui Sistem Operasi

Pastikan sistem operasi dan semua pembaruan terkini sudah di instal di perangkat laptop sobat maxcloud. Pembaruan sistem ini sering mencakup perbaikan keamanan dan pembaruan driver yang bisa membantu mengatasi masalah freeze.

4. Menghapus Program yang Tidak Diperlukan

Terlalu banyak program yang berjalan secara bersamaan di laptop ini juga bisa membebani sumber daya laptop dan menyebabkan freeze. Uninstal program yang tidak sobat maxcloud gunakan atau menonaktifkan program startup yang tidak dibutuhkan.

5. Memeriksa Suhu

Overheating atau kepanasan ini bisa menjadi salah satu penyebab laptop freeze. Pastikan laptop sobat maxcloud mempunyai sirkulasi udara yang baik dan tidak tertutup oleh beberapa benda maupun debu yang bisa menghambat aliran udara. Sobat maxcloud juga bisa memonitor suhu pada laptop menggunakan perangkat lunak pemantauan suhu dan membersihkan kipas pendingin apabila memang dibutuhkan.

6. Memeriksa Komponen RAM dan Hard Drive

Masalah pada RAM atau hard drive ini juga bisa menyebabkan laptop freeze. Coba untuk memeriksa RAM sobat maxcloud dengan cara memindahkannya ke slot RAM lain atau menjalankan utilitas diagnostik RAM. Gunakan juga alat diagnostik hard drive untuk memeriksa kesehatan komponen hard drive sobat maxcloud.

7. Mematikan Efek Visual yang Tidak Perlu

Di dalam beberapa kasus, menonaktifkan efek visual seperti animasi Windows maupun efek transparansi bisa membantu mengurangi beban grafis pada laptop dan menghindari freeze.

8. Hapus virus atau malware

Virus atau malware ini bisa menyebabkan laptop freeze. Lakukan scan virus atau malware dengan aplikasi antivirus yang sobat maxcloud miliki.

9. Menggunakan Kombinasi Tombol Ctrl + Alt + Del

Cara mengatasi laptop freeze berikutnya adalah menekan tombol Ctrl, Alt dan Delete secara bersamaan untuk membuka halaman Task Manager. Dari sana, sobat maxcloud bisa menghentikan aplikasi yang tidak responsif maupun menghentikan proses yang menjadi  suatu permasalahan.

10. Mempertimbangkan Ulangi Instalasi Sistem Operasi

Apabila semua cara mengatasi laptop freeze di atas tidak bisa mengatasi masalah, maka bisa pertimbangkan untuk mengulang instalasi sistem operasi sobat maxcloud. Pastikan sobat maxcloud sudah membuat cadangan data penting terlebih dahulu.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop freeze. Semoga informasi di atas bisa membantu dan bermanfaat.