Apakah website sobat maxcloud sudah menggunakan WordPress Hosting? Jika iya, apakah sobat maxcloud juga sudah  tahu bahwa tidak harus selalu pergi ke WordPress.org untuk mengakses website?

Website sobat maxcloud yang menggunakan WordPress hosting bisa diakses melalui browser di PC atau laptop, tanpa menggunakan koneksi internet. Lalu, bagaimana caranya?

Banyak sekali cara membuat website dengan WordPress di localhost. Dengan bekerja secara offline, maka tidak diperlukan lagi koneksi internet di saat mengakses atau melakukan beberapa perubahan di website sobat maxcloud.

Selain itu, dengan hal tersebut juga bisa membuat website sobat maxcloud menjadi lebih cepat dan waktu pekerjaan menjadi lebih efisien. Supaya sobat maxcloud bisa bekerja secara offline, maka WordPress yang digunakan harus diinstal di localhost.

Ada beberapa cara membuat website dengan WordPres di localhost yang bisa digunakan. Bagi sobat maxcloud yang ingin tahu penjelasan selengkapnya, maka bisa simak di bawah ini.

Cara Membuat Website dengan WordPress di Localhost 

Sobat maxcloud sudah siap untuk membuat WordPress di localhost, maka berikut langkah-langkah yang harus dilakukan : 

1. Download Software XAMPP

Sobat maxcloud bisa download terlebih dahulu software XAMPP secara gratis dengan mengakses website Apache Friend. Lalu, download sesuai dengan pilihan dan kebutuhan sistem operasi yang digunakan. 

2. Install XAMPP di Perangkat Komputer 

Apabila file XAMPP sudah selesai terdownload maka sobat maxcloud tinggal menginstalnya di komputer yang digunakan. Caranya adalah klik kanan pada file, lalu klik “Run / Run as administrator”. Lalu sobat maxcloud tinggal klik “next” dan tunggu sampai akhirnya proses penginstalan dimulai. 

3. Aktifkan Apache dan MySQL 

Selanjutnya sobat maxcloud bisa mengaktifkan Apache dan MySQL dengan cara klik tombol “start’’. Pada saat sudah di klik, maka akan berubah menjadi warna hijau. 

4. Tes Koneksi 

Sekarang saatnya menguji server lokal sobat maxcloud. Maka dari itu, langsung saja buka aplikasi browser apa saja yang ada di perangkat komputer sobat maxcloud. 

Lalu, ketikkan http://localhost. Apabila semuanya sudah baik-baik saja, maka sobat maxcloud akan melihat tulisan “welcome” di layar perangkat. 

5. Membuat Database MySQL 

Selanjutnya, hal yang dibutuhkan untuk membuat WordPress secara  offline adalah database MySQL. Sobat maxcloud juga bisa membuatnya dengan mengakses PHPMyAdmin. 

Ada juga tombol “admin” di panel kontrol XAMPP yang ada di sebelah MySQL. Jika sudah diklik, maka akan membawa sobat maxcloud ke tempat yang sama. 

Lalu, klik ‘’database’’ yang berada di atas bar atau klik “new” pada halaman berada, sehingga tampilannya akan secara otomatis berubah. Di situ sobat maxcloud juga  bisa membuat database terlebih dahulu dengan cara mengisi nama database dan mengatur bahasa di saat ada pilihan bahasa tidak tersedia disitu, maka bisa langsung set saja ke “utf8mb4_general_ci” dan klik “create database”.

Selesai. Setidaknya untuk proses instalasi lokal hanya ini saja yang dibutuhkan. Sobat maxcloud tidak perlu mengatur password dan database pengguna.

Akan tetapi, jika tetap mau melakukannya maka sobat maxcloud bisa klik nama database yang sudah dibuat. Pada saat sudah muncul halamannya, maka klik “Privileges” di bar yang paling atas.

Setelah itu, klik “add user account”dan isilkan secara detail yang dibutuhkan seperti username, hostname, password dan jika perlu dicatat supaya sobat maxcloud tidak lupa. Lalu jangan lupa di ceklis pada bagian “Grant all privileges” dan “Global privileges”, sehabis itu klik “Go” di bagian sebelah kiri bawah.

6. Download File Instalasi WordPress

Langkah berikutnya adalah mendownload file yang dibutuhkan pada saat proses install WordPress ke localhost. Sobat maxcloud juga bisa mendapatkannya secara gratis juga kok di WordPress.org. Klik opsi “Get WordPress”, lalu scroll ke bawah sedikit dan akan muncul tombol untuk mendownloadnya.

Setelah selesai didownload, maka file berbentuk .zip ini akan berada di komputer sobat maxcloud. Langkah berikutnya yang harus sobat maxcloud lakukan adalah ekstrak file tersebut dengan cara klik kanan -> extract here. Maka, akan muncul file dengan folder baru yang bernama ‘wordpress’.

7. Pindahkan Folder WordPress ke Folder Htdocs

Lalu, sobat maxcloud melakukan copy file ke folder tersebut dan pergi ke “Windows(C:) – xampp – htdocs” dan paste folder tersebut di halaman tersebut. Setelah sobat maxcloud paste, maka bisa melakukan rename folder tersebut.

8. Setup WordPress Page

Nah, sekarang sobat maxcloud membuka di browser si localhost atau nama website yang juga menjadi nama database dan nama folder yang sudah direname sebelumnya. Usahakan semuanya sama.

Pilih bahasa yang sobat maxcloud sudah pahami. Misalnya English, lalu klik “Continue”. WordPress akan menjabarkan sedikit hal apa saja yang harus sobat maxcloud isi di tahap berikutnya dan klik “Lets Go!”.

9. Isi Data

Lalu sobat maxcloud mengisikan semua data sesuai dengan yang dibutuhkan. Kolom pertama diisi dengan nama website atau nama database.

Suntik kolom username dan password, jika sobat maxcloud tidak mereset username dan password di saat membuat database di mysql maka harus mengetukkan “root” di username dan kosongkan kolom password. Kolom host bisa dituliskan dengan “localhost” dan yang paling terakhir jangan berubah disaat sobat maxcloud tidak melakukan host di beberapa website dalam localhost. Lalu klik “submit” dan “run the installation”.

Itulah di 9 cara membuat website dengan WordPress di Localhost. Pastikan sobat maxcloud mengikuti setiap langkah yang ada di atas dengan baik dan seksama, ya.